( RPP )
| 
Nama sekolah 
Mata Pelajaran 
Kelas/Semester 
Materi Pokok 
Alokasi Waktu | 
: 
: 
: 
: 
: | 
SMPN 12
  Mataram 
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 
VIII / Ganjil 
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 
5 x Pertemuan ( 15 JP, @ 3 x 40’  = 120 
  Menit) | 
A.   KOMPETENSI INTI (KI)
 1.     Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
 3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
 4.    Menunjukan keterampilan menalar, mengolah
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaborasi dan
komunikatif dalam ranah konkret  dan
ranah abstrak  sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.    Kompetensi Dasar dan pencapaian kompetensi
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 
1.1.Bersyukur  kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus
  nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa | 
1.1.1  mensyukuri konsensus
  nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sebagai
  wujud keimanan dan ketaqwaan 
1.1.2  Menghargai
  arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
  Indonesia | 
| 
2.1 Mengembangkan sikap
  yang mencrminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan
  pandangan hidup bangsa | 
2.1.1  Mengamalkan
  nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 
2.1.2  Mewujudkan
  berbagai perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
  sehari hari | 
| 
3.1
  Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa | 
3.1.1
  Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara  
3.1.2
  Mendiskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sabagai pandangan hidup bangsa 
3.1.3
  Mendiskripsikan nilai-nilai Pancasila 
3.1.4
  Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar negara 
3.1.5
  Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa 
3.1.6 Mendeskripsikan
  nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila | 
| 
4.1 Menyajikan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
  dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari | 
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah nilia-nilai Pancasila sebagai dasar
  negara  
4.1.2 Menyusun laporan hasil telaah 
  pandangan hidup bangsa 
4.1.3 Menyajikan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
  negara dan pandangan hidup bangsa 
4.1.4 Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila
  sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari 
4.1.5 Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang  upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila
  sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa | 
v Nilai
Karakter : Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Kerjasama.
C .  TUJUAN PEMbelAJARAN
Pada akhir
proses pembelajaran peserta didik di harapkan memiliki :
Sikap
Spiritual :
1.   
Menunjukan rasa
syukur atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
2.    Menghargai
arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Sikap Sosial :
1.   
Menunjukkan
perilaku disiplin di sekolah sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila
2.   
Menunjukan
perilaku toleransi terhadap teman sebagai wujud pengamalan nilai-nilai
Pancasila
Pengetahuan dan ketrampilan
Pertemuan I:
1.   Melalui studi literasi peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian dasar negara
2.    Melalui diskusi kelompok 
peserta didik dapat
mendiskripsikan
kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
3.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan akibat suatu negara yang tidak
memiliki dasar negara
4.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun laporan hasil telaah nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara
Pertemuan II :
1.    Melalui studi literasi
peserta didik dapat
menjelaskan
pengertian pandangan hidup bangsa
2.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa
3.    Melalui diskusi kelompok peserta
didik dapat menjelaskan
akibat suatu negara yang tidak memiliki pandangan hidup
4.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun laporan hasil telaah Pancasila sebagai
Pandangan hidup bangsa
Pertemuan III :
1.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat  menjelaskan Pancasila sebagai satu kesatuan
2.    Melalui presentasi secara kelompok peserta didik dapat menyajikan hasil telaah
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Pertemuan IV :
1.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar
negara
2.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan persamaan dan perbedaaan kata adil
dalam sila kedua dan kelima 
3.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun gagasan upaya mengamalkan nilai nilai
Pancasila sebagai sabagai dasar negara
Pertemuan V :
1.    Melalui kerja kelompok peserta didik dapat menyusun gagasan upaya mengamalkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari hari
2.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyajikan laporan gagasan  upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila  dalam kehidupan sehari hari
D.  Materi Pembelajaran
   PERTEMUAN
I
 Pengertian
dasar negara
       
Pengertian
dasar negara Kedudukan
Pancasila sebagai dasar negara
       
Kedudukan
Pancasila sebagai dasar negara Akibat
suatu negara tidak memiliki dasar negara
       
Akibat
suatu negara tidak memiliki dasar negara Laporan
hasil telaah Pancasila sebagai dasar negara
       
Laporan
hasil telaah Pancasila sebagai dasar negara
PERTEMUAN II
 Pengertian
pandangan hidup
       
Pengertian
pandangan hidup Fungsi
Pancasila sebagai pandangan hidup
       
Fungsi
Pancasila sebagai pandangan hidup Akibat
negara tidak memiliki pandangan hidup
       
Akibat
negara tidak memiliki pandangan hidup Laporan
hasil telaah Pancasila sebagai pandangan hidup
       
Laporan
hasil telaah Pancasila sebagai pandangan hidup
PERTEMUAN III
 Pancasila sebagai kesatuan yang utuh
        
Pancasila sebagai kesatuan yang utuh Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
        
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
pertemuan iv
 Arti penting Pancasila sebagai dasar negara
       
Arti penting Pancasila sebagai dasar negara Persamaan dan perbedaan kata adil sila ke-2 dan sila ke-5
       
Persamaan dan perbedaan kata adil sila ke-2 dan sila ke-5 Gagasan upaya mengamalkan nilai Pancasila sebagai dasar negara
       
Gagasan upaya mengamalkan nilai Pancasila sebagai dasar negara
PERTEMUAN V
 Gagasan upaya mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup
       
Gagasan upaya mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup Gagasan upaya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
       
Gagasan upaya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
E.    MeTODA : ceramah,
diskusi, kerja kelompok, presentasi, unjuk kerja
F.   Media dan sumber belajar
1)  Media
-      
Power Point
-      
Gambar
-      
Lembar aktivitas
siswa
2)  Sumber
Belajar:
-      
Buku
Guru dan Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas VIII,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2017
-      
Internet/Media
Massa 
-      
Buku
lain yang relevan 
G.  Langkah  langkah PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
| 
KEGIATAN | 
DESKRIPSI KEGIATAN | 
WAKTU | 
| 
Pendahuluan | 
1.    
  Guru mempersiapkan
  secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
  melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
  kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 
2.    
  Guru memberi
  motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu Garuda Pancasila. 
3.    
  Guru melakukan
  apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
  perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. 
4.    
  Guru  menyampaikan  kompetensi 
  dasar  dan  tujuan 
  pembelajaran  yang akan dicapai  
5.    
  Guru membimbing
  peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran. 
6.    
  Guru menjelaskan
  materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
1.    
  Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan
  gambar/video tentang Pancasila sebagai dasar negara 
2.    
  Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
  untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
  pancasila sebagai dasar negara 
3.    
  Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
  yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
  ingin tahu secara mendalam 
4.    
  Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
  dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan 
  pertanyaan yang sudah di himpun 
5.    
  Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
  sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
  sumber referensi 
6.    
  Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
  yangnmemerlukan penjelasan/penguatan 
7.    
  Pesertadidik denganbimbingan guru mendiskusikan
  hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya 
8.    
  Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
  pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara 
9.    
  Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun  laporan
   | 
90 Menit  | 
| 
Penutup | 
1.    
  Guru membimbing
  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
  klasikal 
2.    
  Guru   melakukan  
  refleksi   dengan   peserta  
  didik   atas   manfaat  
  proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan
  kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab
  pertanyaan berikut ; 
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
  fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ? 
-     Apa  sikap  yang 
  kalian  peroleh  dari 
  proses  pembelajaran  yang 
  telah dilakukan? 
-     Apa  manfaat  yang 
  diperoleh  melalui  proses 
  pembelajaran  yang  telah dilakukan? 
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ? 
-    
  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?  
3.    
  Guru memberikan umpan balik
  atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu 
4.    
  Guru memberikan tugas peserta didik untuk
  mengerjakan Aktivitas 1.1. Tugas dilaksanakan secara
  perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan. 
5.    
  Guru menjelaskan
  rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
  pandangan hidup bangsa. | 
15 Menit  | 
PERTEMUAN II
| 
KEGIATAN | 
DESKRIPSI KEGIATAN | 
WAKTU | 
| 
Pendahuluan | 
1.    
  Guru mempersiapkan
  secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
  melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
  buku tulis dan sumber belajar. 
2.    
  Guru memberi
  motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional. 
3.    
  Guru melakukan
  apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
  perumusan dan penetapan Pancasila sebagai pandangan hidup. 
4.    
  Guru  menyampaikan  kompetensi 
  dasar  dan  tujuan 
  pembelajaran  yang akan dicapai 
5.    
  Guru membimbing
  peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran. 
6.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran
  yang akan dilakukan peserta didik. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
1.    
  Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan
  gambar/video tentang Pancasila sebagai pandangan hidup 
2.    
  Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
  untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
  pancasila sebagai pandangan hidup 
3.    
  Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
  yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
  ingin tahu secara mendalam 
4.    
  Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
  dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan 
  pertanyaan yang sudah di himpun 
5.    
  Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
  sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
  sumber referensi 
6.    
  Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
  yang nmemerlukan penjelasan/penguatan 
7.    
  Pesertadidik dengan bimbingan guru mendiskusikan
  hubungan atas berbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya 
8.    
  Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
  pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai pandangan hidup 
9.    
  Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun dan
  menyajikan laporan  | 
90 Menit  | 
| 
Penutup | 
1.    
  Guru membimbing
  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
  klasikal 
2.    
  Guru   melakukan  
  refleksi   dengan   peserta  
  didik   atas   manfaat  
  proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan
  kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
  berikut ; 
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
  fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bagi kalian ? 
-     Apa  sikap  yang 
  kalian  peroleh  dari 
  proses  pembelajaran  yang 
  telah dilakukan? 
-     Apa  manfaat  yang 
  diperoleh  melalui  proses 
  pembelajaran  yang  telah dilakukan? 
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ? 
-    
  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?  
3.    
  Guru memberikan umpan balik
  atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu 
4.    
  Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan
  Aktivitas 1.2.
  Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian
  kompetensi pengetahuan. 
5.    
  Guru menjelaskan
  rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
  pandangan hidup bangsa. | 
15 Menit  | 
PERTEMUAN III
| 
KEGIATAN | 
DESKRIPSI KEGIATAN | 
WAKTU | 
| 
Pendahuluan | 
1.    
  Guru mempersiapkan
  secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
  melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
  kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 
2.    
  Guru memberi
  motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional 
3.    
  Guru melakukan
  apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
  perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. 
4.    
  Guru  menyampaikan  kompetensi 
  dasar  dan  tujuan 
  pembelajaran  yang akan dicapai 
5.    
  Guru membimbing
  peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran. 
6.    
  Guru menjelaskan
  materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
1.    
  Peserta didik secara berkelompok mempersiapkan
  presentasi kelompok 
2.    
  Guru memjelaskan tehnik presentasi kelompok,tatacara
  presentasi dan mengajukan pertanyaan serta pedoman penilaian dan pensekoran  
3.    
  Peserta didik secara berkelompok mempesentasikan
  hasil telaah tentang pancasila sebagai dasr Negara dan pandangan hidup bangsa 
4.    
  Peserta didik secara berkelompok menanggapi
  presentasi kelompok secara bergantian 
5.    
  Guru menfasilitasi dan mengamati presentasi kelompok
  serta mengadakan penilaian proses untuk mengukur ketrampilan siswa dalam
  presentasi 
6.    
  Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
  yang nmemerlukan penjelasan/penguatan | 
90 Menit  | 
| 
Penutup | 
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
  pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal 
2.Guru  
  melakukan   refleksi   dengan  
  peserta   didik   atas  
  manfaat   proses pembelajaran
  yang telah dilakukan dan menentukan tindakan  
  yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila,
  dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ; 
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
  fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ? 
-     Apa  sikap  yang 
  kalian  peroleh  dari 
  proses  pembelajaran  yang 
  telah dilakukan? 
-     Apa  manfaat  yang 
  diperoleh  melalui  proses 
  pembelajaran  yang  telah dilakukan? 
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ? 
-    
  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?  
3.Guru memberikan
  umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu 
4.Guru memberikan
  tugas peserta didik untuk mengerjakan tugas dilaksanakan
  secara perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan. 
5.Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya
  akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. | 
15 Menit  | 
PERTEMUAN IV
| 
KEGIATAN | 
DESKRIPSI KEGIATAN | 
WAKTU | 
| 
Pendahuluan | 
1.    
  Guru mempersiapkan
  secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
  melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
  kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 
2.    
  Guru memberi
  motivasi dengan permainan atau tayangan video. 
3.    
  Guru melakukan
  apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
  perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. 
4.    
  Guru  menyampaikan  kompetensi 
  dasar  dan  tujuan 
  pembelajaran  yang akan dicapai 
5.    
  Guru membimbing
  peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran. 
6.    
  Guru menjelaskan
  materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
1.    
  Peserta didik secara berkelompok berdiskusi tentang
  aqrti penting pancasila sebagai dasr negara 
2.    
  Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
  untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
  pancasila sebagai dasar Negara 
3.    
  Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
  yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
  ingin tahu secara mendalam 
4.    
  Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
  dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan 
  pertanyaan yang sudah di himpun 
5.    
  Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
  sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
  sumber referensi 
6.    
  Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
  yangnmemerlukan penjelasan/penguatan 
7.    
  Pesertadidik denganbimbingan guru mendiskusikan
  hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya 
8.    
  Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
  pont point penting yang berkaitan dengan upaya mengamaaaalkan nilai nilai
  Pancasila 
9.    
  Guru membimbing peserta didik dalam menyusun dan
  menyajikan laporan  | 
90 Menit  | 
| 
Penutup | 
1.    
  Guru membimbing
  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
  klasikal 
2.    
  Guru   melakukan  
  refleksi   dengan   peserta  
  didik   atas   manfaat  
  proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan
  kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab
  pertanyaan berikut ; 
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
  fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ? 
-     Apa  sikap  yang 
  kalian  peroleh  dari 
  proses  pembelajaran  yang 
  telah dilakukan? 
-     Apa  manfaat  yang 
  diperoleh  melalui  proses 
  pembelajaran  yang  telah dilakukan? 
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?  
-    
  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?  
3.    
  Guru memberikan umpan balik
  atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu 
4.    
  Guru memberikan tugas peserta didik untuk
  mengerjakan Aktivitas 1.4. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian
  kompetensi pengetahuan. 
5.    
  Guru menjelaskan
  rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
  pandangan hidup bangsa. | 
15 Menit  | 
PERTEMUAN V
| 
KEGIATAN | 
DESKRIPSI KEGIATAN | 
WAKTU | 
| 
Pendahuluan | 
1.    
  Guru mempersiapkan
  secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
  melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
  kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 
2.    
  Guru memberi
  motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu Garuda Pancasila. 
3.    
  Guru melakukan
  apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
  perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. 
4.    
  Guru  menyampaikan  kompetensi 
  dasar  dan  tujuan 
  pembelajaran  yang akan dicapai 
5.    
  Guru membimbing
  peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran. 
6.    
  Guru menjelaskan
  materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
1.         
  kelompok Peserta didik dengan bimbingan guru
  membentuk menjadi 6 kelompok 
2.         
  Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan
  gambar/video tentang Pancasila sebagai dasar Negara 
3.         
  Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
  untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
  pancasila sebagai dasar Negara 
4.         
  Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
  yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
  ingin tahu secara mendalam 
5.         
  Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
  dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan 
  pertanyaan yang sudah di himpun 
6.         
  Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
  sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
  sumber referensi 
7.         
  Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
  yangnmemerlukan penjelasan/penguatan 
8.         
  Pesertadidik denganbimbinganguru mendiskusikan
  hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya 
9.         
  Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
  pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai dasar Negara 
10.    
  Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun dan
  menyajikan laporan  | 
90 Menit  | 
| 
Penutup | 
1.   
  Guru membimbing
  peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
  klasikal 
2.   
  Guru   melakukan  
  refleksi   dengan   peserta  
  didik   atas   manfaat  
  proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan   yang akan dilakukan berkaitan dengan
  kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
  berikut ; 
-     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
  fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ? 
-     Apa  sikap  yang 
  kalian  peroleh  dari 
  proses  pembelajaran  yang 
  telah dilakukan? 
-     Apa  manfaat  yang 
  diperoleh  melalui  proses 
  pembelajaran  yang  telah dilakukan? 
-     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ? 
-    
  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?  
3.    
  Guru memberikan umpan balik
  atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu 
4.    
  Guru memberikan tugas peserta didik untuk
  mengerjakan Aktivitas 1.5. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian
  kompetensi pengetahuan. 
5.    
  Guru menjelaskan
  rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
  pandangan hidup bangsa. | 
15 Menit  | 
H.   PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
       1.  Sikap spiritual dan sosial
| 
NO | 
Hari
  / TGL | 
NAMA
  SISWA | 
Catatan
  perilaku | 
BUTIR
  SIKAP | 
TINDAK
  LANJUT | 
2.
pENILAIAN pENGETAHUAN
1.   Jenis/teknik penilaian                      :   Penugasan
2.   Bentuk instrumen dan instrumen     :   Uraian
singkat
| 
Soal: 
1.      Jelaskan pengertian dasar negara
  ! 
2.      Jelaskan kedudukan dan fungsi
  Pancasila sebagai dasar negara ! 
3.      Jelaskan arti penting Pancasila
  sebagai dasar negara ! 
4.     
  Jelaskan manfaat dasar negara bagi suatu negara ! 
5.     
  Jelaskan akibat suatu negara tidak memiliki dasar
  negara ! 
6.     
  Jelaskan pengertian pandangan hidup bangsa! 
7.     
  Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai
  pandangan hidup! 
8.     
  Jelaskan arti penting pancasila sebagai pandangan hidup! 
9.     
  Jelaskan manfaat pandangan hidup suatu bangsa ! 
10.  Jelaskan
  akibat suatu negara yang tidak memiliki pandanganhidup! | 
1.     
Pedoman penskoran
| 
No | 
Kunci Jawaban | 
Jml Skor | |||||
| 
1 | 
Artinya Pancasila merupakan sumber hukum dasar
  nasional, merupakan dasar untuk penyelenggaraan negara dalam menata serta
  mengarahkan jalannya pemerintahan untuk kepentingan dan kesejahteraan
  masyarakat. Pengertian Pancasila sebagai dasar Negara dinyataatkan secara
  jelas dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 alinea 4 yang berbunyi “ ….. maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu
  dalam suatu undang-undang dasar negara  | 
2 | |||||
| 
2 | 
Pancasila
  sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila dipergunakan sebagai
  dasar (fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk
  mengatur penyelengaraan negara. 
Dengan
  demikian Pancasila merupakan kaidah negara yang fundamental, yang berarti hukum
  dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan
  perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus
  bersumber dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental. | 
2 | |||||
| 
3 | 
a.        
  Memberi
  pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai tujuannnya melalui berbagai
  realisasi pembangunan. 
b.       
  Menjadi
  alat pemersatu, artinya dasar negara dapat mempersatukan orang dari berbagai
  agama, suku bangsa, ras dan golongan. | 
2 | |||||
| 
4 | 
Manfaat
  Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar,
  landasan pijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. | 
2 | |||||
| 
5 | 
Negara itu
  akan kacau, runtuh, tidak akan kuat, karena tidak punya landasan atau dasar.
  Ibaratnya negara itu suatu bangunan, negara kita dibangun diatas  | 
2 | |||||
| 
6 | 
Pandangan hidup bearti pedoman
  hidup, pegangan hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life).
  Pandangan hidup adalah kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa  | 
2 | |||||
| 
7 | 
Pancasila
  dalam pengertian ini sering disebut juga sebagai pegangan hidup, pedoman
  hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Sebagai pandangan hidup
  bangsa, Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan
  sehari-ahari. Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan
  petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala
  bidang. | 
2 | |||||
| 
8 | 
Diharapkan
  Pancasila dijadikan sebagai pedoman bagi bagi bangsa  | 
2 | |||||
| 
9 | 
-   Dapat menyelesaikan berbagai
  persoalan bangsa 
-   Dapat memperkokoh persatuan dan
  kesatuan bangsa 
-   Dijadikan sebagai pedoman sebagai
  pedoman hidup | 
2 | |||||
| 
10 | 
-    Dapat terombang-ambing oleh arus
  budaya asing, budaya global, politik global, ideologi global karena tidak
  punya pegangan, pedoman hidup, yaitu Pancasila 
-   
  Tidak mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan
  bangsa 
-   
  Persatuan dan kesatuan bangsa akan rapuh,runtuh | 
2 | |||||
| 
Jumlah | 
20 | ||||||
| 
Skor yang diperoleh peserta didik
  untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:  
 | |||||||
2.   Bentuk instrumen dan instrumen     :   Uraian
singkat
| 
Soal: 
1.      Jelaskan
  pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan ! 
2.     
  Jelaskan
  hubungan antar sila sila Pancasila ! 
3.      Jelaskan
  nilai-nilai setiap sila dalam Pancasila ! 
4.      Jelaskan
  persamaan dan perbedaan kata ‘adil dalam sila kedua dan kelima  ! 
5.      Sebutkan
  contoh perwujudan Pancasila sila ketiga !! | 
3.   Pedoman penskoran
| 
No | 
Kunci Jawaban | 
Jmlh 
Skor | |||||
| 
1 | 
Artinya
  sila-sila  yang terkandung dalam
  Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh, tidak dapat
  dipisah-pisahkan. Sila pertama Pancasila mendasari dan menjiwai sila kedua,
  ketiga, keempat dan kelima Pancasila. Sila kedua Pancasila dijiwai oleh sila
  pertama dan bersama-sama menjiwai sila lainnya dalam Pancasila. Dan
  seterusnya | 
2 | |||||
| 
2 | 
Sila-sila
  dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat, sehingga tidak dapat
  dipisah-pisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas.
  Tiap-tiap sila mengandung unsur-unsur dan dikualifikasi empat sila lainnya.
  Misalnya sila Persatuan  | 
2 | |||||
| 
3 | 
Nilai yang
  terkandung dalam setiap sila Pancasila 
1)     
  Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, diantaranya: 
a)     
  percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai
  dengan agama dan kepercayaannya 
b)     
  Hormat
  menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama 
2)      Kemanusiaan yang adil dan beradab 
a)     
  Mengakui
  persamaan harkat (nilai manusia), derajat (kedudukan manusia), dan martabat
  manusia (harga diri) sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa 
b)     
  Saling
  mencintai sesama manusia 
3)      Persatuan  
a)      menempatkan persatuan, kesatuan,
  kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan
  golongan. 
b)      Rela berkorban untuk kepentingan
  bangsa dan negara 
4)      Kerakyatan yang dipimpin oleh
  hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan 
a)     
  Tidak
  memaksakan suatu kehendak atau pendapat kepada orang lain. 
b)     
  Mengutamakan
  musyawarah atau kesepakatan bersama dalam mengambil keputusan 
5)      Kedilan sosial bagi seluruh
  rakyat  
a)      Kekeluragaan dan kegotongroyongan 
b)      Bersikap adil | 
2 | |||||
| 
4 | 
A.      Persamaanya : kata adil
  mengandung arti tidak berat sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan
  sesuatu pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku 
B.       Perbedaannya : kata adil pada
  sila kedua Pancasila lebih menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak
  asasi manusia. Sedangkan kata adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik
  beratkan pada kehidupan masyarakatnya/sosialnya | 
2 | |||||
| 
5 | 
Contoh
  perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan  
a)      Menempatkan persatuan, kesatuan,
  kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan
  golongan. 
b)      Rela berkorban untuk kepentingan
  bangsa dan negara 
c)      Cinta tanah air dan bangsa 
d)     
  Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air
  Indonesia 
e)     
  Dalam masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus
  dapat mengembangkan pergaulan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa | 
2 | |||||
| 
Jumlah | 
10 | ||||||
| 
Skor yang diperoleh peserta didik
  untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:  
 | |||||||
       Tugas
individu
1.   Jenis/teknik penilaian                      :   penugasan
2.   Bentuk instrumen dan instrumen     :   Uraian
singkat
| 
Soal: 
1.     
  Sebutkan
  3 contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan keluarga ! 
2.     
  Berikan
  3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah ! 
3.      Tuliskan
  3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan pergaulan ! 
4.      Sebutkan
  3 contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat  ! 
5.      Berikan
  3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan bangsa dan negara ! | 
3.   Pedoman penskoran
| 
No | 
Kunci Jawaban | 
Jmlh 
Skor | |||||
| 
1 | 
-     
  Taat dan patuh terhadap orang tua 
-     
  Saling
  menghormati, menghargai dan mencintai  
-     
  Menjaga
  nama baik keluarga | 
2 | |||||
| 
2 | 
-     
  Mentaati
  tata tertib sekolah 
-     
  Menghormati
  dan mematuhi perintah guru 
-     
  Menjaga
  kebersihan dan keindahan sekolah | 
2 | |||||
| 
3 | 
-     
  Menghargai
  pendapat teman 
-     
  Menghormati
  teman yang berbeda agama 
-     
  Membantu
  teman yang mendapat kesusahan | 
2 | |||||
| 
4 | 
-     
  Tidak
  mengganggu ibadah orang lain 
-     
  Membantu
  tetangga yang mendapat musibah 
-     
  Menengok
  tetangga yang sakit/meninggal | 
2 | |||||
| 
5 | 
-     
  Menghormati
  suku bangsa lain yang berbeda  
-     
  Mentaati
  berbagai peraturan perundangan yang berlaku 
-     
  Membayar
  pajak tepat waktu | 
2 | |||||
| 
Jumlah | 
10 | ||||||
| 
Skor yang diperoleh peserta didik
  untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:  
 | |||||||
PENILAIAN KETRAMPILAN
Tugas kelompok
1.     
Susunlah hasil telaah
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia !
2.     
Presentasikan hasil
telaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa bersama
kelompokmu secara bergantian !
3.     
Susunlah gagasan
tentang upaya mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
dalam kehidupan sehaari hari !
4.     
Laporkan kepada
guru   tentang gagasan upaya mengamalkan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dalam khidupan sehari hari
di depan teman temanmu secara bergantian ! 
| 
Mengetahui, 
Kepala Sekolah, 
Mustajib,
  S.Pd. 
NIP. 19681231
  199203  1 136 | 
 | 
Lampiran Materi Pelajaran
¡  Pengertian Dasar Negara 
Artinya Pancasila merupakan sumber
hukum dasar nasional, merupakan dasar untuk penyelenggaraan negara dalam menata
serta mengar
ahkan jalannya pemerintahan untuk
kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Pengertian Pancasila sebagai dasar
Negara dinyataatkan secara jelas dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945
alinea 4 yang berbunyi “ ….. maka
disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia 
¡  Kedudukan dan fungsi Pancasila
sebagai Dasar Negara
Pancasila
sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila dipergunakan sebagai dasar
(fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk mengatur
penyelengaraan negara.
Dengan
demikian Pancasila merupakan kaidah negara yang fundamental, yang berarti hukum
dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan
perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus bersumber
dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.
Pancasila
sebagai dasar negara pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber
hukum. Artinya segala peraturan perundangan secara material harus berdasar dan
bersumber pada Pancasila
§    
Akibat Negara yang tidak memiliki
dasar Negara
…………….
PERTEMUAN II
¡  Pengertian Pandangan Hidup Bangsa
Pandangan hidup
bearti pedoman hidup, pegangan hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of
life). Pandangan hidup adalah kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki oleh
bangsa Indonesia dan diyakini kebenarannya serta melahirkan tekad untuk
mewujudkannya.
¡  Kedudukan dan fungsi Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa
Pancasila
dalam pengertian ini sering disebut juga sebagai pegangan hidup, pedoman hidup,
petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Sebagai pandangan hidup bangsa,
Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-ahari.
Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan petunjuk arah semua
kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang.
Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan
sehari-hari mayarakat Indonesia 
¡  Arti penting Pancasila sebagai
dasar negara
a.        
Memberi pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai
tujuannnya melalui berbagai realisasi pembangunan.
b.       
Menjadi alat pemersatu, artinya dasar negara dapat
mempersatukan orang dari berbagai agama, suku bangsa, ras dan golongan.
c.        
Menjadi sumber motivasi, artinya dasar negara dapat
memberi motivasi kepada seseorang, kelompok orang atau masyarakat untuk
mewujudkan cita-citanya, gagasan dan ide-idenya dalam kehidupan nyata.
d.       
Menjadi sumber semangat dalam mendorong individu dan
kelompok untuk berusaha mewujudkan nilai-nilai yang terkadung di dalam dasar
negara itu sendiri serta untuk menjawab dan menghadapi perkembangan global dan
menjadi sumber insiparsi bagi perjungan selanjutnya
¡  Manfaat Pancasila sebagai dasar
negara
Manfaat Pancasila sebagai dasar
negara artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar, landasan pijakan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.
¡  Akibat apabila suatu negara tidak
memiliki dasar negara
Negara itu akan kacau, runtuh,
tidak akan kuat, karena tidak punya landasan atau dasar. Ibaratnya negara itu
suatu bangunan, negara kita dibangun diatas lima tiang/fondasi, maka negara itu
menjadi kokoh.
¡  Arti penting Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa
Bahwa diharapkan Pancasila mampu
menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Dan
diharapkan pula Pancasila dijadikan sebagai pedoman bagi bagi bangsa Indonesia 
¡  Manfaat  Pancasila sebagai pandangan hidup bagi negara
Indonesia 
-            
Dapat
menyelesaikan berbagai persoalan bangsa
-         
Dapat
memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
-         
Dijadikan
sebagai pedoman sebagai pedoman hidup
¡  Akibat apabila negara Indonesia 
-         
Dapat
terombang-ambing oleh arus budaya asing, budaya global, politik global,
ideologi global karena tidak punya pegangan, pedoman hidup, yaitu Pancasila
-         
Tidak mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan bangsa
-         
Persatuan dan kesatuan bangsa akan rapuh, runtuh
§    
Pengertian
Pancasila sebagai satu kesatuan
Artinya sila-sila  yang terkandung dalam Pancasila merupakan
satu kesatuan yang bulat dan utuh, tidak dapat dipisah-pisahkan. Sila pertama
Pancasila mendasari dan menjiwai sila kedua, ketiga, keempat dan kelima Pancasila.
Sila kedua Pancasila dijiwai oleh sila pertama dan bersama-sama menjiwai sila
lainnya dalam Pancasila. Dan seterusnya. 
Pancasila juga diharapkan mampu
menyatukan keanekaragaman, kemajemukan SARA (suku bangsa, agama, ras, antar
golongan) yang ada di Indonesia
¡  Hubungan
sila-sila dalam Pancasila
Sila-sila dalam Pancasila merupakan
rangkaian kesatuan yang bulat, sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama
lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas. Tiap-tiap sila mengandung
unsur-unsur dan dikualifikasi empat sila lainnya. Misalnya sila Persatuan Indonesia  adalah persatuan yang ber-Ketuhannan
Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang
berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 
¡   Nilai-nilai setiap sila dalam
Pancasila
1)      Sila
Ketuhanan Yang Maha Esa, diantaranya:
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang
Maha Esa, diantaranya:
-     percaya
dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
-     Hormat
menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama
-     Saling
menghormati kebebasan menjalankan ibadah
-     Tidak
memaksakan suatu agama kepada orang lain
2)     
Kemanusiaan
yang adil dan beradab
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kemanusiaan yang
adil dan beradab, diantaranya:
-     Mengakui
persamaan harkat (nilai manusia), derajat (kedudukan manusia), dan martabat
manusia (harga diri) sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa
-     Saling
mencintai sesama manusia
-     Tidak
semena-mena terhadap orang lain
-     Gemar
melakukan kegiatan kemanusiaan
-     Berani
membela kebenaran dan keadilan
-     Menjungjung
tinggi nilai-nilai kemanusiaaan
-     Hormat
mengormati dan bekerjasama dengan bangsa lain
3)     
Persatuan
Indonesia 
Nilai-nilai
yang terkadung dalam sila Persatuan Indonesia 
-     menempatkan
persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas
kepentingan pribadi dan golongan.
-     Rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
-     Cinta
tanah air dan bangsa
-     Bangga
sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
-     Dalam
masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus dapat mengembangkan pergaulan
yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
4)     
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan / perwakilan
Nilai-nilai yang terkandung dalam Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, antara
lain:
-     Tidak
memaksakan suatu kehendak atau pendapat kepada orang lain.
-     Mengutamakan
musyawarah atau kesepakatan bersama dalam mengambil keputusan
-     Musyawarah
ataupun proses pengambilan keputusan dengan cara lainnya harus diliputi oleh
semangat kekeluargaan
-     Musyawarah
ataupun proses pengambilan keputusan dengan cara lainnya harus dilakukan dengan
akal sehat
-     Warga
negara harus memiliki itikad baik dan tanggung jawab untuk melaksanakan suatu
hasil musyawarah atau keputusan bersama
-     Keputusan
yang diambil dalam musyawarah atau dengan cara lainnya harus dapat
dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa
5)     
Kedilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 
Nilai-nilai
yang terkadung dalam sila Kedilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 
-     Kekeluragaan
dan kegotongroyongan
-     Bersikap
adil
-     Menghormati
hak orang lain, dan selalu berusaha menjaga keseimbangan antara hak dan
kewajiban
-     Suka
memberi pertolongan kepada orang lain
-     Menjauhi
sikap pemerasan terhadap orang lain
-     Tidak
melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan orang lain
-     Mengembangkan
hidup sederhana, tidak bergaya hidup mewah, tidak bersikap boros dan suka
bekerja keras
-     Menghargai
hasil karya orang lain
¡  Persamaan
dan perbedaan kata ‘adil’ dalam sila kedua dan kelima Pancasila
-     
Persamaanya : kata adil mengandung arti tidak berat
sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan sesuatu pada proporsi yang
sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
-     
Perbedaannya : kata adil pada sila kedua Pancasila lebih
menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak asasi manusia. Sedangkan kata
adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik beratkan pada kehidupan
masyarakatnya/sosialnya
¡  Persamaan
dan perbedaan kata ‘adil’ dalam sila kedua dan kelima Pancasila
-     
Persamaanya : kata adil mengandung arti tidak berat
sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan sesuatu pada proporsi yang
sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
-     
Perbedaannya : kata adil pada sila kedua Pancasila lebih
menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak asasi manusia. Sedangkan kata
adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik beratkan pada kehidupan
masyarakatnya/sosialnya
¡  Contoh
perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia
-     
Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan
keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
-     
Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
-     
Cinta tanah air dan bangsa
-     
Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air
Indonesia
-     
Dalam masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus
dapat mengembangkan pergaulan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
     Membiasakan
perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan
¡  Dalam lingkungan keluarga
-      
Taat
dan patuh terhadap orang tua
-      
Saling
menghormati, menghargai dan mencintai 
-      
Menjaga
nama baik keluarga
¡  Dalam lingkungan sekolah
-      
Mentaati
tata tertib sekolah
-      
Menghormati
dan mematuhi perintah guru
-      
Menjaga
kebersihan dan keindahan sekolah
¡  Dalam lingkungan pergaulan
-      
Menghargai
pendapat teman
-      
Menghormati
teman yang berbeda agama
-      
Membantu
teman yang mendapat kesusahan
¡  Dalam lingkungan masyarakat
-      
Tidak
mengganggu ibadah orang lain
-      
Membantu
tetangga yang mendapat musibah
-      
Menengok
tetangga yang sakit/meninggal
¡  Dalam lingkungan bangsa dan negara
-      
Menghormati
suku bangsa lain yang berbeda 
-      
Mentaati
berbagai peraturan perundangan yang berlaku
-      
Membayar
pajak tepat waktu
 






 
0 komentar:
Posting Komentar