
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMPN 12 Mataram
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn)
VII / Ganjil
Perumusan dan
Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
6 x Pertemuan ( @ 3 JP x 40’ = 120
Menit )
|
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, me-ngurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Komptensi
A. Kompetensi
Dasar
|
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.3. Menghargai nilai
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.
|
1.3.1
Bersyukur
atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
|
1.3.2
Bangga
memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
2.3. Mengembangkan sikap
bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
|
2.3.1
Menghargai
peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
|
2.3.2 Memiliki sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan
dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
3.3. Menganalisis
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
|
3.3.1
Mendeskripsikan
perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua BPUPKI.
|
3.3.2 Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
|
|
3.3.3 Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia.
|
|
3.3.4 Mengidentifikasi nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
4.3. Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan
pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
4.3.1
Memiliki
tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara
utuh.
|
4.3.2 Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.
|
|
4.3.3 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan
semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Kompetensi Sikap Religius dan Sosial
Setelah mengikuti
proses pembelajaran siswa dapat :
1.
Melalui kegiatan tanya jawab peserta didik mampu mengucap rasa syukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan sungguh - sungguh
2.
Melalui kegiatan mengamati peserta didik mampu menunjukkan perilaku bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dengan baik
3.
Melalui kegiatan mengamati peserta didik mampu menunjukkan sikap menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan
pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan santun
4.
Melalui kegiatan diskusi serta praktik peserta didik mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan dalam
perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan tanggung
jawab.
5.
Melalui
kegiatan penugasan peserta
didik mampu menunjukkan sikap peduli terhadap
arti penting UUD Negara Republic Indonesia Tahun 1945 dengan penuh
tanggung jawab
Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan 1
1.
Setelah proses belajar mengajar selesai peserta didik
diharapkan dapat bersyukur atas
anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dengan membacakan Pembukaan UUD 1945 dengan tepat.
2.
Setelah proses belajar mengajar selesai peserta didik
diharapkan dapat menceritakan kembali nilai-nilai kesejarahan perumusan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 .
3.
Dengan mengamati gambar foto persidangan
BPUPKI, peserta didik diharapkan dapat menceritakan kembali
nilai-nilai kesejarahan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Pertemuan 2
1.
Dengan membaca buku paket peserta
didik mampu menyebutkan anggota BPUPKI dengan benar
2.
Dengan membaca buku paket peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan perumusan UUD Negara Republik Indonesia
dalam Sidang Kedua BPUPKI.
3.
Dengan membaca buku paket peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan proses pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
Pertemuan 3
1.
Dengan membaca buku paket peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan arti penting UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia
2.
Dengan membaca buku paket peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan nilai-nilai luhur UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dengan bangga
3.
Dengan membaca buku paket peserta
didik mampu menjelaskan peran tokoh
perumus UUD Negara republic Indonesia Tahun 1945 dengan baik
Pertemuan
4
1.
Dengan membaca buku paket peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan
dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.
Dengan membaca buku paket dan mengamati
tayangan video, peserta didik diharapkan mampu menunjukkan nilai
kesejarahan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.
Dengan membaca buku paket peserta
didik diharapkan mampu menunjukkan nilai kesejarahan pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
Pertemuan 5
1.
Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu
memiliki tanggungjawab
untuk
memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara utuh.
2.
Dengan membaca buku paket peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan peranan para pendiri Negara dalam perumusan
dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.
Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu
menampilkan perilaku perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan
dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pertemuan 6
1.
Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu
menyusun laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia .
2.
Dengan berdiskusi kelompok peserta didik diharapkan mampu
menyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.
3.
Dengan berdiskusi kelompok
peserta didik mampu menanggapi jawaban dari kelompok lain dengan penuh
tanggungg jawab
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
Pertemuan 1
UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
a. Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
Pembahasan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dilakukan dalam sidang
BPUPKI, sidang pertama pada 29 Mei – 1 Juni 1945 kemudian dilanjutkan pada
sidang kedua pada 10 – 17 Juli 1945. Dalam sidang pertama dibahas tentang Dasar
Negara sedangkan pembahasan rancangan Undang-Undang Dasar dilakukan pada sidang
yang kedua.
Pertemuan 2
b. Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Panitia
Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai lembaga yang menggantikan
BPUPKI, pada tanggal 18 Agustus 1945 melaksanakan sidang dengan salah satu
keputusannya adalah Mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Pertemuan 3
Arti
Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara
Indonesia
Kepatuhan
warga negara terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
akan mengarahkan kita pada kehidupan yang tertib dan teratur. Ketertiban dan
keteraturan dalam kehidupan bernegara akan mempermudah kita mencapai masyarakat
yang sejahtera.
Pertemuan 4
Arti
Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara
Indonesia
Kepatuhan
warga negara terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
akan mengarahkan kita pada kehidupan yang tertib dan teratur. Ketertiban dan
keteraturan dalam kehidupan bernegara akan mempermudah kita mencapai masyarakat
yang sejahtera.
Pertemuan
5
Peran
Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Dalam
Persidangan PPKI, para tokoh pendiri negara memperlihatkan kecerdasan,
kecermatan, ketelitian, tanggung jawab, rasa kekeluargaan, toleransi, dan penuh
dengan permufakatan dalam setiap pengambilan keputusan. Sikap patriotisme dan
rasa kebangsaan antara lain dapat diketahui dalam pandangan dan pemikiran
mereka yang tidak mau berkompromi dengan penjajah dan bangga sebagai bangsa
yang baru
merdeka.
Pertemuan 6
Peran
Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Dalam
Persidangan PPKI, para tokoh pendiri negara memperlihatkan kecerdasan,
kecermatan, ketelitian, tanggung jawab, rasa kekeluargaan, toleransi, dan penuh
dengan permufakatan dalam setiap pengambilan keputusan. Sikap patriotisme dan
rasa kebangsaan antara lain dapat diketahui dalam pandangan dan pemikiran
mereka yang tidak mau berkompromi dengan penjajah dan bangga sebagai bangsa
yang baru
merdeka.
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menyusun ringkasan otobiografi salah
satu tokoh perumus UUD 1945 misalnya ;
Ir Soekarno, Mr. Soepomo, Mr. Moh
Yamin, Moh Hatta, KH. Agus Salim, dll
3. Materi Pembelajaran Remidial
Pembelajaran ulang materi sesuai hasil analisis penilaian
yang belum tuntas :
a. Pembahasan
perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945
b. Arti
penting UUD NRI 1945 bagi bangsa Indonesia
c. Peran
tokoh perumus UUD NRI tahun 1945
E.
Metode Pembelajaran
Model
pembelajaran menggunakan discovery learning dan problem base learning
learning, metode diskusi
dengan model klarifikasi nilai dan Tanya jawab.
F.
Media Pembelajaran
1.
Gambar/Foto persidangan BPUPKI
2.
Gambar/Foto-foto pendiri negara
3. Kartu Pintar
yang berisi foto dan nama tokoh pendiri negara
G.
Sumber Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3.
Internet www.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik untuk mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar.
b.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional ”Hari
Merdeka”.
c.
Guru
melaksanakan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving dengan
peserta didik mengenai materi perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dan mengamati
gambar 3.1.
d.
Guru
membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.
Guru
menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta
didik.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a.
Guru
mengarahkan peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 5 sampai 6 orang.
b.
Guru
membimbing peserta didik mengamati gambar 3.2
tentang sidang dan mencatat hal-hal yang penting dan yang ingin
diketahui dalam gambar tersebut. Guru memberi penjelasan singkat tentang
gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaiatan dengan
perumusan Undang-Undang Dasar.
c.
Guru
menanamkan sikap teliti dan cermat dalam mengamati gambar kepada peserta didik.
d.
Guru
membimbing peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari
wacana yang berkaitan dengan Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
e.
Guru meminta
peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
1)
Kapan
undang-undang dasar dirumuskan oleh BPUPKI?
2)
Apa materi
sidang kedua BPUPKI II?
3)
Bagaimana
perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sidang BPUPKI?
f.
Guru meminta
peserta didik mencari informasi dengan melakukan kajian dokumen historis
tentang pendapat-pendapat anggota BPUPKI mengenai rumusan UUD Negara Republik
Indonesia tahun 1945. Dokumen historis dapat dicari melalui sumber belajar lain
seperti buku referensi lain dan internet.
g.
Dibimbing guru
peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah
diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
1)
Hubungan antar
Panitia Kecil.
2)
Perbedaan
pendapat dalam pembahasan materi undang-undang dasar.
3)
Persamaan
pendapat dalam pembahasan materi undang-undang dasar.
h.
Guru
membimbing Peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan perumusan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sidang kedua BPUPKI.
i.
Kelompok
menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas
lembaran.
j.
Guru
membimbing peserta didik secara kelompok menyampaikan hasil kajiannya tentang
Aktivitas 3.1.
3. Kegiatan Penutup (20
menit)
a. Peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b. Melaksanakan refleksi dengan peserta didik
atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan
yang akan dilakukan berkaitan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari
perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2) Apa
sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3) Apa manfaat yang diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana tindak lanjut akan kalian
lakukan?
5) Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c. Memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d. Tes tertulis dengan menggunakan soal yang
dibuat oleh guru.
e. Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya
dan memberikan tugas mempelajari materi Bab 3, Sub Bab A.
Pertemuan 2
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa
Satu Bangsa”.
c.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenai Perumusan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
d.
Guru
menyampaikan manfaat proses pembelajaran.
e.
Guru
menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta
didik.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a. Guru membimbing peserta
didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
b. Guru membimbing peserta
didik secara berkelompok mengkaji dokumen historis berupa nama-nama anggota BPUPKI dan bagaimana tempat duduk dalam
persidangan BPUPKI.
c. Guru meminta peserta
didik mengkaji dokumen historis berupa nama-nama anggota BPUPKI dan bagaimana tempat duduk dalam
persidangan BPUPKI.
d. Guru memberi penjelasan
singkat tentang gambar, apa makna gambar tempat duduk anggota BPUPKI dikaitkan
dengan nilai kebersamaan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia.
e. Guru membimbing peserta
didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan
dengan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
f. Dibimbing guru peserta
didik menyusun pertanyaan seperti :
1) Lembaga apa yang
menetapkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2) Bagaimana proses
penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
3) Apa yang dimaksud dengan
PPKI?
g. Guru memberi motivasi
dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun ertanyaan terbanyak dan sesuai
dengan indikator pencapaian kompetensi.
h. Guru membimbing peserta
didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah
disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas VII Bab 3, Bagian A,
juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan
internet.
i. Guru membimbing peserta
didik didasarkan dokumen historis tentang sidang BPUPKI mendiskusikan hubungan
atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1) Hubungan antar BPUPKI dan PPKI?
2) Makna penetapan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945?
3) Hubungan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dengan Proklamasi?
j. Guru membimbing peserta didik secara kelompok
untuk menyimpulkan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dala
sidang kedua BPUPKI.
k. Guru meminta kelompok menyusun laporan hasil
telaah tentang perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan
mengisi lembar Aktivitas 3.2.
l. Peserta didik secara berkelompok menyampaikan
hasil kajian di depan kelas.
3.
Kegiatan Penutup (20 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal
b.
Melaksanakan
refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah
dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan perumusan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan berikut.
i.
Apa manfaat yang
diperoleh dari mempelajari penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
1)
Apa sikap yang
kalian peroleh dari proses pembelajaran?
2)
Apa manfaat
yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
3)
Apa rencana
tindak lanjut akan kalian lakukan?
4)
Apa sikap yang
perlu dilakukan selanjutnya?
c.
Memberikan
umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.
Tes tertulis
dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
e.
Guru
menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi.
Pertemuan 3
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa
Satu Bangsa”.
c.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab dan problem solving mengenai Arti penting
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.
Guru
menyampaikan manfaat proses pembelajaran.
e.
Guru
menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta
didik.
2.
Kegiatan Inti (90 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk
dipertemuan pertama.
b.
Guru
membimbing Peserta didik secara berkelompok mengamati kelengkapan kelas
menyangkut kebersihan, kerapian, dan kelengkapan lambang Negara di kelas.
Apabila berbagai lambang Negara belum tersedia maka kelas membuat rencana untuk
pemenuhan semua kelengkapan kelas yang menyangkut lambing Negara.
c.
Guru
membimbing peserta didik mengkaji makna suasana lingkungan yang baik maka
suasana kelas akan baik.
d.
Guru
membimbing peserta didik mengkaji makna apabila sebuah Negara tidak memiliki
undang-undang dasar.
e.
Guru
membimbing peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari
wacana yang berkaitan dengan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
f.
Guru
membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti berikut ini.
1)
Apa manfaat
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan
negara?
2)
Apa akibat
bagi warga negara dan bangsa negara, apabila Indonesia tidak memiliki UUD?
g.
Guru memberi
motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
h.
Guru
membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas
VII Bab 3, bagian B, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku
referensi lain dan internet.
i.
Guru
membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
1)
Hubungan
manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa
dan negara?
2)
Hubungan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan keutuhan NKRI?
j.
Guru
membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti penting UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
k.
Guru membimbing
kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang arti penting UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dengan mengisi lembar Aktivitas 3.3.
l.
Guru
membimbing peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan
kelas.
3. Kegiatan Penutup (20
menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal.
b.
Melaksanakan
refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah
dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan arti penting UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
berikut.
1)
Apa manfaat
yang diperoleh dari mempelajari UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)
Apa sikap yang
kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)
Apa manfaat
yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)
Apa rencana
tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)
Apa sikap yang
perlu dilakukan selanjutnya?
c.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.
Tes tertulis
dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
e.
Guru
menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi
Bab 3, Sub Bab C.
Pertemuan 4
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar.
b.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa
Satu Bangsa” dengan hikmat.
c.
Guru
membimbing peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem
solving mengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.
Guru
membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.
Guru
menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta
didik.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk
dipertemuan pertama.
b.
Guru
membimbing kelompok yang sudah terbentuk mengkaji tentang isi UUD Negara
Republik Indonesia tahun 1945.
c.
Guru
membimbing peserta didik secara berkelompok membuat kajian tentang sikap
perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara.
d.
Guru meminta
peserta didik membuat simulasi bagaimana bersikap dan berperilaku sesuai dengan
UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
e.
Guru membimbing
peserta didik mendokumentasikan sikap dan perilaku sesuai dengan UUD Negara
Republik Indonesia tahun 1945.
f.
Guru
membimbing peserta didik secara berkelompok menyajikan hasil dokumentasi atau
mensimulasikan kembali sikap perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
g.
Guru
membimbing peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan
kelas.
3. Kegiatan Penutup (20
menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal.
b.
Melaksanakan
refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah
dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan arti penting UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
berikut ini.
1)
Apa manfaat
yang diperoleh dari mempelajari arti penting UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945?
2)
Apa sikap yang
kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)
Apa manfaat
yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)
Apa rencana
tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)
Apa sikap yang
perlu dilakukan selanjutnya?
c.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.
Guru
memberikan Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh
guru.
e.
Guru
menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi.
Pertemuan 5
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar.
b.
Guru
membimbing memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu
nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
c.
Guru
membimbing Peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem
solving mengenai peran tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
d.
Guru
membimbing Peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.
Guru
menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta
didik.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk
dipertemuan pertama.
b.
Guru
membimbing kelompok yang sudah terbentuk diberi nama tokoh-tokoh perumus UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
c.
Guru
membimbing Peserta didik secara berkelompok mengamati bagaimana karakter tokoh
tersebut dalam perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia tahun
1945.
d.
Guru
membimbing peserta didik membuat pertanyaan bagaimana karakter tokoh tersebut
dalam hal perjuangan kemerdekaan Indonesia.
e.
Guru
membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
1)
Bagaimana
latar belakang tokoh penyusun UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)
Apa saja
pemikiran tokoh pendiri Negara mengenai UUD Negara Republik Indonesia tahun
1945?
f.
Guru memberi
motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
g.
Guru
membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca mencari melalui sumber belajar
lain seperti buku referensi dan internet.
h.
Guru
membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1)
Peran perumus
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kaitannya dengan perjuangan
kemerdekaan Indonesia?
2)
Hubungan latar
belakang perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan semangat
kemerdekaan Republik Indonesia?
i.
Guru
membimbing kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan karakter
ketokohan perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
j.
Guru meminta
peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.
k.
Guru
membimbing Peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
3.
Kegiatan Penutup (20 menit)
a.
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab secara klasikal
b.
Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses
pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan
peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan berikut ini.
1)
Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari peran perumus UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
2)
Apa sikap yang
kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)
Apa manfaat
yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)
Apa rencana
tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)
Apa sikap yang
perlu dilakukan selanjutnya?
c.
Guru memberikan
umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.
Guru
menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi.
Pertemuan 6
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar.
b.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa
Satu Bangsa”.
c.
Guru
membimbing peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem
solving mengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.
Guru
membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
e.
Guru
menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta
didik.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik duduk sendiri-sendiri atau duduk secara klasikal.
b.
Peserta didik
mengerjakan penilaian sikap dengan rubric seperti di bawah ini.
c.
Guru memberi
motivasi dan penghargaan bagi siswa yang telah menjawab penilaian sikap secara jujur.
d.
Guru
membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang
sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
1)
Peran perumus
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kaitannya dengan sikap perilaku
seorang siswa?
2)
Hubungan
melaksanakan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan semangat seorang
siswa dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia?
e.
Guru
membimbing peserta didik secara individual menyampaikan hasil kajian di depan
kelas.
f.
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
3. Kegiatan Penutup (20
menit)
a.
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal.
b.
Melaksanakan
refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah
dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan peran perumus UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
berikut ini.
1)
Apa manfaat
yang diperoleh dari mempelajari peran perumus UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945?
2)
Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
3)
Apa manfaat
yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4)
Apa rencana
tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)
Apa sikap yang
perlu dilakukan selanjutnya?
c.
Guru Memberikan
umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.
Tes tertulis
dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
e.
Guru
menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi
Bab 4
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Sikap Spiritual
b. Sikap Sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
2. Instrumen Penilaian
Penilaian Sikap Spiritual
Teknik penilaian kompetensi sikap
dapat menggunakan observasi. Penilaian dilakukan secara terus menerus selama
proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan Jurnal
Perkembangan sikap.
Jurnal Pengamatan Sikap
Kelas : ...
Semester : ...
No
|
Tanggal
|
Nama Peserta Didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
T. Tangan Siswa
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
Sikap (antar teman)
Teknik
penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi, penilaian diri,
penilaian
antar teman.
Lembar Penilaian Antarteman
Nama
teman yang dinilai : ...........................
Nama
Penilai : ...........................
Kelas :
...........................
Semester
: ...........................
Petunjuk
:
...........................
Petunjuk
:
Berilah
tanda ceklist (V ) pada kolom 1 (tidak pernah), 2 (kadang-kadang), 3 (sering),
atau 4
(selalu) sesuai dengan keadaan teman kalian yang sebenarnya.
Penilaian
Sikap Antarteman
No
|
Pernyataan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Teman saya bertambah yakin akan kekuasaan Tuhan Yang
Maha Esa setelah memahami pengesahan UUD 1945.
|
|
|
|
|
2
|
Teman saya menjalankan ibadah agama yang dianut.
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan
Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia yang memiliki UUD NRI Tahun 1945.
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya mengakui kekeliruan dan kekhilafan yang
dilakukannya.
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya datang ke sekolah tepat waktu.
|
|
|
|
|
6
|
Teman saya mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu
yang ditentukan.
|
|
|
|
|
7
|
Teman saya menghormati teman yang berbeda pendapat
dalam bermusyawarah.
|
|
|
|
|
8
|
Teman saya melaksanakan hasil keputusan musyawarah
kelas meskipun berbeda dengan keinginannya.
|
|
|
|
|
9
|
Teman saya bekerja sama dengan siapapun di kelas
tanpa membeda-bedakan teman.
|
|
|
|
|
10
|
Teman saya bergaul tanpa membeda-bedakan teman.
|
|
|
|
|
11
|
Teman saya berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
luhur Pancasila.
|
|
|
|
|
12
|
Teman saya mendahulukan kepentingan bersama daripada
kepentingan pribadi.
|
|
|
|
|
13
|
Teman saya berperilaku santun kepada orang lain.
|
|
|
|
|
14
|
Teman saya berbicara sopan kepada orang lain.
|
|
|
|
|
15
|
Teman saya mengucapkan terima kasih setelah menerima
bantuan orang lain.
|
|
|
|
|
Penilaian
Pengetahuan
Teknik
penilaian kompetensi pengetahuan pada pertemuan pertama dengan mengobservasi
jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan Tanya jawab yang dilakukan
oleh guru.
Uji Kompetensi Pengetahuan
Uji
Kompetensi 3.1
1. Jelaskan
Tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI!
2. Siapa
tokoh tokoh dalam panitia perancang UUD
3. Jelaskan
Hubungannya adalah Panitia Kecil Perancang UUD dengan Panitia Perancang UUD
4. Jelaskan
jadwal dab isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI
5. Jelaskan Hasil sidang PPKI
tanggal 18 Agustus 1945.
6. Jelaskan sistematika UUD 1945
sebelum dilakukan perubahan.
7. Jelaskan Hubungan Piagam
Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945,
8. Jelaskan Sistem pemerintahan
menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Penilaian
pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai jawaban peserta
didik.
Penskoran diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria
skor
diantaranya sebagai berikut.
Skor 1
jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2
jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3
jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4
jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai = Skor Perolehan × 5
Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didikdalam presentasi,
kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan
argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta
mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang Perumusan UUD Negara
Republik Indonesia tahun 1945. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil
telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian
dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan
guru.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi
|
Memberi
Masukan/
Saran
|
Mengapresiasi
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda
ceklist (V)
Kategori Penilaian : 4 = sangat
baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor Perolehan × 50
2
Pedoman Penskoran (Rubrik)
No.
|
Aspek
|
Penskoran
|
1
|
Kemampuan Bertanya
|
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
|
2
|
Kemampuan Menjawab / Argumentasi
|
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional,
dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas.
|
3
|
Kemampuan
Memberi
Masukan
|
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
|
4
|
Mengapresiasi
|
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.
|
Kunci
Jawaban Uji Kompetensi
Uji
Kompetensi 3.1
1.
Tiga panitia kecil yang dibentuk
dalam sidang kedua BPUPKI!
a.
Panitia
perancang Undang-Undang Dasar, ketua Ir. Soekarno.
b.
Panitia
perancang kuangan dan perekonomian, ketua Mohammad Hatta.
c.
Panitia
perancang pembela tanah air, ketua Abikusno Tjokosoejoso.
2.
Panitia
perancang UUD membentuk panitia kecil yang diketuai oleh Soepomo dan panitia
penghalus bahasa yang terdiri dari Djajaningrat, Salim dan Soepomo.
3.
Hubungannya
adalah Panitia Kecil Perancang UUD yang dibentuk oleh Panitia Perancang UUD
melakukan pembahasan rancangan batang tubuh UUD dan melaporkan kembali hasil
pekerjaannya kepada ketua Panitia Perancang UUD, yaitu Ir. Soekarno.
4.
Isi materi
pembahsan sidang kedua BPUPKI :
a.
Pada tanggal
11 Juli 1945, membentuk tiga panitia kecil, yaitu panitia perancang UUD,
panitia perancang keuangan dan perekonomian, dan panitia perancang pembelaan
tanah air.
b.
Tanggal 14 Juli
1945, panitia perancang UUD melaporkan hasil pembahasannya.
c.
Tanggal 15
Juli 1945, anggota BPUPKI membahas rancangan UUD dari hasil panitia perancang
UUD.
d.
Tanggal 16
Juli 1945, naskah UUD diterima oleh seluruh anggota BPUPKI.
5.
Hasil
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
a. Mengesahkan UUD 1945.
b. Menetapkan Ir. Soekarno sebagai
Presiden RI, dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden RI.
c. Membentuk Komite Nasional
Indonesia Pusat.
6.
Sistematika
UUD 1945 sebelum dilakukan perubahan.
a. Pembukaan, terdiri dari 4 alinea.
b. Batang tubuh, terdiri dari 16 Bab,
37 pasal, 4 pasal aturan peralihan dan 2 ayat aturan tambahan.
c. Penjelasan, yaitu penjelasan umum
dan penjelasan pasal demi pasal.
7.
Hubungan
Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945, bahwa Pembukaan UUD 1945 yang
disahkan dan dilakukan perubahan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945 awalnya
merupakan naskah Piagam Jakarta yang telah disahkan dalam sidang kedua BPUPKI.
8.
Sistem
pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah
sistem permerintahan presidensil.
Penilaian
pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk menilai jawaban peserta didik.
Penskoran
diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor
diantaranya sebagai berikut.
Skor 1
jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2
jika jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3
jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4
jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai = Skor Perolehan × 5
Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam
presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan
argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran, serta
mengapresiasi pada saat menyampaikan hasil telaah tentang Perumusan UUD Negara
Republik Indonesia tahun 1945. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil
telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian
dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan
guru.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab/
Berargumentasi
|
Memberi
Masukan/
Saran
|
Mengapresiasi
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda
ceklist (V)
Kategori Penilaian : 4 = sangat
baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai
= Skor Perolehan × 50
2
Pedoman Penskoran (Rubrik)
No.
|
Aspek
|
Penskoran
|
1
|
Kemampuan Bertanya
|
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
|
2
|
Kemampuan Menjawab / Argumentasi
|
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional,
dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas.
|
3
|
Kemampuan
Memberi
Masukan
|
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
|
4
|
Mengapresiasi
|
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.
|
Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan menggunakan teknik portofolio untuk menilai hasil
telaah tentang pembentukan perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia tahun 1945. Instrumen portofolio mencakup aspek penyajian dan laporan
hasil telaah. Contoh intrumen penilaian portofolio dapat menggunakan format
penilaian Lembar Penilaian Penyajian dan Laporan Hasil telaah di bagian 1.
Uji Pemahaman
Peserta didik juga mengisi uji
pemahaman, peserta didik melakukan penilaian diri
atas pemahaman terhadap materi
pada Bab 3, dengan memberikan tanda ceklist (V)
pada kolom sangat paham, paham
sebagian, dan belum paham.
No
|
Submateri Pokok
|
Sangat
Paham
|
Sebagian
Paham
|
Belum
Paham
|
1
|
Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
a. Perumusan UUD Negara RI Tahun 1945
b. Pengesahan UUD Negara RI Tahun 1945
|
|
|
|
2
|
Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia
|
|
|
|
3
|
Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
|
|
|
|
2.
Pembelajaran
Remidial
-
Bentuk pembelajaran ulang, bimbingan
perorangan, belajar kelompok, tutor sebaya bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajar minimal sesuai hasil analisis hasil ulangan tentang
materi perumusan dan pengesahan UUD NRI 1945 dan peran tokoh dalam pengesahan
UUD NRI 1945
3.
Pembelajaran
Pengayaan
-
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai
ketuntasan belajar diberi tugas pengayaan berupa perluasan / pendalaman materi
/ kompetensi dalam bentuk tugas
mengerjakan soal soal, dengan tingkat kesulitan tingkat tinggi, meringkas buku
referensi, materi perumusan dan
pengesahan UUD NRI 1945 dan peran tokoh dalam pengesahan UUD NRI 1945
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Mustajib, S.Pd.
NIP. 19681231 199203 1 136
|
|
Mataram, 26
Juli 2017
Guru Mata Pelajaran PKn,
Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228
|
0 komentar:
Posting Komentar