INTISARI HASIL PELATIHAN KURIKULUM 2013 VERSI 2017
Berikut
beberapa point penting yang mengalami perubahan, terkait implementasi
K13/kurtilas/ kurikulum 2013 edisi 2017, disampaikan pada Bimtek GS K13 2017
diantaranya;
1. Nama Kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tetapi tetap kurikulum 2013 direvisi yang berlaku nasional.
2. Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan setiap
mata pelajaran, hanya agama dan PPKn namun
KI tetap dicantumkan dalam RPP.
3. Penilaian
Sikap oleh guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK
melalui observasi dicatat dalam jurnal selama satu semester.
4. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama-Budi Pekerti
dan mata pelajaran PPKn, pembelajaran sikap spiritual dan sosial
dilaksanakan melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung.
5.
Pada mata
pelajaran selain mata pelajaran Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan mata
pelajaran PPKn, pembelajaran sikap spiritual dan sosial dilaksanakan melalui pembelajaran
tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik)
6. Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 KD, maka yang diambil
adalah nilai tertinggi. Untuk nilai keterampilan (praktek, produk, portofolio)
diambil nilai
rata-rata. Untuk pengetahuan bobot
hasil penilaian harian (HPH), hasil penilaian tengah semester (HPTS) dan
hasil penilaian akhir semester (HPAS) ditetapkan oleh satuan pendidikan.
7. Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan Taksonomi Proses
Berpikir (Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalisis, Mengevaluasi
dan Mencipta; Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif) pada
jenjang, SD, SMP dan SMA/SMK.
8. Pendekatan
Scientific 5M bukanlah satu-satunya
metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya
tidak harus berurutan. Namun 5M merupakan proses berpikir yang perlu dilatihkan
secara terus menerus melalui pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir secara
Scientific.
9. Silabus K13/kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu KD, materi
pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Silabus yang disiapkan pemerintah
merupakan salah satu model untuk memberi inspirasi, Guru dapat mengembangkannya
sesuai dengan konteks yang relevan.
10. Perubahan terminologi
ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir
semester untuk semester 1, dan penilaian akhir tahun untuk semester 2.
Dan tidak ada lagi uts, langsung ke
penilaian akhir semester.
11. Dalam RPP K13 edisi revisi tidak perlu disebut nama metode
pembelajaran yang digunakan dan
materi dibuat dalam bentuk lampiran
berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
12. Materi pelajaran dalam RPP teridiri dari materi reguler,
materi pengayaan dan materi remidial.
13. Pembelajaran
Remedial, berdasarkan hasil analisis ulangan harian, siswa yang
belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam
bentuk; 1) bimbingan perorangan jika siswa yang belum mencapai ketuntasan,
maksimal 20%; 2) belajar kelompok jika lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%;
dan 3) pembelajaran ulang diakhiri dengan penilaian jika siswa yang belum tuntas 50% atau lebih.
14. Pembelajaran Pengayaan, berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk … .
15. Skala
penilaian K13 edisi revisi menjadi 1 - 100. Penilaian sikap diberikan dalam
bentuk predikat dan deskripsi. KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 100.
16. Buku lama kurikulum 2013 tetap dapat digunakan sebagai
sumber belajar. Buku teks pelajaran pemerintah bukan satu-satunya sumber
belajar utama. Penerbitan buku teks pelajaran dapat dilakukan oleh Kemdikbud
atau swasta (Permendikbud No. 8 tahun
2016).
17. Regulasi
..
IK Kota Mataram Mapel PPKn
Drs. Damri Ahmad
Guru SMPN 12 Mataram
ADMINISTRASI GURU K13
1. Buku Kerja 1
a. SKL, KI, KD
b. Silabus
c. RPP
d. KKM
2. Buku Kerja 2
a. Kode Etik Guru
b. Ikrar Guru
c. Tata Tertib Guru
d. Pembiasaan Guru
e. Kalender Pendidikan
f. Alokasi Waktu
g. Program Tahunan
h. Program semester
i.
Jurnal Agenda Guru
3. Buku Kerja 3
a. Daftar Hadir
b. Daftar Nilai
c. Peniaian Akhlak kepribadian
d. Analisis Hasila Ulangan
e. Program pelaksanaan perbaiakan dan pengayaan
f. Daftar Buku pegangan guru dan siswa
g. Jadwal mengajar’
h. Daya serap siswa
i.
Kumpulan kisi-kisi soal
j.
Kumpulan ssoal
penilaian akhir semester 1 dan penilaian akhir tahun.
k. Analisis Butir Soal
l.
Perbaikan soal
4. Buku Kerja 4
a. Daftar Evaluasi Diri Guru
b. Program tindak lanjut kerja guru
0 komentar:
Posting Komentar