Rabu, 23 Agustus 2017

RPP Bab 3 Kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok

Alokasi Waktu
:
:
:
:

:
SMPN 12 Mataram
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
VII / Ganjil
Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945                         
6 x Pertemuan ( @ 3 JP x 40’ = 120  Menit )

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, me-ngurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Komptensi

A. Kompetensi Dasar
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3. Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.
1.3.1  Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.3.2  Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3. Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.1  Menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.2  Memiliki sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.  Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.1  Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua BPUPKI.
3.3.2  Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.3  Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia.
3.3.4  Mengidentifikasi nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3. Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.1  Memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara utuh.
4.3.2  Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.
4.3.3  Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.


C.    Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Sikap Religius dan Sosial
Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa dapat :
1.    Melalui kegiatan tanya jawab peserta didik mampu mengucap rasa syukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan sungguh - sungguh
2.    Melalui kegiatan mengamati peserta didik mampu menunjukkan perilaku bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan baik
3.    Melalui kegiatan mengamati peserta didik mampu menunjukkan sikap menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan santun
4.    Melalui kegiatan diskusi serta praktik peserta didik mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan tanggung jawab.
5.    Melalui kegiatan penugasan peserta didik mampu menunjukkan sikap peduli terhadap arti penting UUD Negara Republic Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab

      Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan 1
1.    Setelah proses belajar mengajar selesai peserta didik diharapkan dapat bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan membacakan Pembukaan UUD 1945 dengan tepat.
2.    Setelah proses belajar mengajar selesai peserta didik diharapkan dapat menceritakan kembali nilai-nilai kesejarahan perumusan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 .
3.    Dengan mengamati gambar foto persidangan BPUPKI, peserta didik diharapkan dapat menceritakan kembali nilai-nilai kesejarahan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Pertemuan 2
1.    Dengan membaca buku paket peserta didik mampu menyebutkan anggota BPUPKI dengan benar
2.    Dengan membaca buku paket peserta didik diharapkan mampu menjelaskan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua BPUPKI.
3.    Dengan membaca buku paket peserta didik diharapkan mampu menjelaskan proses pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pertemuan 3
1.    Dengan membaca buku paket peserta didik diharapkan mampu menjelaskan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia
2.    Dengan membaca buku paket peserta didik diharapkan dapat menjelaskan nilai-nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan bangga
3.    Dengan membaca buku paket peserta didik mampu menjelaskan  peran tokoh perumus UUD Negara republic Indonesia Tahun 1945 dengan baik

Pertemuan 4
1.    Dengan membaca buku paket peserta didik diharapkan mampu menjelaskan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.    Dengan membaca buku paket dan mengamati tayangan video, peserta didik diharapkan mampu menunjukkan nilai kesejarahan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.    Dengan membaca buku paket peserta didik diharapkan mampu menunjukkan nilai kesejarahan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pertemuan 5
1.    Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara utuh.
2.    Dengan membaca buku paket peserta didik diharapkan dapat menjelaskan peranan para pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.    Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu menampilkan perilaku perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Pertemuan 6
1.    Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu menyusun laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia .
2.    Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu menyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.
3.    Dengan berdiskusi kelompok peserta didik mampu menanggapi jawaban dari kelompok lain dengan penuh tanggungg jawab

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
            Pertemuan 1
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
a.  Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pembahasan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dilakukan dalam sidang BPUPKI, sidang pertama pada 29 Mei – 1 Juni 1945 kemudian dilanjutkan pada sidang kedua pada 10 – 17 Juli 1945. Dalam sidang pertama dibahas tentang Dasar Negara sedangkan pembahasan rancangan Undang-Undang Dasar dilakukan pada sidang yang kedua.

            Pertemuan 2
b.  Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai lembaga yang menggantikan BPUPKI, pada tanggal 18 Agustus 1945 melaksanakan sidang dengan salah satu keputusannya adalah Mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
           
Pertemuan 3
Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia
Kepatuhan warga negara terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 akan mengarahkan kita pada kehidupan yang tertib dan teratur. Ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan bernegara akan mempermudah kita mencapai masyarakat yang sejahtera.

Pertemuan 4
Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia
Kepatuhan warga negara terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 akan mengarahkan kita pada kehidupan yang tertib dan teratur. Ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan bernegara akan mempermudah kita mencapai masyarakat yang sejahtera.

            Pertemuan 5
Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Dalam Persidangan PPKI, para tokoh pendiri negara memperlihatkan kecerdasan, kecermatan, ketelitian, tanggung jawab, rasa kekeluargaan, toleransi, dan penuh dengan permufakatan dalam setiap pengambilan keputusan. Sikap patriotisme dan rasa kebangsaan antara lain dapat diketahui dalam pandangan dan pemikiran mereka yang tidak mau berkompromi dengan penjajah dan bangga sebagai bangsa yang baru
merdeka.

Pertemuan 6
Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Dalam Persidangan PPKI, para tokoh pendiri negara memperlihatkan kecerdasan, kecermatan, ketelitian, tanggung jawab, rasa kekeluargaan, toleransi, dan penuh dengan permufakatan dalam setiap pengambilan keputusan. Sikap patriotisme dan rasa kebangsaan antara lain dapat diketahui dalam pandangan dan pemikiran mereka yang tidak mau berkompromi dengan penjajah dan bangga sebagai bangsa yang baru
merdeka.


2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Menyusun ringkasan otobiografi salah satu tokoh perumus UUD 1945 misalnya ;
Ir Soekarno, Mr. Soepomo, Mr. Moh Yamin, Moh Hatta, KH. Agus Salim, dll

3.      Materi Pembelajaran Remidial
Pembelajaran ulang materi sesuai hasil analisis penilaian yang belum tuntas :
a.       Pembahasan perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945
b.      Arti penting UUD NRI 1945 bagi bangsa Indonesia
c.       Peran tokoh perumus UUD NRI tahun 1945

E.       Metode Pembelajaran
Model pembelajaran menggunakan discovery learning dan problem base learning learning, metode diskusi dengan model klarifikasi nilai dan Tanya jawab.

F.       Media Pembelajaran
1.    Gambar/Foto persidangan BPUPKI
2.    Gambar/Foto-foto pendiri negara
3.    Kartu Pintar yang berisi foto dan nama tokoh pendiri negara

G.      Sumber Belajar
1.         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.         Internet www.



H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.     Guru membimbing peserta didik untuk mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional ”Hari Merdeka”.
c.     Guru melaksanakan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving dengan peserta didik mengenai materi perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan mengamati gambar 3.1.
d.    Guru membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.     Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.


2.  Kegiatan Inti (90 menit)
a.    Guru mengarahkan peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 5 sampai 6 orang.
b.    Guru membimbing peserta didik mengamati gambar 3.2 tentang sidang dan mencatat hal-hal yang penting dan yang ingin diketahui dalam gambar tersebut. Guru memberi penjelasan singkat tentang gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaiatan dengan perumusan Undang-Undang Dasar.
c.    Guru menanamkan sikap teliti dan cermat dalam mengamati gambar kepada peserta didik.
d.    Guru membimbing peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
e.    Guru meminta peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
1)   Kapan undang-undang dasar dirumuskan oleh BPUPKI?
2)   Apa materi sidang kedua BPUPKI II?
3)   Bagaimana perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sidang BPUPKI?
f.     Guru meminta peserta didik mencari informasi dengan melakukan kajian dokumen historis tentang pendapat-pendapat anggota BPUPKI mengenai rumusan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Dokumen historis dapat dicari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
g.    Dibimbing guru peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
1)        Hubungan antar Panitia Kecil.
2)        Perbedaan pendapat dalam pembahasan materi undang-undang dasar.
3)        Persamaan pendapat dalam pembahasan materi undang-undang dasar.
h.    Guru membimbing Peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sidang kedua BPUPKI.
i.      Kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
j.      Guru membimbing peserta didik secara kelompok menyampaikan hasil kajiannya tentang Aktivitas 3.1.

3.  Kegiatan Penutup (20 menit)
a.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.  Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1)  Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)  Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)  Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)  Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.  Memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.  Tes tertulis dengan menggunakan soal yang dibuat oleh guru.
e.  Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas mempelajari materi Bab 3, Sub Bab A.

Pertemuan 2
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
c.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenai Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.    Guru menyampaikan manfaat proses pembelajaran.
e.    Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

2.  Kegiatan Inti (90 menit)
a.  Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
b.  Guru membimbing peserta didik secara berkelompok mengkaji dokumen historis berupa nama-nama anggota BPUPKI dan bagaimana tempat duduk dalam persidangan BPUPKI.
c.  Guru meminta peserta didik mengkaji dokumen historis berupa nama-nama anggota BPUPKI dan bagaimana tempat duduk dalam persidangan BPUPKI.
d.  Guru memberi penjelasan singkat tentang gambar, apa makna gambar tempat duduk anggota BPUPKI dikaitkan dengan nilai kebersamaan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
e.  Guru membimbing peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
f.  Dibimbing guru peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
1)  Lembaga apa yang menetapkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)  Bagaimana proses penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
3)  Apa yang dimaksud dengan PPKI?
g.  Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun ertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
h.  Guru membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas VII Bab 3, Bagian A, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
i.  Guru membimbing peserta didik didasarkan dokumen historis tentang sidang BPUPKI mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1)  Hubungan antar BPUPKI dan PPKI?
2)  Makna penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
3)  Hubungan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Proklamasi?
j.  Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dala sidang kedua BPUPKI.
k.  Guru meminta kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan mengisi lembar Aktivitas 3.2.
l.  Peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.

3.  Kegiatan Penutup (20 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b.    Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
                             i.          Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
1)        Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
2)        Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3)        Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
4)        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.    Memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.    Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
e.    Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi.
Pertemuan 3
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.         Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.         Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
c.         Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.         Guru menyampaikan manfaat proses pembelajaran.
e.         Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2.  Kegiatan Inti (90 menit)
a.          Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
b.         Guru membimbing Peserta didik secara berkelompok mengamati kelengkapan kelas menyangkut kebersihan, kerapian, dan kelengkapan lambang Negara di kelas. Apabila berbagai lambang Negara belum tersedia maka kelas membuat rencana untuk pemenuhan semua kelengkapan kelas yang menyangkut lambing Negara.
c.          Guru membimbing peserta didik mengkaji makna suasana lingkungan yang baik maka suasana kelas akan baik.
d.         Guru membimbing peserta didik mengkaji makna apabila sebuah Negara tidak memiliki undang-undang dasar.
e.          Guru membimbing peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
f.           Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti berikut ini.
1)        Apa manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan negara?
2)        Apa akibat bagi warga negara dan bangsa negara, apabila Indonesia tidak memiliki UUD?
g.         Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
h.         Guru membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas VII Bab 3, bagian B, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
i.           Guru membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
1)        Hubungan manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan negara?
2)        Hubungan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan keutuhan NKRI?
j.           Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
k.         Guru membimbing kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan mengisi lembar Aktivitas 3.3.
l.           Guru membimbing peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.

3.  Kegiatan Penutup (20 menit)
a.          Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.         Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1)        Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)        Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)        Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)        Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.          Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.         Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
e.          Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi Bab 3, Sub Bab C.

Pertemuan 4
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.         Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.         Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa” dengan hikmat.
c.         Guru membimbing peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.         Guru membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.         Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2.  Kegiatan Inti (90 menit)
a.         Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
b.         Guru membimbing kelompok yang sudah terbentuk mengkaji tentang isi UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
c.         Guru membimbing peserta didik secara berkelompok membuat kajian tentang sikap perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
d.         Guru meminta peserta didik membuat simulasi bagaimana bersikap dan berperilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
e.         Guru membimbing peserta didik mendokumentasikan sikap dan perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
f.          Guru membimbing peserta didik secara berkelompok menyajikan hasil dokumentasi atau mensimulasikan kembali sikap perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
g.         Guru membimbing peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.
3.  Kegiatan Penutup (20 menit)
a.          Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.         Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
1)        Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)        Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)        Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)        Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.          Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.         Guru memberikan Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
e.          Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi.

Pertemuan 5
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.         Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.         Guru membimbing memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
c.         Guru membimbing Peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenai peran tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.         Guru membimbing Peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.          Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2.  Kegiatan Inti (90 menit)
a.       Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
b.      Guru membimbing kelompok yang sudah terbentuk diberi nama tokoh-tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
c.       Guru membimbing Peserta didik secara berkelompok mengamati bagaimana karakter tokoh tersebut dalam perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
d.      Guru membimbing peserta didik membuat pertanyaan bagaimana karakter tokoh tersebut dalam hal perjuangan kemerdekaan Indonesia.
e.       Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
1)        Bagaimana latar belakang tokoh penyusun UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)        Apa saja pemikiran tokoh pendiri Negara mengenai UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945?
f.        Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
g.      Guru membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi dan internet.
h.      Guru membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1)        Peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kaitannya dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia?
2)        Hubungan latar belakang perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia?
i.        Guru membimbing kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan karakter ketokohan perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
j.        Guru meminta peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.
k.      Guru membimbing Peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
3.  Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
b.      Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
1)        Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)        Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)        Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)        Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.       Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.      Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi.

Pertemuan 6
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.    Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
c.    Guru membimbing peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.    Guru membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.    Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2.  Kegiatan Inti (90 menit)
a.       Guru membimbing peserta didik duduk sendiri-sendiri atau duduk secara klasikal.
b.      Peserta didik mengerjakan penilaian sikap dengan rubric seperti di bawah ini.

c.       Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi siswa yang telah menjawab penilaian sikap secara jujur.
d.      Guru membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1)        Peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kaitannya dengan sikap perilaku seorang siswa?
2)        Hubungan melaksanakan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan semangat seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia?
e.       Guru membimbing peserta didik secara individual menyampaikan hasil kajian di depan kelas.
f.        Guru membimbing peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
3.  Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.      Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
1)        Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)        Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)        Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)        Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.       Guru Memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.      Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
e.       Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi Bab 4

I.         Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Teknik Penilaian
a. Sikap Spiritual
b. Sikap Sosial  
c. Pengetahuan
d. Keterampilan

2.  Instrumen Penilaian
Penilaian Sikap Spiritual
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan Jurnal Perkembangan sikap.
Jurnal Pengamatan Sikap
Kelas                           : ...
Semester                      : ...

No
Tanggal
Nama Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
T. Tangan Siswa
Tindak lanjut
1






2






3






4






5






6






dst












Penilaian Sikap (antar teman)
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi, penilaian diri,
penilaian antar teman.

Lembar Penilaian Antarteman
Nama teman yang dinilai : ...........................
Nama Penilai                    : ...........................
Kelas                                 : ...........................
Semester                           : ...........................
Petunjuk                           : ...........................
Petunjuk :
Berilah tanda ceklist (V ) pada kolom 1 (tidak pernah), 2 (kadang-kadang), 3 (sering),
atau 4 (selalu) sesuai dengan keadaan teman kalian yang sebenarnya.
Penilaian Sikap Antarteman

No
Pernyataan
4
3
2
1
1
Teman saya bertambah yakin akan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa setelah memahami pengesahan UUD 1945.




2
Teman saya menjalankan ibadah agama yang dianut.




3
Teman saya bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia yang memiliki UUD NRI Tahun 1945.




4
Teman saya mengakui kekeliruan dan kekhilafan yang dilakukannya.




5
Teman saya datang ke sekolah tepat waktu.




6
Teman saya mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.




7
Teman saya menghormati teman yang berbeda pendapat dalam bermusyawarah.




8
Teman saya melaksanakan hasil keputusan musyawarah kelas meskipun berbeda dengan keinginannya.




9
Teman saya bekerja sama dengan siapapun di kelas tanpa membeda-bedakan teman.




10
Teman saya bergaul tanpa membeda-bedakan teman.




11
Teman saya berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.




12
Teman saya mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.




13
Teman saya berperilaku santun kepada orang lain.




14
Teman saya berbicara sopan kepada orang lain.




15
Teman saya mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain.




     Penilaian  Pengetahuan

Teknik penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan Tanya jawab yang dilakukan oleh guru.

 Uji Kompetensi Pengetahuan
Uji Kompetensi 3.1
1. Jelaskan Tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI!
2. Siapa tokoh tokoh dalam  panitia perancang UUD
3. Jelaskan Hubungannya adalah Panitia Kecil Perancang UUD dengan  Panitia Perancang UUD
4. Jelaskan jadwal dab isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI
5. Jelaskan Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
6. Jelaskan sistematika UUD 1945 sebelum dilakukan perubahan.
7. Jelaskan Hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945,
8. Jelaskan Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945  

Penilaian pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai jawaban peserta
didik. Penskoran diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria
skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai = Skor Perolehan × 5

  Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didikdalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang Perumusan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi
Memberi
Masukan/
Saran
Mengapresiasi
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1

















2

















3

















4

















5

















6

















Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist (V)
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor Perolehan × 50
2
Pedoman Penskoran (Rubrik)
No.
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Menjawab / Argumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan
Memberi
Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.

Kunci Jawaban Uji Kompetensi
Uji Kompetensi 3.1
1.     Tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI!
a.     Panitia perancang Undang-Undang Dasar, ketua Ir. Soekarno.
b.    Panitia perancang kuangan dan perekonomian, ketua Mohammad Hatta.
c.     Panitia perancang pembela tanah air, ketua Abikusno Tjokosoejoso.
2.         Panitia perancang UUD membentuk panitia kecil yang diketuai oleh Soepomo dan panitia penghalus bahasa yang terdiri dari Djajaningrat, Salim dan Soepomo.
3.         Hubungannya adalah Panitia Kecil Perancang UUD yang dibentuk oleh Panitia Perancang UUD melakukan pembahasan rancangan batang tubuh UUD dan melaporkan kembali hasil pekerjaannya kepada ketua Panitia Perancang UUD, yaitu Ir. Soekarno.
4.         Isi materi pembahsan sidang kedua BPUPKI :
a.    Pada tanggal 11 Juli 1945, membentuk tiga panitia kecil, yaitu panitia perancang UUD, panitia perancang keuangan dan perekonomian, dan panitia perancang pembelaan tanah air.
b.    Tanggal 14 Juli 1945, panitia perancang UUD melaporkan hasil pembahasannya.
c.    Tanggal 15 Juli 1945, anggota BPUPKI membahas rancangan UUD dari hasil panitia perancang UUD.
d.    Tanggal 16 Juli 1945, naskah UUD diterima oleh seluruh anggota BPUPKI.
5.         Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
a.     Mengesahkan UUD 1945.
b.    Menetapkan Ir. Soekarno sebagai Presiden RI, dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden RI.
c.     Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.
6.         Sistematika UUD 1945 sebelum dilakukan perubahan.
a.    Pembukaan, terdiri dari 4 alinea.
b.    Batang tubuh, terdiri dari 16 Bab, 37 pasal, 4 pasal aturan peralihan dan 2 ayat aturan tambahan.
c.    Penjelasan, yaitu penjelasan umum dan penjelasan pasal demi pasal.
7.         Hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945, bahwa Pembukaan UUD 1945 yang disahkan dan dilakukan perubahan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945 awalnya merupakan naskah Piagam Jakarta yang telah disahkan dalam sidang kedua BPUPKI.
8.         Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah sistem permerintahan presidensil.

Penilaian pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai jawaban peserta didik.
Penskoran diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai = Skor Perolehan × 5






             Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang Perumusan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya 
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi
Memberi
Masukan/
Saran
Mengapresiasi
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1

















2

















3

















4

















5

















6

















Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist (V)
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor Perolehan × 50
2
Pedoman Penskoran (Rubrik)
No.
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Menjawab / Argumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan
Memberi
Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.
                
Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil telaah tentang pembentukan perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan hasil telaah. Contoh intrumen penilaian portofolio dapat menggunakan format penilaian Lembar Penilaian Penyajian dan Laporan Hasil telaah di bagian 1.

          Uji Pemahaman
Peserta didik juga mengisi uji pemahaman, peserta didik melakukan penilaian diri
atas pemahaman terhadap materi pada Bab 3, dengan memberikan tanda ceklist (V)
pada kolom sangat paham, paham sebagian, dan belum paham. 
              
No
Submateri Pokok
Sangat Paham
Sebagian Paham
Belum Paham
1
Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
a. Perumusan UUD Negara RI Tahun 1945
b. Pengesahan UUD Negara RI Tahun 1945



2
Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia



3
Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945





2.      Pembelajaran Remidial
-          Bentuk pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok, tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal sesuai hasil analisis hasil ulangan tentang materi perumusan dan pengesahan UUD NRI 1945 dan peran tokoh dalam pengesahan UUD NRI 1945




3.      Pembelajaran Pengayaan
-          Berdasarkan hasil analisis  penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi tugas pengayaan berupa perluasan / pendalaman materi / kompetensi  dalam bentuk tugas mengerjakan soal soal, dengan tingkat kesulitan tingkat tinggi, meringkas buku referensi,  materi perumusan dan pengesahan UUD NRI 1945 dan peran tokoh dalam pengesahan UUD NRI 1945

Mengetahui:
Kepala Sekolah,



Mustajib, S.Pd.
NIP. 19681231 199203 1 136

Mataram, 26  Juli  2017
Guru Mata Pelajaran PKn,




Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228







0 komentar:

Posting Komentar