KISI-KISI USBN PPKn 2020
1.
Peserta didik dapat menyebutkan agenda yang dibahas pada masa sidang pertama
BPUPKI,29 Mei sampai 1 Juni 1945.
2.
Peserta didik dapat menyimpulkan makna yang terkandung dalam pidato Muh.Yamin
pada 29 Mei 1945 pada waktu menyampaikan lima rumuusan dasar negara.
3.
Disajikan pernyataan-pernyataan, peserta didik
dapat menentukan pengertian Pancasila sebagai Ideologi nasional
4.
Disajikan beberapa pernyataan, Peserta didik
dapat mengidentifikasi pengamalan dari sila-sila Pancasila
5.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat mengurutkan perilaku yang sesuai
dengan urutan sila-sila Pancasila.
6.
Peserta didik dapat menganalisis, bahwa konflik
tidak hanya berdampak negatif, tetapi juga berdampak positif
7.
Peserta didik dapat menentukan urutan yang benar
tentang Tata urutan peraturan perundang-undangan sesuai dengan UU Nomor 12
tahun 2011
8.
Peserta didik dapat menentukan makna tiap alinea pembukaan UUD
1945
9.
Dengan membaca wacana dan mengamati gambar siswa
dapat menganalisis penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
dalam kehidupan sehari-hari
10.
Peserta didik dapat menentukan Bahwa Pancasila
adalah sebagai ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.
11.
Dengan membaca wacana dan mengamati gambar siswa
dapat menganalisis penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
dalam kehidupan sehari-hari
12.
Peserta didik dapat menyimpulkan Alasan logis
yang mendorong Dr.Soepomo mencantumkan asas persatuan untuk Dasar negara
Indonesia merdeka dalam masa sidang pertama BPUPKI 1945.
13.
Peserta didik dapat menganalisa sikap dan
komitmen para tokoh bangsa dalam
mempersatukan bangsa dan negara Indonesia
14.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menentukan sikap dan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila-sila
Pancasila.
15.
Siswa dapat menjelaskan pengertian HAM menurut
UU No.39 Tahun 1999
16.
Peserta didik dapat menjelaskan proses perumusan
UUD NRI Tahun 1945
17.
Peserta didik dapat Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
perudang – undangan nasional
18.
Peserta didik dapat menjelaskan makna Alinea
Pembukaan UUD NRI 1945
19.
Peserta didik dapat menyebutkan prinsip-prinsip
kedaulatan negara RI
20.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
Demokrasi Pancasila
21.
Dengan menyebutkan contoh-contoh pelanggaran
norma, siswa dapat menentukan dengan benar satu contoh pelanggaran norma-norma
yahg berlaku di masyarakat
22.
Peserta didik dapat menginterpretasikan hukum dasar yang tidak tertulis
23.
Peserta didik dapat menghubungkan sikap dan
perilaku para tokoh bangsa dalam merumuskan Dasar negara dengan situasi terkini
sesuai dengan pengamalan sila keempat Pancasila
24.
Peserta didik dapat menentukan makna dari setiap
alinea Pembukaan UUD 1945
25.
Siswa dapat menyebutkan kewajiban warga negara
dalam mengemukakan pendapat dimuka umum
26.
Peserta ddik dapat menganalisis makna dari
pemerintahan yang berkedaulatan rakyat
27.
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
hukum dasar yang tidak tertulis
28.
Berdasarkan bacaan singkat, Peserta didik dapat
menganalisis sikap dan perilaku
masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
29.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat mengidentifikasi usaha pencegahan
yang dilakukan oleh Pemerintah agar tidak terjadi Pelanggaran berlalu lintas
oleh masyarakat
30.
Peserta didik dapat mengidentifikasi Nilai dan
semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalambingkai Bhinneka Tunggal Ika
31.
Peserta didik dapat menganalisis dalam Pembukaan UUD 1945 tentang arti
Persatuan Indonesia
32.
Peserta didik dapat menentukan pasal dalam UUD 1945 tentang bentuk kerjasama
dalam bidang ekonomi di masyarakat.
33.
Peserta didik dapat menyimpulkan
maksud dari beraneka ragam perbedaaan yang merupakan suatu tantangan di era globalisasi sekarang ini, tetapi disisi lain
keragaman tersebut merupakan potensi bangsa yang sangat besar.
34.
Peserta didik dapat memberikan contoh Kegiatan yang sesuai dengan manifestasi tekad
dan semangat Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.
35.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat mengidentifikasi bentuk partisipasi WNI dalam rangka pembelaan negara.
36.
Peserta didik dapat menganalisis komitmen, bahwa
pemilu lima tahunan merupakan komitmen terhadap keutuhan bangsa dan negara
Indonesia
37.
Dsajikan bunyi Ikrar Sumpah Pemuda, Peserta
didik dapat menganalisis semangat yang
terkandung dari isi Ikrar Sumpah Pemuda
tersebut
38.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menentukan sikap terhadap bangsa dan negara Indonesia
39.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menganalisis bentuk kerjasama masyarakat sebagai mahluk sosial
40.
Peserta didik dapat menganalisis, bahwa
keberagaman merupakan tantangan
sekaligus sebagai hambatan dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa
41.
Peserta didik dapat menyebutkan 4 ciri-ciri
Pancasila sebagai Ideologi terbuka!
42.
Peserta didik dapat menentukan 4 bentuk
keikutsertaan WNI dalam usaha pembelaan negara
menurut pasal 9 ayat 2 UU Nomor 3
tahun 2002!
43.
Peserta didik dapat memberikan 4 contoh perilaku
yang positif selaku pelajar yang baik untuk meningkatkan rasa cinta terhadap
tanah air dan bangsa Indonesia dilingkungan Sekolah
44.
Peserta didik dapat menyebutkan 3 (tiga) tugas
Mahkamah Konstitusi selaku lembaga negara seperti yang diatur dalam UUD 1945
45.
Peserta didik dapat menjelaskan tantangan dalam penerapan Pancasila di era reformasi !
Jawaban Soal Uraian:
41. Sebutkan 4 (empat) ciri-ciri dari
Pancasila sebagai Ideologi Terbuka!
1. Nilai dan cita-cita tidak dipaksakan
dari luar
2. Digali dari kekayaan budaya bangsa
3. Tidak saja dibenarkan tetapi
dibutuhkan
4. Isinya operasional
5. Milik rakyat
6. Bersifat dinamis dan reformis
42. Bentuk
keikutsertaan WNI dalam usaha pembelaan negara
menurut pasal 9 ayat 2 UU No. 3 tahun
2002!
1. Pendidikan Kewarganegaraan
2. Pelatihan Dasar Kemiliteran
3. Pengabdian sebagai prajurit TNI
4.
Pengabdian sesuai
dengan profesi
43. Cara siswa selaku pelajar yang baik
untuk meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia dilingkungan
Sekolah!
1. Menjaga nama baik Sekolah
2. Mentaati peraturan Tata Tertib Sekolah
3. Menjaga keamanan dan ketertiban Sekolah
4. Bergaul yang dilandasi oleh semangat Bhinneka
Tunggal Ika.
5. Menghormati dan menghargai warga Sekolah
6. Mengikuti dan melaksanakan program sekolah.
44. Tugas Mahkamah Konstitusi selaku
lembaga negara!
1. Menguji UU terhadap UUD 1945.
2. Membubarkan Partai Politik
3. Menyelesaikan sengketa Pemilu/Pilkada
4. Menyelesaikan sengketa antar lembaga
negara
45. Tantangan Penerapan Pancasila di era
reformasi:
1. Kebebasan yang kebablasan/berlebihan.
2. Menguatnya semangat
primordialisme/kedaerahan
3. KKN semakin meluas sampai ke daerah-daerah.
4. Kemerosotan Moral.
5. Sering terjadi tauran antar pelajar,
dan antar warga, sehingga adanya ancaman disintegrasi.
As stated by Stanford Medical, It is really the ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh 42 lbs less than we do.
BalasHapus(Just so you know, it really has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING related to "HOW" they are eating.)
BTW, I said "HOW", and not "what"...
Click this link to determine if this brief questionnaire can help you unlock your real weight loss possibilities