( RPP )
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMPN 12
Mataram
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
IX / Ganjil
Kedaulatan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
5 x Pertemuan ( 15 JP, @ 3 x 40’ = 120
Menit)
|
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukan keterampilan menalar, mengolah
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaborasi dan
komunikatif dalam ranah konkret dan
ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.3
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
|
· Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
|
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab
dalam mendukung bentuk dan kedaulatan negara
|
· Menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam mendukung bentuk dan kedaulatan negara
|
3.3
Memahami ketentuan tentang bentuk dan
kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
|
· Memahami hakekat dan teori
tentang Kedaulatan
· Menganalisis bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
· Menyimpulkan tentang
prinsip-prinsip kedaulatan dengan penerapan kedaulatan yang sesuai dengan UUD
Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945
· Menganalisis penerapan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik
Indonesia tahun 1945
|
4.3
Memaparkan penerapan tentang bentuk
dan kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945
|
· Menyajikan hasil telaah
tentang kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia
tahun 1945 dengan penuh rasa tanggung jawab
· Mensimulasikan pemilihan
ketua RT/Bupati
|

C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas bentuk dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mendukung
bentuk dan kedaulatan Negara
3. Memahami hakekat dan teori tentang Kedaulatan
4. Menganalisis bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 2015
5. Menyimpulkan tentang prinsip-prinsip kedaulatan dengan
penerapan kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia
tahun 1945
6. Menganalisis penerapan prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
7. Menyajikan hasil telaah tentang kedaulatan yang sesuai
dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 dengan penuh rasa
tanggung jawab
8. Mensimulasikan pemilihan ketua RT/Bupati
D.
Materi
Pembelajaran
Kedaulatan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
1.
Hakekat dan
teori tentang Kedaulatan
2. Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
3. Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
4. Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop &
infocus
G.
Sumber Belajar
·
Buku PPKn Siswa
Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi
yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (3 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
·
Lembar kerja materi Hakekat dan teori
tentang Kedaulatan
|
|||
·
Pemberian contoh-contoh materi Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb
|
|||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Hakekat dan teori tentang Kedaulatan
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Hakekat dan teori tentang
Kedaulatan
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Hakekat dan teori tentang Kedaulatan sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Hakekat dan teori tentang
Kedaulatan
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada
yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Hakekat dan
teori tentang Kedaulatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Hakekat dan
teori tentang Kedaulatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Hakekat dan teori tentang Kedaulatan yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Hakekat dan teori tentang
Kedaulatan
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Hakekat dan teori tentang Kedaulatan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan
Ke-2 (3 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
· Lembar
kerja materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
|||
· Pemberian
contoh-contoh materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 2015
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
|||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Bentuk Kedaulatan yang sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 2015
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun
2015 yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 2015
yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 2015 yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 2015 yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 2015
sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun
2015 yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 2015
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 2015 dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 yang akan
selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 2015 yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Bentuk Kedaulatan yang
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 2015
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015 kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan
Ke-3 (3 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
· Lembar
kerja materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945
|
|||
· Pemberian
contoh-contoh materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945 untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
|||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara
Republik Indonesia tahun 1945
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945 yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945 yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang DasaNegara Republik
Indonesia tahun 1945 yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang DasaNegara Republik
Indonesia tahun 1945 yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945 sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
DasaNegara Republik Indonesia tahun
1945 yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara
Republik Indonesia tahun 1945
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang DasaNegara Republik
Indonesia tahun 1945 dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 yang akan
selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang DasaNegara Republik
Indonesia tahun 1945 yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara
Republik Indonesia tahun 1945
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang DasaNegara Republik Indonesia tahun 1945 kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Pertemuan
Ke-4 (3 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
· Lembar
kerja materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
|||
· Pemberian
contoh-contoh materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
|||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Melaksanakan prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sesuai dengan
pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Melaksanakan prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 1945 berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945 yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang
akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Melaksanakan prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945 berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Melaksanakan prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
5.
|
Pertemuan
Ke-5 (3 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
· Lembar
kerja materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan
NKRI
|
|||
· Pemberian
contoh-contoh materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi
Kemerdekaan NKRI untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
|
|||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi
Kemerdekaan NKRI
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Semangat Kebangsaan dalam
Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi
Kemerdekaan NKRI yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi
Kemerdekaan NKRI yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI yang
sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan
dan Mengisi Kemerdekaan NKRI yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan
Mengisi Kemerdekaan NKRI yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan
NKRI sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi
Kemerdekaan NKRI yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Semangat Kebangsaan dalam
Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan
dan Mengisi Kemerdekaan NKRI dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Semangat
Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan
dan Mengisi Kemerdekaan NKRI yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Semangat Kebangsaan dalam
Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Semangat Kebangsaan dalam Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan NKRI
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap
menggunakan teknik penilaian pengamatan sikap. Pedoman pengamatan sikap dapat
menggunakan format :
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : …
Hari,
Tanggal : …
Pertemuan
Ke - : …
Materi
Pokok : …
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Aspek
Penilaian*
|
||||
Mensyukuri
Pancasila
|
Menghargai
Jasa Pahlawan
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
Kerjasama
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Aspek yang
dinilai dapat disesuaikan dengan materi
Skor
penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu :
· Skor 1 apabila
peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
· Skor 2 apabila
peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
· Skor 3 apabila
peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
· Skor 4 apabila
peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.
2.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian kompetensi pengetahuan dengan
mengobservasi jawaban dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan tanya jawab
yang dilakukan oleh guru.
Instrumen
Observasi Pengetahuan
Kelas :
.......................
Semester : .......................
Pengetahuan yang dinilai :
(Materi Pertama) : ………………………………………………………………………………
(Materi Kedua) : ………………………………………………………………………………
(Materi Ketiga) : ....……………………………………………………………………………
dst.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Jawaban Peserta Didik
|
|||
Menjawab Saja
|
Mendefinisikan
|
Mendefinisikan
dan Sedikit Uraian
|
Mendefinisikan
dan Penjelasan
Logis
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Observasi pengetahuan peserta didik
dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang
dalam diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal
100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
· Skor 1 jika
jawaban hanya berupaya menjawab saja.
· Skor 2 jika
jawaban berupa mendefinisikan.
· Skor 3 jika
jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
· Skor 4 jika
jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai = Skor
Perolehan × 25
3.
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru
dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya,
kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok,
kemampuan dalam memberikan masukan/ saran, serta mengapresiasi pada saat
menyampaikan hasil telaah tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di
bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan
dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.
No
|
Nama Peserta Dididk
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab/ Berargumentasi
|
Memberi Masukan/ Saran
|
Mengapresiasi
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
(√)
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3
= baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai
= Skor Perolehan × 50
2
Pedoman
Penskoran (Rubrik)
No.
|
Aspek
|
Penskoran
|
1
|
Kemampuan
Bertanya
|
Skor 4
apabila selalu bertanya.
Skor 3
apabila sering bertanya.
Skor 2
apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan
Menjawab/ Argumentasi
|
Skor 4
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3
apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2
apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1
apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
|
3
|
Kemampuan
Memberi Masukan
|
Skor 4
apabila selalu memberi masukan.
Skor 3
apabila sering memberi masukan.
Skor 2
apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
|
4
|
Mengapresiasi
|
Skor 4
apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3
apabila sering memberikan pujian.
Skor 2
apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.
|
4.
Pengayaan
Kegiatan
pembelajaran pengayaan diberikan kepada siswa yang telah menguasai materi.
Bentuk pengayaan dapat dilakukan dengan antara lain sebagai berikut.
a.
Guru
memberikan tugas untuk mempelajari lebih lanjut tentang materi pokok dari
berbagai sumber dan mencatat hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam
bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan kelas.
b.
Peserta
didik membantu peserta didik lain yang belum tuntas dengan pembelajaran tutor
sebaya.
5.
Remedial
Remedial
dilaksanakan untuk siswa yang belum menguasai materi dan belum mampu memahami
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. Kegiatan remedial
dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah
tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila peserta didik yang sudah tuntas lebih
dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan dengan :
a.
Mengulang
materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas,
b.
Memberikan
penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas,
c.
Memberikan
kesempatan untuk tes perbaikan.
Perlu
diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali adalah materi pokok
atau keterampilan yang berdasarkan analisis belum dikuasai oleh peserta didik.
Kegiatan remedial bagi kompetensi sikap dilakukan dalam bentuk pembinaan secara
holistis, yang melibatkan guru bimbingan konseling dan orang tua.
6.
Interaksi Guru
dan Orang Tua
Interakasi guru
dengan orang tua dapat dilakukan melalui beberapa langkah antara lain sebagai
berikut.
a.
Guru
meminta kerjasama dengan orang tua untuk mendampingi peserta didik
mempersiapkan sosiodrama
b.
Guru
meminta peserta didik memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/
dikomentari guru kepada orang tuanya.
Kemudian orang
tua mengomentari hasil peker jaan siswa. Orang tua dapat menuliskan apresiasi
kepada anak sebagai bukti perhatian mereka agar anak senantiasa meningkatkan
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil penilaian yang telah diparaf guru
dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Mustajib,
S.Pd, M.Pd.
NIP. 19681231
199203 1 136
|
|
Catatan
Kepala Sekolah :
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar