Selasa, 19 Juli 2016

INTISARI HASIL PELATIHAN KURIKULUM 2013 VERSI 2016

https://1.bp.blogspot.com/-wv43fvtxk94/VoRT0zT-OwI/AAAAAAAAIg8/1xISlgzW_30z6SgMFgJfB5GNUOAOFFnwQCKgB/s320/k13.png

INTISARI HASIL PELATIHAN KURIKULUM 2013 VERSI 2016

Berikut beberapa point penting yang mengalami perubahan, terkait implementasi K13/kurtilas/ kurikulum 2013 edisi 2016 diantaranya;
1.     Nama Kurikulum tidak berubah  menjadi kurikulum nasional tetapi tetap kurikulum 2013 direvisi  yang berlaku nasional.
2.     Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan setiap mata peklajaran, hanya agama dan PPKn  namun KI tetap dicantumkan dalam RPP
3.     Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 KD, maka yang diambil adalah nilai tertinggi. Untuk nilai keterampilan (praktek, produk, portofolio) diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan bobot  hasil penilaian harian (HPH), hasil penilaian tengah semester (HPTS) dan hasil penilaian akhir semester (HPAS) ditetapkan oleh satuan pendidikan.
4.     Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan Taksonomi Proses Berpikir (Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalisis, Mengevaluasi dan Mencipta; Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif) pada jenjang, SD, SMP dan SMA/SMK.
5.     Pendekatan Scientific  5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan. Namun 5M merupakan proses berpikir yang perlu dilatihkan secara terus menerus melalui pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir secara Scientific.
6.     Silabus K13/kurtilas edisi  revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Silabus yang disiapkan pemerintah merupakan salah satu model untuk member inspirasi, Guru dapat mengembangkannya sesuai dengan konteks yang relevan.
7.     Perubahan terminologi  ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester untuk  semester 1,  dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan tidak ada lagi uts,  langsung ke penilaian akhir semester.
8.     Dalam RPP K13 edisi revisi tidak perlu disebut nama metode pembelajaran yang digunakan  dan materi  dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
9.     Skala penilaian K13 edisi revisi menjadi  1 - 100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi. KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 100.
10.  Buku lama kurikulum 2013 tetap dapat digunakan sebagai sumber belajar. Buku teks pelajaran pemerintah bukan satu-satunya sumber belajar utama. Penerbitan buku teks pelajaran dapat dilakukan oleh Kemdikbud atau swasta  (Permendikbud No. 8 tahun 2016)
11.  Remedial diberikan kepada  siswa yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai remidi adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.

IK Kota Mataram Mapel PKn
Drs. Damri Ahmad

Guru SMPN 12 Mataram

0 komentar:

Posting Komentar