( RPP )
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMPN 12
Mataram
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
IX / Ganjil
Dinamika perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
11 x Pertemuan ( 33 JP, @ 3 x 40’ = 120
Menit)
|
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukan keterampilan menalar, mengolah
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaborasi dan
komunikatif dalam ranah konkret dan
ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1
Mensyukuri perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
· Mensyukuri
perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang
Maha Esa
|
2.1
Menunjukkan sikap bangga akan tanah
air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
|
· Menunjukkan
sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara
|
3.1
Membandingkan antara peristiwa dan
dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
· Mendeskripsikan
pengertian dinamika
· Mendeskripsikan
ancaman merubah Pancasila sebagai dasar negara
· Mendeskripsikan
usaha-usaha untuk merubah Pancasila sebagai dasar negara
· Menjelaskan
dinamika nilai nilai Pancasila
· Menjelaskan perwujudan
nilai-nilai Pancasila sesuai berkembangan jaman dalam berbagai kehidupan
|
4.1
Merancang dan melakukan penelitian
sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait
penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
· Menyusun dan
menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab
· Mensimulasikan
peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara
|

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mensyukuri
perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
·
Menunjukkan
sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara
·
Mendeskripsikan
pengertian dinamika
·
Mendeskripsikan
ancaman merubah Pancasila sebagai dasar negara
·
Mendeskripsikan
usaha-usaha untuk merubah Pancasila sebagai dasar negara
·
Menjelaskan dinamika nilai-nilai Pancasila
·
Menjelaskan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai berkembangan
jaman dalam berbagai kehidupan
·
Menyusun dan
menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab
·
Mensimulasikan
peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara
D. Materi Pembelajaran
Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
·
Penerapan
Pancasila dari masa kemasa
·
Dinamika
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman
·
Langkah-langkah
perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam berbagai
kehidupan
E. Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD, Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocus
G. Sumber Belajar
·
Buku PPKn Siswa
Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi
yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
A. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap
menggunakan teknik penilaian pengamatan sikap. Pedoman pengamatan sikap dapat
menggunakan format :
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas :
…
Hari,
Tanggal : …
Pertemuan
Ke - : …
Materi
Pokok : …
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Aspek
Penilaian*
|
||||
Mensyukuri
Pancasila
|
Menghargai
Jasa Pahlawan
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
Kerjasama
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Aspek yang
dinilai dapat disesuaikan dengan materi
Skor
penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu :
· Skor 1 apabila
peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
· Skor 2 apabila
peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
· Skor 3 apabila
peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
· Skor 4 apabila
peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.
2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan dengan
mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan tanya jawab
yang dilakukan oleh guru.
Instrumen
Observasi Pengetahuan
Kelas : .......................
Semester : .......................
Pengetahuan yang dinilai :
(Materi
Pertama)………………………………………………………………………………
(Materi
Kedua)...………………………………………………………………………………
(Materi Ketiga)…...……………………………………………………………………………
dst.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Jawaban Peserta Didik
|
|||
Menjawab Saja
|
Mendefinisikan
|
Mendefinisikan
dan Sedikit Uraian
|
Mendefinisikan
dan Penjelasan
Logis
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Observasi pengetahuan peserta didik
dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang
dalam diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal
100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
·
Skor
1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
·
Skor
2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
·
Skor
3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
·
Skor
4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai = Skor
Perolehan × 25
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru
dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya,
kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok,
kemampuan dalam memberikan masukan/ saran, serta mengapresiasi pada saat
menyampaikan hasil telaah tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di
bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan
dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.
No
|
Nama Peserta Dididk
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab/ Berargumentasi
|
Memberi Masukan/ Saran
|
Mengapresiasi
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
(√)
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3
= baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai
= Skor Perolehan × 50
2
Pedoman
Penskoran (Rubrik)
No.
|
Aspek
|
Penskoran
|
1
|
Kemampuan
Bertanya
|
Skor 4
apabila selalu bertanya.
Skor 3
apabila sering bertanya.
Skor 2
apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan
Menjawab/ Argumentasi
|
Skor 4
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2
apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1
apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
|
3
|
Kemampuan
Memberi Masukan
|
Skor 4
apabila selalu memberi masukan.
Skor 3
apabila sering memberi masukan.
Skor 2
apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
|
4
|
Mengapresiasi
|
Skor 4
apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3
apabila sering memberikan pujian.
Skor 2
apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.
|
4. Pengayaan
Kegiatan
pembelajaran pengayaan diberikan kepada siswa yang telah menguasai materi.
Bentuk pengayaan dapat dilakukan dengan antara lain sebagai berikut.
a. Guru memberikan
tugas untuk mempelajari lebih lanjut tentang materi pokok dari berbagai sumber
dan mencatat hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan
tertulis atau membacakan di depan kelas.
b. Peserta didik
membantu peserta didik lain yang belum tuntas dengan pembelajaran tutor sebaya.
5. Remedial
Remedial
dilaksanakan untuk siswa yang belum menguasai materi dan belum mampu memahami
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. Kegiatan remedial
dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah
tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila peserta didik yang sudah tuntas lebih
dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan dengan :
a. Mengulang materi
pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas,
b. Memberikan
penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas,
c.
Memberikan
kesempatan untuk tes perbaikan.
Perlu
diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali adalah materi pokok
atau keterampilan yang berdasarkan analisis belum dikuasai oleh peserta didik.
Kegiatan remedial bagi kompetensi sikap dilakukan dalam bentuk pembinaan secara
holistis, yang melibatkan guru bimbingan konseling dan orang tua.
6. Interaksi Guru dan Orang Tua
Interakasi
guru dengan orang tua dapat dilakukan melalui beberapa langkah antara lain
sebagai berikut. (1) Guru meminta kerjasama dengan orang tua untuk mendampingi
peserta didik mempersiapkan sosiodrama. (2) Guru meminta peserta didik
memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/ dikomentari guru kepada
orang tuanya. Kemudian orang tua mengomentari hasil peker jaan siswa. Orang tua
dapat menuliskan apresiasi kepada anak sebagai bukti perhatian mereka agar anak
senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil penilaian
yang telah diparaf guru dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio
siswa
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Mustajib, S.Pd, M.Pd.
NIP. 19681231 199203 1 136
|
|
Catatan
Kepala Sekolah :
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar