
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMPN 12 Mataram
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
VII / Ganjil
Norma dan Keadilan
5 x Pertemuan ( @ 3 JP x 40’ = 120 Menit )
|
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
|
1.2.1
Berprilaku berimandalam pembelajaran norma dalam kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.2 Berperilaku syukuratas keberadaan norma dalam kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
|
2.2 Mematuhi norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
|
2.2.1 Berperilaku jujur sesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
2.2.2 Berperilaku disiplin sesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
2.2.3 Berperilaku tanggung jawab sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.4 Berperilaku toleransi sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.5 Berperilaku santun sesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
2.2.6 Berperilaku percaya diri dalam
melaksanakan norma-norma yang berlaku.
|
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
|
3.2.1 Mendeskripsikan pengertian norma
3.2.2
Mendeskripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
3.2.3 Mengidentifikasi perilaku sesuai norma.
3.2.4 Menguraikan pentingnya norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
3.2.5Mengklasifikasimacam-macam keadilan.
3.2.6Menguraikan
pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
|
4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
|
4.2.1 Menyajikan hasil telaah
pengertian dan macam-macam norma.
4.2.2Mempraktikkanperilaku menaati normadalam
lingkungan sekolah.
4.2.3Menyajikan hasil telaah arti
penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.2.4 Menyajikan hasil telaah
macam-macam keadilan
4.2.5 Menyajikan hasil telaah tentang
pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kompetensi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Pertemuan ke-1, 2, 3, 4 dan 5
Selama
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
1.2.1. Berperilaku beriman dalam pembelajaran norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsadan
bernegara.
1.2.2. Berperilakusyukuratas
keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat
berbangsadan bernegara.
2.2.1. Berperilaku jujursesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
2.2.2. Berperilaku disiplinsesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
2.2.3. Berperilaku tanggung jawabsesuai dengan norma-norma yang berlaku.
2.2.4. Berperilaku toleransi sesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
2.2.5. Berperilaku santun sesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
2.2.6. Berperilaku percaya diri dalam melaksanakan norma-norma yang berlaku.
2.2.7. Mendeskripsikan pengertian norma dengan bahasa sendiri secara tepat.
2. Kompetensi
Sikap Pengetahuan dan Ketrampilan
Pertemuan 1
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu:
3.2.1 Mendeskripsikanpengertian normadengan bahasa sendiri secara tepat.
3.2.2 Mendesripsikan macam-macam norma dalam kehidupan
bermasyarakat,berbangsa, dan
Bernegara denganbaik
4.2.1Menyajikan
hasil telaah pengertian dan macam-macam normadengan penuh
tanggung jawab
Pertemuan 2
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu:
3.2.3Mengidentifikasi perilaku sesuai
normayang berlaku dalam masyarakat dengan baik
4.2.2 Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolahdengan
sungguh sungguh
Pertemuan 3
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.4 Menguraikanarti
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegaradengan jelas
4.2.3 Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegarapenuh semangat
Pertemuan 4
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.4 Mengklasifikasimacam-macam keadilanbaik
4.2.4. Menyajikan hasil
telaah macam-macam keadilan jelas.
Pertemuan 5
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
3.2.5 Menguraikanpentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan
bernegaradengan baik
4.2.5Menyajikan
hasil telaah tentang pentingnya norma hukum dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegaradengantanggung jawab.
D. MATERI PELAJARAN
1. Materi Reguler
Pertemuan 1
a.
Pengertian norma.
Norma pada hakekatnya merupakan kaedah hidup yang mempengaruhi tingkah
laku manusia dalam hidup bermasyarakat. Norma adalah aturan atau ketentuan yang
mengatur kehidupan warga masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan
pengendali tingkah laku.
b.
Tujuan Norma.
Menjadi pedoman ,dasar, arahan dan tata tertib bagi anggota masyarakat
dimana norma itu berlaku agar tercipta masyarakat yang teratur dan tentran
serta terjadi keselarasan bagi setiap anggotanya agar dapat hidup aman dan
tentram.
c.
Fungsi Norma.
1. Menciptakan kenyamanan ,kemakmuran
serta kebahagian bagi anggotanya.
2. Menciptakan keselarasan hubungan bagi setiap anggotanya
3. Menjadi petunjuk bagaimana menjalin suatu hubungan antar anggota
4. Menciptakan suasana yang tertib dan tentram bagi anggotanya
d.
Macam-macam norma.
1) Norma agama adalah
peraturan hidup yang berisi perintah-perintah, larangan-larangan dan
ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan YME
2) Norma kesusilaan adalah
peraturan hidup yang bersumber dari suara hati sanubari manusia
3) Norma kesopanan adalah
peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan segolongan manusia
4) Norma hukum adalah
peraturan hidup yang dibuat oleh penguasa negara, bersifat memaksa dan
mempunyai sanksi yang tegas
Pertemuan 2
a.
Contoh prilaku yang sesuai dengan norma di masyarakat
·
Contoh perilaku norma agama
a. beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
b. dilarang mencuri,
c. berbuat baik kepada sesama umat manusia, tanpa membedah-bedahkan
d. patuh pada orang tua,
e.
jangan menipu,
dll.
·
Contoh perilaku yang melaksanakan
norma kesusilaan:
a. Tidak melecehkan orang lain
b. Tidak menghina orang lain
c. Jujur dalam setiap perkataan
dan perbuatan
d. Tidak mencontek ulangan,
e. Tidak mengambil hak orang lain,
dll.
·
Contoh perilaku norma kesopanan
a. Orang jawa harus menggunakan bahasa krama jika berbicara dengan orang yang lebih
tua.
b.
Berbicara
sopan,
c.
Meludah
tidak sembarangan,
d.
Masuk
kerumah orang lain dengan sopan dan permisih,
e.
Bersilaturohmi
pada hari raya idhul Fitri
f.
Mengucap
salam jika bertamu, dll.
·
Contoh perilaku norma hukum
a. Membayar pajak
b. Memakai helm ketika mengendarahi motor
c. Bersedia menjadi saksi,
d. Tidak berbuat KKN, dll.
Pertemuan 3
Aturan
dalam masyarakat memiliki arti penting bagi terciptanya ketertiban dan
keharmonisan masyarakat.
Agar
segala perbedaan tersebut tidak menimbulkan perpecahan dan ketidaktertiban
dalam masyarakat, dibuatlah peraturan atau norma. Fungsi aturan dalam masyarakat
antara lain :
1.
Pedoman dalam
bertingkah laku. Norma memuat aturan tingkah laku masyarakat dalam pergaulan
sosial.
2.
Menjaga
kerukunan anggota masyarakat. Norma mengatur agar perbedaan dalam masyarakat
tidak menimbulkan kekacauan atau ketidaktertiban.
3.
Sistem
pengendalian sosial. Tingkah laku anggota masyarakat diawasi dan dikendalikan
oleh aturan yang berlaku.
Pertemuan 4
Macam-macam keadilan
a. Keadilan distributif, yaitu suatu hubungan
keadilan antara negara terhadap warganya, dalam arti pihak negara yang wajib
memenuhi keadilan dalam bentuk keadilan membagi, dalam bentuk kesejahteraan,
bantuan, subsidi dan kesempatan hidup bersama yang didasarkan atashak dan
kewajiban.
b. Keadilan legal, yaitu hubungan keadilan antara
warga negara terhadapnegara dan pihak warga negara wajib memenuhi keadilan
dalam bentukmentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.
c. Keadilan komutatif, yaitu suatu hubungan keadilan
antara warga satudengan yang lainnnya secara timbal balik (Kaelan, 2004 :83).
Pertemuan 5
Pentingnya
norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara antara lain:
1.
Untuk
menciptakan keamanan, ketertiban dan ketentraman
2.
Untukmenghindari
terjadinya perselisihan.
3.
Untuk menjamin
kepastian hukum
2. Materi Pengayaan
Negara Indonesia merupakan Negara hukum.Seluruhwarga negara
harustaat dan tundukpada hukum yangberlaku. Ciri-ciri Negara hukum antara lain:
a. Terdapat
pengakuan serta juga perlindungan atas(HAM) Hak Asasi Manusia
b. Terdapat
juga peradilan yang bebas serta tidak memihak,
c.
Terdapat legalitas didalam
arti hukum.
Menaatinorma hukum yang berlakudalam
kehidupanbermasyarakat,berbangsa danbernegara akanmenciptakanketertiban
dankeadilan. Hal inisesuai dengantujuan dibentuknyahukum, yaituuntuk
menciptakanketertiban dankeadilan.
3. Materi Remidial
Macam-macam norma.
1.
Norma agama adalah peraturan hidup yang berisi
perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan
YME
2.
Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang bersumber dari
suara hati sanubari manusia
3.
Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang bersumber dari
pergaulan segolongan manusia
4.
Norma hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh
penguasa negara, bersifat memaksa dan mempunyai sanksi yang tegas
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific
Model :
Pertemuan 1 menggunakan Problem Based Learning
Pertemuan 2 menggunakan Problem Based Learning
Pertemuan 3 menggunakan Problem
Based Learning
Pertemuan 4 menggunakan Problem Based
Learning
Pertemuan 5 menggunakan Problem Based
Learning
Metode :
Klarifikasi nilai, Diskusi dan
Simulasi, Numbered Head Together, Picture and Picture, partisipasi
kewarganegaraan
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media
Gambar: Pelaksanaan norma agama, kesusilaan, kesopanan
dan hukum dan macam-macam kasusu keadilan di masyarakat
2. Alat/Bahan
Laptop dan LCD Proyektor
G.
SUMBER BELAJAR
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edisi Revisi.
Hal: 33-62. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Edisi Revisi. Hal: 85-112. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Media
internet. www.pengayaan.com.
·
Wawancara narasumber yang sesuai (Pemangku adat atau Kepolisian).
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELARAN
Pertemuan
ke – 1
Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa,
menanyakan kehadiran peserta didik,kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku
tulis, dan sumber belajar.
2. Peserta didik diberi motivasi dan
dibimbing untuk meneriakanyel taat norma (Yel telah dipersiapkan sebelumnya
oleh guru).
3. Guru melakukan apersepsi melalui
tanya jawab dan problem solving mengenaihakikat norma misalkan apa
pengertian norma? Guru memberikan apresiasi atasjawaban peserta didik.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar
dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik
melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
6.
Guru mengajak siswa untuk membaca buku penunjang yg relevan dengan materi
selama 15 menit.
7.
Guru
menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.
Kegiatan Inti ( 95 Menit)
1. Peserta didik dibimbing untuk
membentuk kelas menjadi beberapa kelompok,dengan jumlah anggota empat sampai
dengan lima peserta didik.
2. Peserta didik diminta mengamati
gambar yang berkaitan dengan norma.
3. Peserta didik diminta mencatat
hal-hal yang penting dan yang tidak diketahui dalam gambar tersebut.
4. Guru mengamati keterampilan peserta didik dalam mengamati
gambar tersebut.Setelah memperhatikan gambar tersebut, peserta didik
sesuai pembagiankelompok diberikan kesempatan bertanya tentang perilaku dari
gambar tersebutatau diwajibkan menjawab pertanyaan berikut.
a. Apa tanggapan kamu tentang gambar tersebut?
b. Apa yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut?
c. Jelaskan mengapa dalam kehidupan masyarakat masih
terjadi peristiwa tersebut?
d. Jelaskan bagaimana cara mengatasi agar permasalahan
tersebut tidak terulang!
5. Peserta didik dibimbing untuk
mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun
juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain.
6. Peserta didik dibimbing untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya,
seperti :
a.
Mengapa
manusia dalam kehidupannya perlu norma?
b. Bagaimana akibatnya jika norma tidak dipatuhi?
c. Bagaimana caranya agar norma dipatuhi oleh
masyarakat?
7. Peserta didik dibimbing untuk
secara kelompok untuk menyimpulkan pengertian norma, sumber-sumber norma,
macam-macam norma, dan sanksipelanggaran norma.
8.
Peserta
didik dimbing untuk menyusun laporan hasil telaah tentang pengertian norma dan
macam-macam norma secara tertulis. Laporan dapatberupa display, bahan
tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
9.
Peserta
didik dibimbing agar setiap kelompok menyajikan hasil telaah di kelas.Kegiatan
penyajian oleh kelompok dilakukan secara bergantian di depan kelas.Atau melalui
memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dan kelompok lainsaling
mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain.Peserta
didik dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah.
Kegiatan Penutup ( 10 Menit)
1. Peserta didik dibimbing untuk
menyimpulkan materi pembelajaran melaluitanya jawab secara klasikal.
2. Guru melakukan refleksi dengan
peserta didik atas manfaat proses pembelajaranyang telah dilakukan dan
menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitandengan pengertian norma dan
macam-macam norma serta meminta pesertadidik menjawab pertanyaan berikut.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari
pengertian norma dan macam-macamnorma bagi kalian?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telahdilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
3. Guru memberikan umpan balik atas
proses pembelajaran dan hasil laporanindividu.
4.
Guru
melakukan tes tertulis dengan membuat soal sendiri sesuai indikator pencapaian
kompetensi.
5.
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya.
Pertemuan ke – 2
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian
kelas, kesiapan buku tulis, serta sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi
dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagudaerah
3. Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenainorma
masyarakat yang telah dipelajari sebelumnya.
4. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5.
Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat
prosespembelajaran.
6.
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukanpeserta didik.
Kegiatan Inti
1. Peserta didikdibimbing
untuk berkelompok sesuai dengan kelompok yangdibentuk pada pertemuan pertama.
2. Peserta didik diminta
untuk mengkaji suatu
masalah yang disampaikan gurutentang pelaksanaan
norma dimasyarakat.
3. Peserta didik dibimbing
secara kelompok untuk mengidentifikasipertanyaan berkaitan dengan isu publik
tentang norma yang berlaku dalammasyarakat.
4. Peserta didik dibimbing
untuk menyusun pertanyaan agar terarah sesuaidengan indikator pencapaian
kompetensi, seperti contoh berikut ini.
a. Apa saja norma yang masih berlaku dalam
masyarakat?
b. Pelaksanaan norma apa yang sering
menjadi perhatian masyarakat?
c. Bagaimana tata cara norma tersebut
dalam masyarakat?
d. Siapa yang terlibat dalam pelaksanaan
norma tersebut?
e. Apa sanksi apabila terjadi pelanggaran
terhadap norma tersebut?
5. Guru memberi motivasi
dan penghargaan bagi kelompok yang menyusunpertanyaan terbanyak dan sesuai
dengan indikator pencapaian kompetensi.
6. Setiap kelompok
dibimbing untuk melakukan pengamatan dari berbagaimedia tentang pelaksanaan
norma di masyarakat.
7. Guru memfasilitasi
peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku, penunjang atau internet.
8. Peserta didik dibimbing untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagaiinformasi yang sudah diperoleh sebelumnya,
seperti berikut ini.
a. Hubungan berbagai norma yang berlaku.
b. Persamaan dan perbedaan berbagai norma yang
berlaku.
c. Membandingkan berbagai sanksi norma yang berlaku.
9. Peserta didik dibimbing secara kelompok
untuk menyimpulkan normayang berlaku dalam masyarakat.
10. Guru membimbing kelompok untuk
menyajikan simulasi salah satu normayang berlaku dalam masyarakat. Agar lebih
terarah, norma yang disimulasikanberbeda antarkelompok. Guru dapat membimbing
pembagian tema simulasitersebut.
11. Peserta didik dibimbing untuk
menyusun laporan hasil pengamatan secaratertulis. Laporan dapat berupa display,
bahan tayang, maupun dalam bentukkertas lembaran.
12. Guru membimbing setiap kelompok
untuk menyajikan laporan dalam bentukpameran kelas.
13. Guru membimbing setiap kelompok
untuk menyajikan simulasi norma yangberlaku dalam masyarakat.
14. Selama simulasi, kelompok lain
mengamati dan menilai penyajian simulasi.
15. Setelah simulasi guru memberi
kesempatan beberapa kelompok menyampaikanhasil pengamatanterhadap pelaksanaan
simulasi.
Kegiatan Penutup
1. Peserta didik diminta melakukan
refleksi atas manfaat proses pembelajaranyang telah dilakukan dan menentukan
tindakan yang akan dilakukan berkaitandengan norma dalam masyarakat. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan-pertanyaanberikut ini.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari norma
dalam masyarakatbagi kalian?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telahdilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?(analisis dan evaluasi proses penyelesaian
masalah)
2.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporanindividu.
3.
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya
Pertemuan ke – 3
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa,
mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian kelas, kesiapan buku
tulis, serta sumber belajar.
2. Guru melakukan apersepsi melalui
tanya jawab dan problem solving mengenaihakikat norma misalkan apa
pengertian norma agama? Guru memberikan apresiasiatas jawaban peserta didik.
3. Guru menyampaikan kompetensi dasar
dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
4.
Guru
membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat
prosespembelajaran.
5.
Guru
menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.
Kegiatan Inti
1. Guru membentuk kelas menjadi
beberapa kelompok dan setiap peserta didik mendapatkannomor.
2. Guru memberikan tugas arti penting
norma dalam mewujudkan keadilan danmasing-masing kelompok mengerjakannya.
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan setiap kelompok mengerjakannya/ mengetahui jawabannya.
4. Guru memanggil salah satu nomor
peserta didik untuk melaporkan hasil kerja mereka.
5. Peserta didiklain memberi
tanggapan.
6. Guru menunjuk nomor yang lainnya
untuk kelompok berikutnya.
7. Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan hubungan atas berbagaiinformasi yang sudah diperoleh sebelumnya.
8. Guru membimbing peserta didik
secara kelompok untuk menyimpulkan arti
penting norma hukum dalam mewujudkan keadilan di masyarakat.
9.
Guru
membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang arti penting
normahukum dalam kehidupan masyarakat secara tertulis. Laporan dapatberupa display,
bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
10. Guru membimbing setiap kelompok
untuk menyajikan hasil telaah di kelas.Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok
secara bergantian di depan kelas.Atau melalui memajang hasil telaah (display)
di dinding kelas dan kelompok lainsaling mengunjungi dan memberikan komentar
atas hasil telaah kelompok lain.Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian
sesuai kondisi sekolah. Usahakanbentuk kegiatan mengomunikasikan bervariasi
dengan pertemuan sebelumnyaagar peserta didik tidak bosan.
Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran melaluitanya jawab secara klasikal.
2. Guru melakukan refleksi dengan
peserta didik atas manfaat proses pembelajaranyang telah dilakukan dan
menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitandengan arti penting norma
dalam masyarakat dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaanberikut ini.
a. Apa arti pentingnya norma dalam kehidupan
bermasyarakat?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3. Guru memberikan umpan balik atas
proses pembelajaran dan hasil laporanindividu, dan melakukan tertulis dengan
soal yang dipersiapkan guru.
4. Guru menjelaskan rencana kegiatan
pertemuan berikutnya dan menugaskanpeserta didik
Pertemuan ke – 4
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa,
mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian kelas, kesiapan buku
tulis, serta sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi melalui
bernyanyi lagu nasional atau daerah.
3. Guru melakukan apersepsi melalui
tanya jawab mengenai materi sebelumnya tentang macam-macam norma dan arti
penting norma.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar
dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik
melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.
Kegiatan Inti
1. Peserta didik diminta untuk
membentuk kelompok
2. Peserta didik menyimak tayangan
video tentang kasus hukum dalam masyarakat
3. Setelah peserta didik
mengamatitayangan video tersebut, kemudian guru dapat menambahkanpenjelasan
sekilas tentang berbagai peristiwa terbaru yang terjadi dalamlingkungan peserta
didik.
4. Gurumeminta peserta didik
mendiskusikan permasalahan yang berhubungan dengan tayangan tadi (dari siswa
atau guru) seperti di bawah ini:
a. Mengapamasih sering terjadi
kasus ketidakadilan dalam masyarakat (khususnya dalam penegakan hukum)!
b. Apa upaya-upaya yang dapat
dilakukan agar hukum bisa ditegakkan dengan baik!
c. Uraikan tujuan dibuatnya hukum!
d. Sebutkan alat-alat perlengkapan
negara (alat penegak hukum) beserta tugasnya!
5. Peserta didik dibimbing untuk
mendiskusikan permasalahan yang sudah ada dengan mencari sumber informasi dari
buku pelajaran, buku penunjang, dan guru sendiri.
6. Peserta didik diminta
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergiliran dan kelompok lain
memberikan tanggapan
7. Peserta didik mendokumentasikan
hasil diskusi yang yangtelah ditampilkan
menjadi proyek kelas.
8. Guru membimbing kelompok untuk
menyimpulkan tentang macam-macam keadilan dalam masyarakat
Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Guru melakukan refleksi
pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawabtentang hal yang sudah
dipelajari, manfaat pembelajaran, serta perubahan sikapyang perlu dilakukan.
3. Guru memberikan penilaian proses
dan umpan balik atas proses pembelajaran.
4. Guru menjelaskan kegiatan minggu
berikutnya dan untuk melaksanakan praktikkewarganegaraan.
Pertemuan ke – 5
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan
psikis peserta didik untuk mengikutipembelajaran dengan melakukan berdoa,
mengecek kehadiran peserta didik, kebersihandan kerapian kelas, kesiapan buku
tulis, serta sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi melalui
bernyanyi lagu nasional atau daerah, bermain,atau bentuk lain sesuai kondisi
sekolah.
3. Guru melakukan apersepsi melalui
tanya jawab mengenai macam-macam keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar
dan indikator pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik
melalui tanya jawab tentang manfaat prosespembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukanpeserta didik.
Kegiatan Inti
1. Peserta didik secara bersama
(proyek kelas) menentukan tema sikap dan perilakumenaati norma hukum.
2. Guru meminta peserta didik
mengamati berbagai peristiwa kepatuhan danketidakpatuhan masyarakat terhadap
norma, kemudian guru dapat menambahkanpenjelasan sekilas tentang berbagai
peristiwa terbaru yang terjadi dalamlingkungan peserta didik.
3. Guru meminta kelompok untuk
menentukan satu topik masalah berkaitandengan arti penting menaati norma hukum,
seperti tentang berperilaku di jalan raya,atau topik lain sesuai dengan
lingkungan peserta didik.
4. Peserta didik mendiskusikan tentang
pentingnya menaati norma dalam masyarakat.
5. Peserta didik mendiskusikan bentuk
perilaku menaati norma dan kemudian membuatgerakan untuk menaati norma.
6. Peserta didik mendemonstrasikan
bentuk-bentuk perilaku menaati norma hukum.
7.
Peserta
didik mendokumentasikan bentuk-bentuk perlaku menaati normahukum yangtelah
ditampilkan menjadi proyek kelas.
8.
Guru
membimbing kelompok untuk menyimpulkan tentang arti penting normahukum dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Guru melakukan refleksi
pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawabtentang hal yang sudah
dipelajari, manfaat pembelajaran, serta perubahan sikapyang perlu dilakukan.
3. Guru memberikan penilaian proses
dan umpan balik atas proses pembelajaran.
4. Peserta didik diminta untuk membaca
materi pertemuan selanjutnya
I.
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik : Observasi dan Jurnal
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi dan lembar jurnal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1
|
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
|
Berdoa sebelum/sesudah melakukan sesuatu
|
1
|
Bersyukur atas karunia Tuhan
|
1
|
||
Salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
1
|
||
Mengungkapkan kebesaran Tuhan YME
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
2.
Sikap sosial
a.
Teknik : Observasi (pertemuan 1;2;3,4) dan Penilaian sejawat (pertemuan ke-5)
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi dan jurnal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1
|
Disiplin
|
Ø Masuk kelas tepat waktu
Ø Mengumpulkan tugas tepat waktu
Ø Memakai seragam sesuai tata tertib
Ø Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
1
|
2
|
Jujur
|
Ø Tidak menyontek dalam ulangan harian
Ø Mengungkapkan perasaan apa adanya
Ø Membuat laporan berdasarkan data apa adanya
Ø Tidak menjadi plagiat
|
1
|
3
|
Percaya diri
|
Ø Tidak ragu-ragu dalam memberikan pendapat
Ø Berani presentasi di depan kelas.
Ø Mampu membuat keputusan sendiri dengan cepat.
Ø Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan
|
1
|
4
|
Tanggung jawab
|
Ø Melaksanakan tugas individu dengan baik
Ø Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Ø Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat.
Ø Mengembalikan barang yang dipinjam.
Ø Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
3.
Pengetahuan
a. Teknik :
Tes tertulis dan penugasan (Aktivitas …….. dalam Buku PPKn Kelas
VII halaman ….)
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi :
Pertemuan ke-1
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan
pengertian norma
|
Di
dalam kehidupan bermasyarakat, kita tidak bisa lepas dari aturan atau norma. Jelaskan
apa yang dimaksud norma!
|
2
|
Menjelaskan
macam-macam norma
|
Kehidupan
tidak bisa diatur dengan satu macam norma saja. Jelaskan macam-macam norma
yang berlaku dalam masyarakat!
|
3
|
Menjelaskan
tujuan dibuatnya norma
|
Setiap
kegiatan manusia pasti memiliki tujuan, demikian juga dengan pembuatan suatu
norma, maka jelaskan apa tujuan dari dibuatnya norma!
|
4
|
Menjelaskan
sumber norma
|
Norma
tidak hanya bersumber dari satu sumber, tetapi terdiri dari beberapa sumber. Jelaskan
sumber dari masing-masing norma!
|
Pertemuan ke-2
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan
contoh perilaku sesuai norma agama!
|
Sebagai
manusia yang beragama kita harus mentaati norma agama yang ada. Berikan contoh
perilaku yang sesuai dengan norma agama!
|
2
|
Menjelaskan
contoh perilaku sesuai norma kesusilaan!
|
Untuk
dapat hidup rukun dan tentram dalam bermasyarakat kita memiliki norma
kesusilaan. Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma kesusilaan!
|
3
|
Menjelaskan
contoh perilaku sesuai norma kesopanan!
|
Sebagai
makhluk sosial, manusia dituntut untuk dapat menjaga sikap sesuai dengan
norma kesopanan, agar dapat diterima dalam masyarakat. Berikan contoh
perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan!
|
4
|
Menjelaskan
contoh perilaku sesuai norma hukum!
|
Norma
hukum dibuat untuk menciptakan keamanan dan keadilan dalam masyarakat.
Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma hukum!
|
Pertemuan ke-3
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan
arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
|
Adanya norma dalam masyarakat dianggap sangat penting. Jelaskan arti
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat!!
|
2
|
Menjelaskan
manfaat adanya norma agama
|
Norma agama dianggap penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena
memiliki beberapa manfaat. Jelaskan manfaat norma agama bagi diri pribadi,
masyarakat, bangsa dan negara!
|
3
|
Menjelaskan
manfaat adanya norma kesusilaan
|
Norma kesusilaan dibuat tentunya dengan tujuan dan manfaat tertentu.
Jelaskan manfaat norma kesusilaan bagi diri pribadi, masyarakat, bangsa dan
negara!
|
4
|
Menjelaskan
manfaat adanya norma kesopanan
|
Norma kesopanan memiliki beberapa manfaat baik untuk pribadi,
masyarakat, bangsa atau negara. Jelaskan manfaat norma kesopanan bagi diri
pribadi, masyarakat, bangsa dan negara!
|
5
|
Menjelaskan
manfaat adanya norma hukum
|
Norma hukum dibuat dengan memiliki berbagai manfaat. Jelaskan manfaat
norma hukum bagi diri pribadi, masyarakat, bangsa dan negara!
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
Pertemuan ke-4
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan
pengertian keadilan distributif
|
Agar terjadi keseimbangan antara hak dan kewajiban, maka perlu
adanya keadilan distributif, Jelaskan Pengertian keadilan distributif!
|
2
|
Menjelaskan
pengertian keadilan Legal
|
Agar terjadi ketentraman di suatu negara, setiap warga negara wajib
mentaati eraturan negara yang disebut dengan keadilan legalitas, Jelaskan pengertian
keadilan Legal!
|
3
|
Menjelaskan
pengertian keadilan komutatif
|
Setiap warga negara agar bisa hidup tentram maka perlu adanya
keadilan komutatif. Jelaskan pengertian keadilan komutatif!
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
Pertemuan ke-5
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan
arti pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat
|
Agar warga negara bisa diperlakukan secara adil, harus diberlakukan
norma hukum. Jelaskan arti pentingnya norma hukum dalam kehidupan
bermasyarakat!!
|
2
|
Menjelaskan
contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan keluarga
|
Setiap keluarga perlu ditanamkan norma hukum.Sebutkan 3 contoh
pelaksanaan norma hukum di lingkungan keluarga!
|
3
|
Menjelaskan
contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan sekolah
|
Agar setiap siswa mengerti hukum, maka perlu dilakukan pengenalan
norma hukum di lingkungan sekolah.Sebutkan 3 contoh pelaksanaan norma hukum
di lingkungan sekolah!
|
4
|
Menjelaskan
contoh pelaksanaan norma hukum di lingkungan masyarakat
|
Setiap anggota masyarakat harus paham norma hukum. Sebutkan 3 contoh
pelaksanaan norma hukum di lingkungan masyarakat!
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
4.
Keterampilan
a.
Teknik : Portofolio
b.
Bentuk
Instrumen : Check list
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Aspek
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
1
|
Penyajian
|
Ø Menanya/menjawab
Ø Argumentasi
Ø Bahan tayang/displai
|
1
|
2
|
Laporan
|
Ø Isi laporan
Ø Penggunaan bahasa
Ø Estetika
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran ...
J. PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
·
PEMBELAJARAN REMIDIAL
Macam-macam
norma.
1.
Norma agama adalah peraturan hidup yang berisi
perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan
YME
2.
Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang bersumber dari
suara hati sanubari manusia
3.
Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang bersumber dari
pergaulan segolongan manusia
4.
Norma hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh
penguasa negara, bersifat memaksa dan mempunyai sanksi yang tegas
· PEMBELAJARAN
PENGAYAAN
Negara
Indonesia merupakan Negara hukum. Seluruh warga negara harus taat dan tunduk
pada hukum yang berlaku. Ciri-ciri Negara hukum antara lain:
1. Terdapat
pengakuan serta juga perlindungan atas(HAM) Hak Asasi Manusia
2. Terdapat
juga peradilan yang bebas serta tidak memihak,
3. Terdapat
legalitas didalam arti hukum.
Menaati
norma hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa danbernegara
akan menciptakan ketertiban dan keadilan. Hal ini sesuai dengan tujuan
dibentuknya hukum, yaitu untuk menciptakan ketertiban dan keadilan.
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Mustajib, S.Pd.
NIP. 19681231 199203 1 136
|
|
Mataram, 26
Juli 2017
Guru Mata Pelajaran PKn,
Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228
|
0 komentar:
Posting Komentar