Selasa, 24 Juli 2018

RPP Kls 8-1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok

Alokasi Waktu

:
:
:
:

:

SMPN 12 Mataram
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
VIII / Ganjil
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
5 x Pertemuan ( 15 JP, @ 3 x 40’  = 120  Menit)


A.   KOMPETENSI INTI (KI)
 1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
 4.    Menunjukan keterampilan menalar, mengolah dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaborasi dan komunikatif dalam ranah konkret  dan ranah abstrak  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar dan pencapaian kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.Bersyukur  kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1.1.1  mensyukuri konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan
1.1.2  Menghargai arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia
2.1 Mengembangkan sikap yang mencrminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2.1.1  Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2.1.2  Mewujudkan berbagai perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.1.1 Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara
3.1.2 Mendiskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sabagai pandangan hidup bangsa
3.1.3 Mendiskripsikan nilai-nilai Pancasila
3.1.4 Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar negara
3.1.5 Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
3.1.6 Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
4.1 Menyajikan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah nilia-nilai Pancasila sebagai dasar negara
4.1.2 Menyusun laporan hasil telaah  pandangan hidup bangsa
4.1.3 Menyajikan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.4 Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.1.5 Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang  upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

v Nilai Karakter : Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Kerjasama.

C .  TUJUAN PEMbelAJARAN
Pada akhir proses pembelajaran peserta didik di harapkan memiliki :
Sikap Spiritual :
1.    Menunjukan rasa syukur atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2.    Menghargai arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Sikap Sosial :
1.    Menunjukkan perilaku disiplin di sekolah sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila
2.    Menunjukan perilaku toleransi terhadap teman sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila
Pengetahuan dan ketrampilan
Pertemuan I:
1.   Melalui studi literasi peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian dasar negara
2.    Melalui diskusi kelompok  peserta didik dapat mendiskripsikan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
3.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan akibat suatu negara yang tidak memiliki dasar negara
4.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun laporan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara

Pertemuan II :
1.    Melalui studi literasi peserta didik dapat menjelaskan pengertian pandangan hidup bangsa
2.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
3.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan akibat suatu negara yang tidak memiliki pandangan hidup
4.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun laporan hasil telaah Pancasila sebagai Pandangan hidup bangsa
Pertemuan III :
1.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat  menjelaskan Pancasila sebagai satu kesatuan
2.    Melalui presentasi secara kelompok peserta didik dapat menyajikan hasil telaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Pertemuan IV :
1.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar negara
2.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan persamaan dan perbedaaan kata adil dalam sila kedua dan kelima
3.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun gagasan upaya mengamalkan nilai nilai Pancasila sebagai sabagai dasar negara
Pertemuan V :
1.    Melalui kerja kelompok peserta didik dapat menyusun gagasan upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari
2.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyajikan laporan gagasan  upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila  dalam kehidupan sehari hari

D.  Materi Pembelajaran
   PERTEMUAN I
*        Pengertian dasar negara
*        Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
*        Akibat suatu negara tidak memiliki dasar negara
*        Laporan hasil telaah Pancasila sebagai dasar negara

PERTEMUAN II
*        Pengertian pandangan hidup
*        Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup
*        Akibat negara tidak memiliki pandangan hidup
*        Laporan hasil telaah Pancasila sebagai pandangan hidup
PERTEMUAN III
*         Pancasila sebagai kesatuan yang utuh
*         Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

pertemuan iv
*        Arti penting Pancasila sebagai dasar negara
*        Persamaan dan perbedaan kata adil sila ke-2 dan sila ke-5
*        Gagasan upaya mengamalkan nilai Pancasila sebagai dasar negara

PERTEMUAN V
*        Gagasan upaya mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup
*        Gagasan upaya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

E.    MeTODA : ceramah, diskusi, kerja kelompok, presentasi, unjuk kerja
F.   Media dan sumber belajar
1)  Media
-       Power Point
-       Gambar
-       Lembar aktivitas siswa
2)  Sumber Belajar:
-       Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas VIII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2017
-       Internet/Media Massa
-       Buku lain yang relevan


G.  Langkah  langkah PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
      
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.     Guru  menyampaikan  kompetensi  dasar  dan  tujuan  pembelajaran  yang akan dicapai
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15 Menit
Inti
1.     Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan gambar/video tentang Pancasila sebagai dasar negara
2.     Guru membimbing peserta didik secara berkelompok untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang pancasila sebagai dasar negara
3.     Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras ingin tahu secara mendalam
4.     Peserta didik secara berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan  pertanyaan yang sudah di himpun
5.     Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan sumber referensi
6.     Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok yangnmemerlukan penjelasan/penguatan
7.     Pesertadidik denganbimbingan guru mendiskusikan hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
8.     Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara
9.     Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun  laporan
90 Menit
Penutup
1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.     Guru   melakukan   refleksi   dengan   peserta   didik   atas   manfaat   proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
-     Apa  sikap  yang  kalian  peroleh  dari  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa  manfaat  yang  diperoleh  melalui  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.     Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan Aktivitas 1.1. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan.
5.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

15 Menit

PERTEMUAN II
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional.
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai pandangan hidup.
4.     Guru  menyampaikan  kompetensi  dasar  dan  tujuan  pembelajaran  yang akan dicapai
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
15 Menit
Inti
1.     Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan gambar/video tentang Pancasila sebagai pandangan hidup
2.     Guru membimbing peserta didik secara berkelompok untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang pancasila sebagai pandangan hidup
3.     Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras ingin tahu secara mendalam
4.     Peserta didik secara berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan  pertanyaan yang sudah di himpun
5.     Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan sumber referensi
6.     Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok yang nmemerlukan penjelasan/penguatan
7.     Pesertadidik dengan bimbingan guru mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
8.     Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai pandangan hidup
9.     Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun dan menyajikan laporan
90 Menit
Penutup
1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.     Guru   melakukan   refleksi   dengan   peserta   didik   atas   manfaat   proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bagi kalian ?
-     Apa  sikap  yang  kalian  peroleh  dari  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa  manfaat  yang  diperoleh  melalui  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.     Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan Aktivitas 1.2. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan.
5.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

15 Menit

PERTEMUAN III
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.     Guru  menyampaikan  kompetensi  dasar  dan  tujuan  pembelajaran  yang akan dicapai
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15 Menit
Inti

1.     Peserta didik secara berkelompok mempersiapkan presentasi kelompok
2.     Guru memjelaskan tehnik presentasi kelompok,tatacara presentasi dan mengajukan pertanyaan serta pedoman penilaian dan pensekoran
3.     Peserta didik secara berkelompok mempesentasikan hasil telaah tentang pancasila sebagai dasr Negara dan pandangan hidup bangsa
4.     Peserta didik secara berkelompok menanggapi presentasi kelompok secara bergantian
5.     Guru menfasilitasi dan mengamati presentasi kelompok serta mengadakan penilaian proses untuk mengukur ketrampilan siswa dalam presentasi
6.     Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok yang nmemerlukan penjelasan/penguatan

90 Menit
Penutup
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.Guru   melakukan   refleksi   dengan   peserta   didik   atas   manfaat   proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
-     Apa  sikap  yang  kalian  peroleh  dari  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa  manfaat  yang  diperoleh  melalui  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan.
5.Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

15 Menit

PERTEMUAN IV
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi dengan permainan atau tayangan video.
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.     Guru  menyampaikan  kompetensi  dasar  dan  tujuan  pembelajaran  yang akan dicapai
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
15 Menit
Inti
1.     Peserta didik secara berkelompok berdiskusi tentang aqrti penting pancasila sebagai dasr negara
2.     Guru membimbing peserta didik secara berkelompok untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang pancasila sebagai dasar Negara
3.     Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras ingin tahu secara mendalam
4.     Peserta didik secara berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan  pertanyaan yang sudah di himpun
5.     Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan sumber referensi
6.     Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok yangnmemerlukan penjelasan/penguatan
7.     Pesertadidik denganbimbingan guru mendiskusikan hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
8.     Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan pont point penting yang berkaitan dengan upaya mengamaaaalkan nilai nilai Pancasila
9.     Guru membimbing peserta didik dalam menyusun dan menyajikan laporan
90 Menit
Penutup
1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.     Guru   melakukan   refleksi   dengan   peserta   didik   atas   manfaat   proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
-     Apa  sikap  yang  kalian  peroleh  dari  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa  manfaat  yang  diperoleh  melalui  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.     Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan Aktivitas 1.4. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan.
5.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

15 Menit

PERTEMUAN V
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.     Guru  menyampaikan  kompetensi  dasar  dan  tujuan  pembelajaran  yang akan dicapai
5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15 Menit
Inti
1.          kelompok Peserta didik dengan bimbingan guru membentuk menjadi 6 kelompok
2.          Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan gambar/video tentang Pancasila sebagai dasar Negara
3.          Guru membimbing peserta didik secara berkelompok untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang pancasila sebagai dasar Negara
4.          Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras ingin tahu secara mendalam
5.          Peserta didik secara berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan  pertanyaan yang sudah di himpun
6.          Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan sumber referensi
7.          Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok yangnmemerlukan penjelasan/penguatan
8.          Pesertadidik denganbimbinganguru mendiskusikan hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
9.          Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai dasar Negara
10.     Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun dan menyajikan laporan
90 Menit
Penutup
1.    Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.    Guru   melakukan   refleksi   dengan   peserta   didik   atas   manfaat   proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
-     Apa  sikap  yang  kalian  peroleh  dari  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa  manfaat  yang  diperoleh  melalui  proses  pembelajaran  yang  telah dilakukan?
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.     Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan Aktivitas 1.5. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan.
5.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

15 Menit

H.   PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
       1.  Sikap spiritual dan sosial
NO
Hari / TGL
NAMA SISWA
Catatan perilaku
BUTIR SIKAP
TINDAK LANJUT



































































2. pENILAIAN pENGETAHUAN
1.   Jenis/teknik penilaian                      :   Penugasan
2.   Bentuk instrumen dan instrumen     :   Uraian singkat
Soal:
1.      Jelaskan pengertian dasar negara !
2.      Jelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara !
3.      Jelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar negara !
4.      Jelaskan manfaat dasar negara bagi suatu negara !
5.      Jelaskan akibat suatu negara tidak memiliki dasar negara !
6.      Jelaskan pengertian pandangan hidup bangsa!
7.      Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup!
8.      Jelaskan arti penting pancasila sebagai pandangan hidup!
9.      Jelaskan manfaat pandangan hidup suatu bangsa !
10.  Jelaskan akibat suatu negara yang tidak memiliki pandanganhidup!

1.      Pedoman penskoran
No
Kunci Jawaban
Jml Skor

1
Artinya Pancasila merupakan sumber hukum dasar nasional, merupakan dasar untuk penyelenggaraan negara dalam menata serta mengarahkan jalannya pemerintahan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Pengertian Pancasila sebagai dasar Negara dinyataatkan secara jelas dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 alinea 4 yang berbunyi “ ….. maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada …..”
2

2
Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila dipergunakan sebagai dasar (fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk mengatur penyelengaraan negara.
Dengan demikian Pancasila merupakan kaidah negara yang fundamental, yang berarti hukum dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus bersumber dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.
2

3
a.         Memberi pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai tujuannnya melalui berbagai realisasi pembangunan.
b.        Menjadi alat pemersatu, artinya dasar negara dapat mempersatukan orang dari berbagai agama, suku bangsa, ras dan golongan.

2

4
Manfaat Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar, landasan pijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2

5
Negara itu akan kacau, runtuh, tidak akan kuat, karena tidak punya landasan atau dasar. Ibaratnya negara itu suatu bangunan, negara kita dibangun diatas lima tiang/fondasi, maka negara itu menjadi kokoh
2

6
Pandangan hidup bearti pedoman hidup, pegangan hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Pandangan hidup adalah kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan diyakini kebenarannya serta melahirkan tekad untuk mewujudkannya.
2

7
Pancasila dalam pengertian ini sering disebut juga sebagai pegangan hidup, pedoman hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-ahari. Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang.
2

8
Diharapkan Pancasila dijadikan sebagai pedoman bagi bagi bangsa Indonesia dalam bersikap, bertingkah laku  dan bertututur kata dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila diharapkan mampu mempererat, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsam walaupun kita beranekaragam suku bangsa, bermacam-macam bahasa dan berlainan agama, tapi tetap dipandang sebagai satu kesatuan bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
2

9
-   Dapat menyelesaikan berbagai persoalan bangsa
-   Dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
-   Dijadikan sebagai pedoman sebagai pedoman hidup
2

10
-    Dapat terombang-ambing oleh arus budaya asing, budaya global, politik global, ideologi global karena tidak punya pegangan, pedoman hidup, yaitu Pancasila
-    Tidak mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan bangsa
-    Persatuan dan kesatuan bangsa akan rapuh,runtuh

2

Jumlah
20

Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:
Nilai peserta didik
Skor yang diperoleh peseta didik
x 100
Skor total




2.   Bentuk instrumen dan instrumen     :   Uraian singkat
Soal:
1.      Jelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan !
2.      Jelaskan hubungan antar sila sila Pancasila !
3.      Jelaskan nilai-nilai setiap sila dalam Pancasila !
4.      Jelaskan persamaan dan perbedaan kata ‘adil dalam sila kedua dan kelima  !
5.      Sebutkan contoh perwujudan Pancasila sila ketiga !!

3.   Pedoman penskoran
No
Kunci Jawaban
Jmlh
Skor

1
Artinya sila-sila  yang terkandung dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh, tidak dapat dipisah-pisahkan. Sila pertama Pancasila mendasari dan menjiwai sila kedua, ketiga, keempat dan kelima Pancasila. Sila kedua Pancasila dijiwai oleh sila pertama dan bersama-sama menjiwai sila lainnya dalam Pancasila. Dan seterusnya
2

2
Sila-sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat, sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas. Tiap-tiap sila mengandung unsur-unsur dan dikualifikasi empat sila lainnya. Misalnya sila Persatuan Indonesia adalah persatuan yang ber-Ketuhannan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
2

3
Nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
1)      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, diantaranya:
a)      percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
b)      Hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama
2)      Kemanusiaan yang adil dan beradab
a)      Mengakui persamaan harkat (nilai manusia), derajat (kedudukan manusia), dan martabat manusia (harga diri) sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa
b)      Saling mencintai sesama manusia
3)      Persatuan Indonesia
a)      menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
b)      Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
4)      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
a)      Tidak memaksakan suatu kehendak atau pendapat kepada orang lain.
b)      Mengutamakan musyawarah atau kesepakatan bersama dalam mengambil keputusan
5)      Kedilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
a)      Kekeluragaan dan kegotongroyongan
b)      Bersikap adil
2

4
A.      Persamaanya : kata adil mengandung arti tidak berat sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan sesuatu pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
B.       Perbedaannya : kata adil pada sila kedua Pancasila lebih menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak asasi manusia. Sedangkan kata adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik beratkan pada kehidupan masyarakatnya/sosialnya
2

5
Contoh perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia
a)      Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
b)      Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
c)      Cinta tanah air dan bangsa
d)      Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
e)      Dalam masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus dapat mengembangkan pergaulan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
2

Jumlah
10

Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:
Nilai peserta didik
Skor yang diperoleh peseta didik
x 100
Skor total

       Tugas individu

1.   Jenis/teknik penilaian                      :   penugasan
2.   Bentuk instrumen dan instrumen     :   Uraian singkat
Soal:
1.      Sebutkan 3 contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan keluarga !
2.      Berikan 3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah !
3.      Tuliskan 3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan pergaulan !
4.      Sebutkan 3 contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat  !
5.      Berikan 3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan bangsa dan negara !

3.   Pedoman penskoran
No
Kunci Jawaban
Jmlh
Skor

1
-      Taat dan patuh terhadap orang tua
-      Saling menghormati, menghargai dan mencintai
-      Menjaga nama baik keluarga
2

2
-      Mentaati tata tertib sekolah
-      Menghormati dan mematuhi perintah guru
-      Menjaga kebersihan dan keindahan sekolah
2

3
-      Menghargai pendapat teman
-      Menghormati teman yang berbeda agama
-      Membantu teman yang mendapat kesusahan
2

4
-      Tidak mengganggu ibadah orang lain
-      Membantu tetangga yang mendapat musibah
-      Menengok tetangga yang sakit/meninggal
2

5
-      Menghormati suku bangsa lain yang berbeda
-      Mentaati berbagai peraturan perundangan yang berlaku
-      Membayar pajak tepat waktu
2

Jumlah
10

Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:
Nilai peserta didik
Skor yang diperoleh peseta didik
x 100
Skor total

PENILAIAN KETRAMPILAN
Tugas kelompok
1.      Susunlah hasil telaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia !
2.      Presentasikan hasil telaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa bersama kelompokmu secara bergantian !
3.      Susunlah gagasan tentang upaya mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dalam kehidupan sehaari hari !
4.      Laporkan kepada guru   tentang gagasan upaya mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dalam khidupan sehari hari di depan teman temanmu secara bergantian !

Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Mustajib, S.Pd.
NIP. 19681231 199203  1 136
Mataram,    Juli 2018
Guru Mata Pelajaran PPKn,



Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228
Lampiran Materi Pelajaran
¡  Pengertian Dasar Negara
Artinya Pancasila merupakan sumber hukum dasar nasional, merupakan dasar untuk penyelenggaraan negara dalam menata serta mengar
ahkan jalannya pemerintahan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Pengertian Pancasila sebagai dasar Negara dinyataatkan secara jelas dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 alinea 4 yang berbunyi “ ….. maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada …..”
¡  Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara
Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila dipergunakan sebagai dasar (fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk mengatur penyelengaraan negara.
Dengan demikian Pancasila merupakan kaidah negara yang fundamental, yang berarti hukum dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus bersumber dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.
Pancasila sebagai dasar negara pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum. Artinya segala peraturan perundangan secara material harus berdasar dan bersumber pada Pancasila
§     Akibat Negara yang tidak memiliki dasar Negara
…………….
PERTEMUAN II
¡  Pengertian Pandangan Hidup Bangsa
Pandangan hidup bearti pedoman hidup, pegangan hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Pandangan hidup adalah kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan diyakini kebenarannya serta melahirkan tekad untuk mewujudkannya.
¡  Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
Pancasila dalam pengertian ini sering disebut juga sebagai pegangan hidup, pedoman hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-ahari. Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari mayarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun perilaku haruslah selalu dijiwai oleh nilai-nilai luhur Pancasila
¡  Arti penting Pancasila sebagai dasar negara
a.         Memberi pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai tujuannnya melalui berbagai realisasi pembangunan.
b.        Menjadi alat pemersatu, artinya dasar negara dapat mempersatukan orang dari berbagai agama, suku bangsa, ras dan golongan.
c.         Menjadi sumber motivasi, artinya dasar negara dapat memberi motivasi kepada seseorang, kelompok orang atau masyarakat untuk mewujudkan cita-citanya, gagasan dan ide-idenya dalam kehidupan nyata.
d.        Menjadi sumber semangat dalam mendorong individu dan kelompok untuk berusaha mewujudkan nilai-nilai yang terkadung di dalam dasar negara itu sendiri serta untuk menjawab dan menghadapi perkembangan global dan menjadi sumber insiparsi bagi perjungan selanjutnya
¡  Manfaat Pancasila sebagai dasar negara
Manfaat Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar, landasan pijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
¡  Akibat apabila suatu negara tidak memiliki dasar negara
Negara itu akan kacau, runtuh, tidak akan kuat, karena tidak punya landasan atau dasar. Ibaratnya negara itu suatu bangunan, negara kita dibangun diatas lima tiang/fondasi, maka negara itu menjadi kokoh.
¡  Arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
Bahwa diharapkan Pancasila mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Dan diharapkan pula Pancasila dijadikan sebagai pedoman bagi bagi bangsa Indonesia dalam bersikap, bertingkah laku  dan bertututur kata dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila diharapkan mampu mempererat, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsam walaupun kita beranekaragam suku bangsa, bermacam-macam bahasa dan berlainan agama, tapi tetap dipandang sebagai satu kesatuan bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
¡  Manfaat  Pancasila sebagai pandangan hidup bagi negara Indonesia adalah :
-             Dapat menyelesaikan berbagai persoalan bangsa
-          Dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
-          Dijadikan sebagai pedoman sebagai pedoman hidup
¡  Akibat apabila negara Indonesia tidak memiliki pandangan hidup bangsa Adalah :
-          Dapat terombang-ambing oleh arus budaya asing, budaya global, politik global, ideologi global karena tidak punya pegangan, pedoman hidup, yaitu Pancasila
-          Tidak mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan bangsa
-          Persatuan dan kesatuan bangsa akan rapuh, runtuh
§     Pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan
Artinya sila-sila  yang terkandung dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh, tidak dapat dipisah-pisahkan. Sila pertama Pancasila mendasari dan menjiwai sila kedua, ketiga, keempat dan kelima Pancasila. Sila kedua Pancasila dijiwai oleh sila pertama dan bersama-sama menjiwai sila lainnya dalam Pancasila. Dan seterusnya.
Pancasila juga diharapkan mampu menyatukan keanekaragaman, kemajemukan SARA (suku bangsa, agama, ras, antar golongan) yang ada di Indonesia
¡  Hubungan sila-sila dalam Pancasila
Sila-sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat, sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas. Tiap-tiap sila mengandung unsur-unsur dan dikualifikasi empat sila lainnya. Misalnya sila Persatuan Indonesia adalah persatuan yang ber-Ketuhannan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
¡   Nilai-nilai setiap sila dalam Pancasila
1)      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, diantaranya:
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa, diantaranya:
-     percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
-     Hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama
-     Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah
-     Tidak memaksakan suatu agama kepada orang lain
2)      Kemanusiaan yang adil dan beradab
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, diantaranya:
-     Mengakui persamaan harkat (nilai manusia), derajat (kedudukan manusia), dan martabat manusia (harga diri) sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa
-     Saling mencintai sesama manusia
-     Tidak semena-mena terhadap orang lain
-     Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
-     Berani membela kebenaran dan keadilan
-     Menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaaan
-     Hormat mengormati dan bekerjasama dengan bangsa lain
3)      Persatuan Indonesia
Nilai-nilai yang terkadung dalam sila Persatuan Indonesia, diantaranya:
-     menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
-     Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
-     Cinta tanah air dan bangsa
-     Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
-     Dalam masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus dapat mengembangkan pergaulan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
4)      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan
Nilai-nilai yang terkandung dalam Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, antara lain:
-     Tidak memaksakan suatu kehendak atau pendapat kepada orang lain.
-     Mengutamakan musyawarah atau kesepakatan bersama dalam mengambil keputusan
-     Musyawarah ataupun proses pengambilan keputusan dengan cara lainnya harus diliputi oleh semangat kekeluargaan
-     Musyawarah ataupun proses pengambilan keputusan dengan cara lainnya harus dilakukan dengan akal sehat
-     Warga negara harus memiliki itikad baik dan tanggung jawab untuk melaksanakan suatu hasil musyawarah atau keputusan bersama
-     Keputusan yang diambil dalam musyawarah atau dengan cara lainnya harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa
5)      Kedilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Nilai-nilai yang terkadung dalam sila Kedilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, antara lain:
-     Kekeluragaan dan kegotongroyongan
-     Bersikap adil
-     Menghormati hak orang lain, dan selalu berusaha menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
-     Suka memberi pertolongan kepada orang lain
-     Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain
-     Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan orang lain
-     Mengembangkan hidup sederhana, tidak bergaya hidup mewah, tidak bersikap boros dan suka bekerja keras
-     Menghargai hasil karya orang lain
¡  Persamaan dan perbedaan kata ‘adil’ dalam sila kedua dan kelima Pancasila
-      Persamaanya : kata adil mengandung arti tidak berat sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan sesuatu pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
-      Perbedaannya : kata adil pada sila kedua Pancasila lebih menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak asasi manusia. Sedangkan kata adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik beratkan pada kehidupan masyarakatnya/sosialnya
¡  Persamaan dan perbedaan kata ‘adil’ dalam sila kedua dan kelima Pancasila
-      Persamaanya : kata adil mengandung arti tidak berat sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan sesuatu pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
-      Perbedaannya : kata adil pada sila kedua Pancasila lebih menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak asasi manusia. Sedangkan kata adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik beratkan pada kehidupan masyarakatnya/sosialnya
¡  Contoh perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia
-      Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
-      Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
-      Cinta tanah air dan bangsa
-      Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
-      Dalam masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus dapat mengembangkan pergaulan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
     Membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan
¡  Dalam lingkungan keluarga
-       Taat dan patuh terhadap orang tua
-       Saling menghormati, menghargai dan mencintai
-       Menjaga nama baik keluarga
¡  Dalam lingkungan sekolah
-       Mentaati tata tertib sekolah
-       Menghormati dan mematuhi perintah guru
-       Menjaga kebersihan dan keindahan sekolah
¡  Dalam lingkungan pergaulan
-       Menghargai pendapat teman
-       Menghormati teman yang berbeda agama
-       Membantu teman yang mendapat kesusahan
¡  Dalam lingkungan masyarakat
-       Tidak mengganggu ibadah orang lain
-       Membantu tetangga yang mendapat musibah
-       Menengok tetangga yang sakit/meninggal
¡  Dalam lingkungan bangsa dan negara
-       Menghormati suku bangsa lain yang berbeda
-       Mentaati berbagai peraturan perundangan yang berlaku
-       Membayar pajak tepat waktu


0 komentar:

Posting Komentar