Rabu, 23 Agustus 2017

RPP Bab 2 Kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
              
                                                                                            
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
SMPN 12 Mataram
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
VII / Ganjil
Norma dan Keadilan
5 x Pertemuan ( @ 3 JP x 40’ = 120  Menit )

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
1.2.1 Berprilaku berimandalam pembelajaran norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.2 Berperilaku syukuratas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
2.2.1  Berperilaku jujur sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.2  Berperilaku disiplin sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.3  Berperilaku tanggung jawab sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.4  Berperilaku toleransi sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.5  Berperilaku santun sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.6  Berperilaku percaya diri dalam melaksanakan norma-norma yang berlaku.
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2.1 Mendeskripsikan pengertian norma
3.2.2 Mendeskripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3 Mengidentifikasi perilaku sesuai norma.
3.2.4 Menguraikan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.2.5Mengklasifikasimacam-macam keadilan.
3.2.6Menguraikan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2.1 Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.
4.2.2Mempraktikkanperilaku menaati normadalam lingkungan sekolah.
4.2.3Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.2.4 Menyajikan hasil telaah macam-macam keadilan
4.2.5 Menyajikan hasil telaah tentang pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Pertemuan ke-1, 2, 3, 4 dan 5
Selama mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
1.2.1.  Berperilaku beriman dalam pembelajaran norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsadan bernegara.
1.2.2. Berperilakusyukuratas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsadan bernegara.
2.2.1.       Berperilaku jujursesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.2.       Berperilaku disiplinsesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.3.       Berperilaku tanggung jawabsesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.4.       Berperilaku toleransi sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.5.       Berperilaku santun sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.6.       Berperilaku percaya diri dalam melaksanakan norma-norma yang berlaku.
2.2.7.       Mendeskripsikan pengertian norma dengan bahasa sendiri secara tepat.

2.   Kompetensi Sikap Pengetahuan dan Ketrampilan
     Pertemuan 1
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.1 Mendeskripsikanpengertian normadengan bahasa sendiri secara tepat.
3.2.2 Mendesripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan
Bernegara denganbaik
4.2.1Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam normadengan penuh tanggung jawab

Pertemuan 2
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.3Mengidentifikasi perilaku sesuai normayang berlaku dalam masyarakat dengan baik
4.2.2 Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolahdengan sungguh sungguh

Pertemuan 3
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.4  Menguraikanarti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegaradengan jelas
4.2.3   Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegarapenuh semangat
Pertemuan 4
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.4 Mengklasifikasimacam-macam keadilanbaik
4.2.4. Menyajikan hasil telaah macam-macam keadilan jelas.

Pertemuan 5
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.5 Menguraikanpentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegaradengan baik
4.2.5Menyajikan hasil telaah tentang pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegaradengantanggung jawab.

D. MATERI PELAJARAN
        1. Materi Reguler
Pertemuan 1
a.         Pengertian norma.
Norma pada hakekatnya merupakan kaedah hidup yang mempengaruhi tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat. Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengatur kehidupan warga masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku.
b.         Tujuan Norma.
Menjadi pedoman ,dasar, arahan dan tata tertib bagi anggota masyarakat dimana norma itu berlaku agar tercipta masyarakat yang teratur dan tentran serta terjadi keselarasan bagi setiap anggotanya agar dapat hidup aman dan tentram.
c.         Fungsi Norma.
1.  Menciptakan kenyamanan ,kemakmuran  serta kebahagian bagi anggotanya.
2.  Menciptakan keselarasan hubungan bagi setiap anggotanya
3.  Menjadi petunjuk bagaimana menjalin suatu hubungan antar anggota
4.  Menciptakan suasana yang tertib dan tentram bagi anggotanya
d.         Macam-macam norma.
1)    Norma agama adalah peraturan hidup yang berisi perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan YME
2)    Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang bersumber dari suara hati sanubari manusia
3)    Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan segolongan manusia
4)    Norma hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh penguasa negara, bersifat memaksa dan mempunyai sanksi yang tegas

Pertemuan 2
a.       Contoh prilaku yang sesuai dengan norma di masyarakat
·      Contoh perilaku norma agama
a.     beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
b.     dilarang mencuri,
c.     berbuat baik kepada sesama umat manusia, tanpa membedah-bedahkan
d.     patuh pada orang tua,
e.     jangan menipu, dll.
·      Contoh perilaku yang melaksanakan norma kesusilaan:
a.   Tidak melecehkan orang lain
b.   Tidak menghina orang lain
c.   Jujur dalam setiap perkataan dan perbuatan
d.   Tidak mencontek ulangan,
e.   Tidak mengambil hak orang lain, dll.
·      Contoh perilaku norma kesopanan
a.    Orang jawa harus menggunakan bahasa  krama jika berbicara dengan orang yang lebih tua.
b.     Berbicara sopan,
c.     Meludah tidak sembarangan,
d.     Masuk kerumah orang lain dengan sopan dan permisih,
e.     Bersilaturohmi pada hari raya idhul Fitri
f.      Mengucap salam jika bertamu, dll.
·      Contoh perilaku norma hukum
a.     Membayar pajak
b.     Memakai helm ketika mengendarahi motor
c.     Bersedia menjadi saksi,
d.     Tidak berbuat KKN, dll.

Pertemuan 3
Aturan dalam masyarakat memiliki arti penting bagi terciptanya ketertiban dan keharmonisan masyarakat.
Agar segala perbedaan tersebut tidak menimbulkan perpecahan dan ketidaktertiban dalam masyarakat, dibuatlah peraturan atau norma. Fungsi aturan dalam masyarakat antara lain :
1.    Pedoman dalam bertingkah laku. Norma memuat aturan tingkah laku masyarakat dalam pergaulan sosial.
2.    Menjaga kerukunan anggota masyarakat. Norma mengatur agar perbedaan dalam masyarakat tidak menimbulkan kekacauan atau ketidaktertiban.
3.    Sistem pengendalian sosial. Tingkah laku anggota masyarakat diawasi dan dikendalikan oleh aturan yang berlaku.

Pertemuan 4
Macam-macam keadilan
a.    Keadilan distributif, yaitu suatu hubungan keadilan antara negara terhadap warganya, dalam arti pihak negara yang wajib memenuhi keadilan dalam bentuk keadilan membagi, dalam bentuk kesejahteraan, bantuan, subsidi dan kesempatan hidup bersama yang didasarkan atashak dan kewajiban.
b.    Keadilan legal, yaitu hubungan keadilan antara warga negara terhadapnegara dan pihak warga negara wajib memenuhi keadilan dalam bentukmentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.
c.     Keadilan komutatif, yaitu suatu hubungan keadilan antara warga satudengan yang lainnnya secara timbal balik (Kaelan, 2004 :83).
Pertemuan 5
Pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara antara lain:
1.       Untuk menciptakan keamanan, ketertiban dan ketentraman
2.       Untukmenghindari terjadinya perselisihan.
3.       Untuk menjamin kepastian hukum

2. Materi Pengayaan
Negara Indonesia merupakan Negara hukum.Seluruhwarga negara harustaat dan tundukpada hukum yangberlaku. Ciri-ciri Negara hukum antara lain:
a.       Terdapat pengakuan serta juga perlindungan atas(HAM) Hak Asasi Manusia
b.       Terdapat juga peradilan yang bebas serta tidak memihak, 
c.       Terdapat legalitas didalam arti hukum.
Menaatinorma hukum yang berlakudalam kehidupanbermasyarakat,berbangsa danbernegara akanmenciptakanketertiban dankeadilan. Hal inisesuai dengantujuan dibentuknyahukum, yaituuntuk menciptakanketertiban dankeadilan.

3. Materi Remidial
Macam-macam norma.
1.         Norma agama adalah peraturan hidup yang berisi perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan YME
2.         Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang bersumber dari suara hati sanubari manusia
3.         Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan segolongan manusia
4.         Norma hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh penguasa negara, bersifat memaksa dan mempunyai sanksi yang tegas

E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                : Scientific
Model                            : Pertemuan 1 menggunakan Problem Based Learning
                                           Pertemuan 2 menggunakan Problem Based Learning
                                           Pertemuan 3 menggunakan Problem Based Learning
  Pertemuan 4 menggunakan Problem Based Learning
  Pertemuan 5 menggunakan Problem Based Learning
Metode                        : Klarifikasi nilai, Diskusi dan Simulasi, Numbered Head Together, Picture and Picture,  partisipasi kewarganegaraan

F.    MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media
          Gambar: Pelaksanaan norma agama, kesusilaan, kesopanan dan hukum dan macam-macam kasusu keadilan di masyarakat
2.      Alat/Bahan
          Laptop dan LCD Proyektor
        

G.    SUMBER BELAJAR
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edisi Revisi. Hal: 33-62. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edisi Revisi. Hal: 85-112. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Media internet. www.pengayaan.com.
·         Wawancara narasumber yang sesuai (Pemangku adat atau Kepolisian).

H.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELARAN
      Pertemuan ke – 1
Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik,kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, dan sumber belajar.
2.     Peserta didik diberi motivasi dan dibimbing untuk meneriakanyel taat norma (Yel telah dipersiapkan sebelumnya oleh guru).
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenaihakikat norma misalkan apa pengertian norma? Guru memberikan apresiasi atasjawaban peserta didik.
4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
6.     Guru mengajak siswa untuk membaca buku penunjang yg relevan dengan materi selama 15 menit.
7.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.

Kegiatan Inti ( 95 Menit)
1.     Peserta didik dibimbing untuk membentuk kelas menjadi beberapa kelompok,dengan jumlah anggota empat sampai dengan lima peserta didik.
2.     Peserta didik diminta mengamati gambar yang berkaitan dengan norma.
3.     Peserta didik diminta mencatat hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui dalam gambar tersebut.
4.     Guru mengamati keterampilan peserta didik dalam mengamati gambar tersebut.Setelah memperhatikan gambar tersebut, peserta didik sesuai pembagiankelompok diberikan kesempatan bertanya tentang perilaku dari gambar tersebutatau diwajibkan menjawab pertanyaan berikut.
a. Apa tanggapan kamu tentang gambar tersebut?
b. Apa yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut?
c. Jelaskan mengapa dalam kehidupan masyarakat masih terjadi peristiwa tersebut?
d. Jelaskan bagaimana cara mengatasi agar permasalahan tersebut tidak terulang!
5.     Peserta didik dibimbing untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain.
6.     Peserta didik dibimbing untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
a. Mengapa manusia dalam kehidupannya perlu norma?
b. Bagaimana akibatnya jika norma tidak dipatuhi?
c. Bagaimana caranya agar norma dipatuhi oleh masyarakat?
7.     Peserta didik dibimbing untuk secara kelompok untuk menyimpulkan pengertian norma, sumber-sumber norma, macam-macam norma, dan sanksipelanggaran norma.
8.     Peserta didik dimbing untuk menyusun laporan hasil telaah tentang pengertian norma dan macam-macam norma secara tertulis. Laporan dapatberupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
9.     Peserta didik dibimbing agar setiap kelompok menyajikan hasil telaah di kelas.Kegiatan penyajian oleh kelompok dilakukan secara bergantian di depan kelas.Atau melalui memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dan kelompok lainsaling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain.Peserta didik dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah.

Kegiatan Penutup ( 10 Menit)
1.     Peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan materi pembelajaran melaluitanya jawab secara klasikal.
2.     Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaranyang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitandengan pengertian norma dan macam-macam norma serta meminta pesertadidik menjawab pertanyaan berikut.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari pengertian norma dan macam-macamnorma bagi kalian?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telahdilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporanindividu.
4.     Guru melakukan tes tertulis dengan membuat soal sendiri sesuai indikator pencapaian kompetensi.
5.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.

Pertemuan ke – 2
Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagudaerah
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenainorma masyarakat yang telah dipelajari sebelumnya.
4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.

Kegiatan Inti
1.     Peserta didikdibimbing untuk berkelompok sesuai dengan kelompok yangdibentuk pada pertemuan pertama.
2.     Peserta didik diminta untuk mengkaji suatu masalah yang disampaikan gurutentang pelaksanaan norma dimasyarakat.
3.     Peserta didik dibimbing secara kelompok untuk mengidentifikasipertanyaan berkaitan dengan isu publik tentang norma yang berlaku dalammasyarakat.
4.     Peserta didik dibimbing untuk menyusun pertanyaan agar terarah sesuaidengan indikator pencapaian kompetensi, seperti contoh berikut ini.
a. Apa saja norma yang masih berlaku dalam masyarakat?
b. Pelaksanaan norma apa yang sering menjadi perhatian masyarakat?
c. Bagaimana tata cara norma tersebut dalam masyarakat?
d. Siapa yang terlibat dalam pelaksanaan norma tersebut?
e. Apa sanksi apabila terjadi pelanggaran terhadap norma tersebut?
5.     Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusunpertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
6.     Setiap kelompok dibimbing untuk melakukan pengamatan dari berbagaimedia tentang pelaksanaan norma di masyarakat.
7.     Guru memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku, penunjang atau internet.
8.     Peserta didik dibimbing untuk mendiskusikan hubungan atas berbagaiinformasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
a. Hubungan berbagai norma yang berlaku.
b. Persamaan dan perbedaan berbagai norma yang berlaku.
c. Membandingkan berbagai sanksi norma yang berlaku.
9.     Peserta didik dibimbing secara kelompok untuk menyimpulkan normayang berlaku dalam masyarakat.
10. Guru membimbing kelompok untuk menyajikan simulasi salah satu normayang berlaku dalam masyarakat. Agar lebih terarah, norma yang disimulasikanberbeda antarkelompok. Guru dapat membimbing pembagian tema simulasitersebut.
11. Peserta didik dibimbing untuk menyusun laporan hasil pengamatan secaratertulis. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentukkertas lembaran.
12. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan laporan dalam bentukpameran kelas.
13. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan simulasi norma yangberlaku dalam masyarakat.
14. Selama simulasi, kelompok lain mengamati dan menilai penyajian simulasi.
15. Setelah simulasi guru memberi kesempatan beberapa kelompok menyampaikanhasil pengamatanterhadap pelaksanaan simulasi.

Kegiatan Penutup
1.     Peserta didik diminta melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaranyang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitandengan norma dalam masyarakat. Peserta didik diminta menjawab pertanyaan-pertanyaanberikut ini.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari norma dalam masyarakatbagi kalian?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telahdilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?(analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah)
2.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporanindividu.
3.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya

Pertemuan ke – 3
Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
2.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenaihakikat norma misalkan apa pengertian norma agama? Guru memberikan apresiasiatas jawaban peserta didik.
3.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
4.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
5.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.
Kegiatan Inti
1.     Guru membentuk kelas menjadi beberapa kelompok dan setiap peserta didik mendapatkannomor.
2.     Guru memberikan tugas arti penting norma dalam mewujudkan keadilan danmasing-masing kelompok mengerjakannya.
3.     Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap kelompok mengerjakannya/ mengetahui jawabannya.
4.     Guru memanggil salah satu nomor peserta didik untuk melaporkan hasil kerja mereka.
5.     Peserta didiklain memberi tanggapan.
6.     Guru menunjuk nomor yang lainnya untuk kelompok berikutnya.
7.     Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagaiinformasi yang sudah diperoleh sebelumnya.
8.     Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti  penting norma hukum dalam mewujudkan keadilan di masyarakat.
9.     Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang arti penting normahukum dalam kehidupan masyarakat secara tertulis. Laporan dapatberupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
10. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas.Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas.Atau melalui memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dan kelompok lainsaling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain.Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah. Usahakanbentuk kegiatan mengomunikasikan bervariasi dengan pertemuan sebelumnyaagar peserta didik tidak bosan.
Kegiatan Penutup
1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melaluitanya jawab secara klasikal.
2.     Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaranyang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitandengan arti penting norma dalam masyarakat dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaanberikut ini.
a. Apa arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporanindividu, dan melakukan tertulis dengan soal yang dipersiapkan guru.
4.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskanpeserta didik
Pertemuan ke – 4
Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu nasional atau daerah.
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi sebelumnya tentang macam-macam norma dan arti penting norma.
4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.
Kegiatan Inti
1.     Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok
2.     Peserta didik menyimak tayangan video tentang kasus hukum dalam masyarakat
3.     Setelah peserta didik mengamatitayangan video tersebut, kemudian guru dapat menambahkanpenjelasan sekilas tentang berbagai peristiwa terbaru yang terjadi dalamlingkungan peserta didik.
4.     Gurumeminta peserta didik mendiskusikan permasalahan yang berhubungan dengan tayangan tadi (dari siswa atau guru) seperti di bawah ini:
a. Mengapamasih sering terjadi kasus ketidakadilan dalam masyarakat (khususnya dalam penegakan hukum)!
b. Apa upaya-upaya yang dapat dilakukan agar hukum bisa ditegakkan dengan baik!
c. Uraikan tujuan dibuatnya hukum!
d. Sebutkan alat-alat perlengkapan negara (alat penegak hukum) beserta tugasnya!            
5.     Peserta didik dibimbing untuk mendiskusikan permasalahan yang sudah ada dengan mencari sumber informasi dari buku pelajaran, buku penunjang, dan guru sendiri.
6.     Peserta didik diminta mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergiliran dan kelompok lain memberikan tanggapan
7.     Peserta didik mendokumentasikan hasil diskusi yang  yangtelah ditampilkan menjadi proyek kelas.
8.     Guru membimbing kelompok untuk menyimpulkan tentang macam-macam keadilan dalam masyarakat
Kegiatan Penutup
1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2.     Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawabtentang hal yang sudah dipelajari, manfaat pembelajaran, serta perubahan sikapyang perlu dilakukan.
3.     Guru memberikan penilaian proses dan umpan balik atas proses pembelajaran.
4.     Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan untuk melaksanakan praktikkewarganegaraan.
Pertemuan ke – 5
Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu nasional atau daerah, bermain,atau bentuk lain sesuai kondisi sekolah.
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai macam-macam keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.

Kegiatan Inti
1.     Peserta didik secara bersama (proyek kelas) menentukan tema sikap dan perilakumenaati norma hukum.
2.     Guru meminta peserta didik mengamati berbagai peristiwa kepatuhan danketidakpatuhan masyarakat terhadap norma, kemudian guru dapat menambahkanpenjelasan sekilas tentang berbagai peristiwa terbaru yang terjadi dalamlingkungan peserta didik.
3.     Guru meminta kelompok untuk menentukan satu topik masalah berkaitandengan arti penting menaati norma hukum, seperti tentang berperilaku di jalan raya,atau topik lain sesuai dengan lingkungan peserta didik.
4.     Peserta didik mendiskusikan tentang pentingnya menaati norma dalam masyarakat.
5.     Peserta didik mendiskusikan bentuk perilaku menaati norma dan kemudian membuatgerakan untuk menaati norma.
6.     Peserta didik mendemonstrasikan bentuk-bentuk perilaku menaati norma hukum.
7.     Peserta didik mendokumentasikan bentuk-bentuk perlaku menaati normahukum yangtelah ditampilkan menjadi proyek kelas.
8.     Guru membimbing kelompok untuk menyimpulkan tentang arti penting normahukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Kegiatan Penutup
1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2.     Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawabtentang hal yang sudah dipelajari, manfaat pembelajaran, serta perubahan sikapyang perlu dilakukan.
3.     Guru memberikan penilaian proses dan umpan balik atas proses pembelajaran.
4.     Peserta didik diminta untuk membaca materi pertemuan selanjutnya

I.  PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.          Sikap spiritual
a.        Teknik                  :    Observasi dan Jurnal
b.        Bentuk Instrumen    :     Lembar observasi dan lembar jurnal
c.         Kisi-kisi                :
No.
Sikap/nilai
Indikator
Jumlah Butir
1
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
Berdoa sebelum/sesudah melakukan sesuatu
1
Bersyukur atas karunia Tuhan
1
Salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
1
Mengungkapkan kebesaran Tuhan YME
1
Instrumen: lihat Lampiran ...
2.          Sikap sosial
a.        Teknik                  :    Observasi (pertemuan 1;2;3,4) dan Penilaian sejawat (pertemuan ke-5)
b.        Bentuk Instrumen    :     Lembar observasi dan jurnal
c.         Kisi-kisi                :
No.
Sikap/nilai
Indikator
Jumlah Butir
1
Disiplin
Ø Masuk kelas tepat waktu
Ø Mengumpulkan tugas tepat waktu
Ø Memakai seragam sesuai tata tertib
Ø Tertib dalam mengikuti pembelajaran
1
2
Jujur
Ø Tidak menyontek dalam ulangan harian
Ø Mengungkapkan perasaan apa adanya
Ø Membuat laporan berdasarkan data apa adanya
Ø Tidak menjadi plagiat
1
3
Percaya diri
Ø Tidak ragu-ragu dalam memberikan pendapat
Ø Berani presentasi di depan kelas.
Ø Mampu membuat keputusan sendiri dengan cepat.
Ø Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan
1
4
Tanggung jawab
Ø Melaksanakan tugas individu dengan baik
Ø Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Ø Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat.
Ø Mengembalikan barang yang dipinjam.
Ø Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
1
Instrumen: lihat Lampiran ...

3.          Pengetahuan
a.      Teknik                        :     Tes tertulis dan penugasan (Aktivitas …….. dalam Buku PPKn Kelas VII halaman ….)
b.     Bentuk Instrumen :     Uraian
c.      Kisi-kisi                       :
Pertemuan ke-1
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan pengertian norma
Di dalam kehidupan bermasyarakat, kita tidak bisa lepas dari aturan atau norma. Jelaskan apa yang dimaksud norma!
2
Menjelaskan macam-macam norma
Kehidupan tidak bisa diatur dengan satu macam norma saja. Jelaskan macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat!
3
Menjelaskan tujuan dibuatnya norma
Setiap kegiatan manusia pasti memiliki tujuan, demikian juga dengan pembuatan suatu norma, maka jelaskan apa tujuan dari dibuatnya norma!
4
Menjelaskan sumber norma
Norma tidak hanya bersumber dari satu sumber, tetapi terdiri dari beberapa sumber. Jelaskan sumber dari masing-masing norma!

Pertemuan ke-2
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan contoh perilaku sesuai norma agama!
Sebagai manusia yang beragama kita harus mentaati norma agama yang ada. Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma agama!
2
Menjelaskan contoh perilaku sesuai norma kesusilaan!
Untuk dapat hidup rukun dan tentram dalam bermasyarakat kita memiliki norma kesusilaan. Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma kesusilaan!
3
Menjelaskan contoh perilaku sesuai norma kesopanan!
Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk dapat menjaga sikap sesuai dengan norma kesopanan, agar dapat diterima dalam masyarakat. Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan!
4
Menjelaskan contoh perilaku sesuai norma hukum!
Norma hukum dibuat untuk menciptakan keamanan dan keadilan dalam masyarakat. Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma hukum!

Pertemuan ke-3
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
Adanya norma dalam masyarakat dianggap sangat penting. Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat!!
2
Menjelaskan manfaat adanya norma agama
Norma agama dianggap penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena memiliki beberapa manfaat. Jelaskan manfaat norma agama bagi diri pribadi, masyarakat, bangsa dan negara!
3
Menjelaskan manfaat adanya norma kesusilaan
Norma kesusilaan dibuat tentunya dengan tujuan dan manfaat tertentu. Jelaskan manfaat norma kesusilaan bagi diri pribadi, masyarakat, bangsa dan negara!
4
Menjelaskan manfaat adanya norma kesopanan
Norma kesopanan memiliki beberapa manfaat baik untuk pribadi, masyarakat, bangsa atau negara. Jelaskan manfaat norma kesopanan bagi diri pribadi, masyarakat, bangsa dan negara!
5
Menjelaskan manfaat adanya norma hukum
Norma hukum dibuat dengan memiliki berbagai manfaat. Jelaskan manfaat norma hukum bagi diri pribadi, masyarakat, bangsa dan negara!
Instrumen: lihat Lampiran ...

Pertemuan ke-4
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan pengertian keadilan distributif
Agar terjadi keseimbangan antara hak dan kewajiban, maka perlu adanya keadilan distributif, Jelaskan Pengertian keadilan distributif!
2
Menjelaskan pengertian keadilan Legal
Agar terjadi ketentraman di suatu negara, setiap warga negara wajib mentaati eraturan negara yang disebut dengan keadilan legalitas, Jelaskan pengertian keadilan Legal!
3
Menjelaskan pengertian keadilan komutatif
Setiap warga negara agar bisa hidup tentram maka perlu adanya keadilan komutatif. Jelaskan pengertian keadilan komutatif!
Instrumen: lihat Lampiran ...
Pertemuan ke-5
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan arti pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat
Agar warga negara bisa diperlakukan secara adil, harus diberlakukan norma hukum. Jelaskan arti pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat!!
2
Menjelaskan contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan keluarga
Setiap keluarga perlu ditanamkan norma hukum.Sebutkan 3 contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan keluarga!
3
Menjelaskan contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan sekolah
Agar setiap siswa mengerti hukum, maka perlu dilakukan pengenalan norma hukum di lingkungan sekolah.Sebutkan 3 contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan sekolah!
4
Menjelaskan contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan masyarakat
Setiap anggota masyarakat harus paham norma hukum. Sebutkan 3 contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan masyarakat!
Instrumen: lihat Lampiran ...
4.          Keterampilan
a.        Teknik                       :     Portofolio
b.        Bentuk Instrumen    :     Check list
c.         Kisi-kisi                     :
No.
Aspek
Indikator
Jumlah Butir
1
Penyajian
Ø Menanya/menjawab
Ø Argumentasi
Ø Bahan tayang/displai
1
2
Laporan
Ø Isi laporan
Ø Penggunaan bahasa
Ø Estetika
1
                   Instrumen: lihat Lampiran ...

J. PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
·         PEMBELAJARAN REMIDIAL
Macam-macam norma.
1.       Norma agama adalah peraturan hidup yang berisi perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan YME
2.       Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang bersumber dari suara hati sanubari manusia
3.       Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan segolongan manusia
4.       Norma hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh penguasa negara, bersifat memaksa dan mempunyai sanksi yang tegas

·       PEMBELAJARAN PENGAYAAN
Negara Indonesia merupakan Negara hukum. Seluruh warga negara harus taat dan tunduk pada hukum yang berlaku. Ciri-ciri Negara hukum antara lain:
1.       Terdapat pengakuan serta juga perlindungan atas(HAM) Hak Asasi Manusia
2.       Terdapat juga peradilan yang bebas serta tidak memihak, 
3.       Terdapat legalitas didalam arti hukum.
Menaati norma hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa danbernegara akan menciptakan ketertiban dan keadilan. Hal ini sesuai dengan tujuan dibentuknya hukum, yaitu untuk menciptakan ketertiban dan keadilan.


Mengetahui:
Kepala Sekolah,



Mustajib, S.Pd.
NIP. 19681231 199203 1 136

Mataram, 26  Juli  2017
Guru Mata Pelajaran PKn,




Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228


0 komentar:

Posting Komentar