Minggu, 04 Juni 2017

Kurtilas (Kurikulum 13)


INTISARI HASIL PELATIHAN KURIKULUM 2013 VERSI 2017

Berikut beberapa point penting yang mengalami perubahan, terkait implementasi K13/kurtilas/ kurikulum 2013 edisi 2017, disampaikan pada Bimtek GS K13 2017 diantaranya;
1.     Nama Kurikulum tidak berubah  menjadi kurikulum nasional tetapi tetap kurikulum 2013 direvisi  yang berlaku nasional.
2.     Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan setiap mata pelajaran, hanya agama dan PPKn  namun KI tetap dicantumkan dalam RPP.
3.     Penilaian Sikap oleh guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK melalui observasi dicatat dalam jurnal selama satu semester.
4.     Pada mata pelajaran Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan mata pelajaran PPKn, pembelajaran sikap spiritual dan sosial dilaksanakan melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung.
5.      Pada mata pelajaran selain mata pelajaran Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan mata pelajaran PPKn, pembelajaran sikap spiritual dan sosial dilaksanakan melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik)
6.     Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 KD, maka yang diambil adalah nilai tertinggi. Untuk nilai keterampilan (praktek, produk, portofolio) diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan bobot  hasil penilaian harian (HPH), hasil penilaian tengah semester (HPTS) dan hasil penilaian akhir semester (HPAS) ditetapkan oleh satuan pendidikan.
7.     Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan Taksonomi Proses Berpikir (Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalisis, Mengevaluasi dan Mencipta; Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif) pada jenjang, SD, SMP dan SMA/SMK.
8.     Pendekatan Scientific  5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan. Namun 5M merupakan proses berpikir yang perlu dilatihkan secara terus menerus melalui pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir secara Scientific.
9.     Silabus K13/kurtilas edisi  revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Silabus yang disiapkan pemerintah merupakan salah satu model untuk memberi inspirasi, Guru dapat mengembangkannya sesuai dengan konteks yang relevan.
10.  Perubahan terminologi  ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester untuk  semester 1,  dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan tidak ada lagi uts,  langsung ke penilaian akhir semester.
11.  Dalam RPP K13 edisi revisi tidak perlu disebut nama metode pembelajaran yang digunakan  dan materi  dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
12.  Materi pelajaran dalam RPP teridiri dari materi reguler, materi pengayaan dan materi remidial.
13.  Pembelajaran Remedial, berdasarkan hasil analisis ulangan harian, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk; 1) bimbingan perorangan jika siswa yang belum mencapai ketuntasan, maksimal 20%; 2) belajar kelompok jika lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%; dan 3) pembelajaran ulang diakhiri dengan penilaian  jika siswa yang belum tuntas 50% atau lebih.
14.  Pembelajaran Pengayaan, berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk … .
15.  Skala penilaian K13 edisi revisi menjadi  1 - 100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi. KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 100.
16.  Buku lama kurikulum 2013 tetap dapat digunakan sebagai sumber belajar. Buku teks pelajaran pemerintah bukan satu-satunya sumber belajar utama. Penerbitan buku teks pelajaran dapat dilakukan oleh Kemdikbud atau swasta  (Permendikbud No. 8 tahun 2016).
17.  Regulasi ..

IK Kota Mataram Mapel PPKn
Drs. Damri Ahmad
Guru SMPN 12 Mataram

ADMINISTRASI GURU K13
1.     Buku Kerja 1
a.   SKL, KI, KD
b.   Silabus
c.   RPP
d.   KKM
2.     Buku Kerja 2
a.    Kode Etik Guru
b.    Ikrar Guru
c.    Tata Tertib Guru
d.    Pembiasaan Guru
e.    Kalender Pendidikan
f.     Alokasi Waktu
g.    Program Tahunan
h.    Program semester
i.      Jurnal Agenda Guru
3.     Buku Kerja 3
a.    Daftar Hadir
b.    Daftar Nilai
c.    Peniaian Akhlak kepribadian
d.    Analisis Hasila Ulangan
e.    Program pelaksanaan perbaiakan dan pengayaan
f.     Daftar Buku pegangan guru dan siswa
g.    Jadwal mengajar’
h.    Daya serap siswa
i.      Kumpulan kisi-kisi soal
j.      Kumpulan ssoal penilaian akhir semester 1 dan penilaian akhir tahun.
k.    Analisis Butir Soal
l.      Perbaikan soal
4.     Buku Kerja 4
a.    Daftar Evaluasi Diri Guru
b.    Program tindak lanjut kerja guru


0 komentar:

Posting Komentar