( RPP )
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMPN 12
Mataram
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
VIII / Ganjil
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
5 x Pertemuan ( 15 JP, @ 3 x 40’ = 120
Menit)
|
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukan keterampilan menalar, mengolah
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaborasi dan
komunikatif dalam ranah konkret dan
ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan pencapaian kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1.Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus
nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
1.1.1 mensyukuri konsensus
nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sebagai
wujud keimanan dan ketaqwaan
1.1.2 Menghargai
arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Indonesia
|
2.1 Mengembangkan sikap
yang mencrminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
|
2.1.1 Mengamalkan
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
2.1.2 Mewujudkan
berbagai perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari hari
|
3.1
Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
3.1.1
Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara
3.1.2
Mendiskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sabagai pandangan hidup bangsa
3.1.3
Mendiskripsikan nilai-nilai Pancasila
3.1.4
Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar negara
3.1.5
Menjelaskan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
3.1.6 Mendeskripsikan
nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
|
4.1 Menyajikan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah nilia-nilai Pancasila sebagai dasar
negara
4.1.2 Menyusun laporan hasil telaah
pandangan hidup bangsa
4.1.3 Menyajikan hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.4 Menyusun gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.1.5 Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
v Nilai
Karakter : Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Kerjasama.
C . TUJUAN PEMbelAJARAN
Pada akhir
proses pembelajaran peserta didik di harapkan memiliki :
Sikap
Spiritual :
1.
Menunjukan rasa
syukur atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
2. Menghargai
arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Sikap Sosial :
1.
Menunjukkan
perilaku disiplin di sekolah sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila
2.
Menunjukan
perilaku toleransi terhadap teman sebagai wujud pengamalan nilai-nilai
Pancasila
Pengetahuan dan ketrampilan
Pertemuan I:
1. Melalui studi literasi peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian dasar negara
2. Melalui diskusi kelompok
peserta didik dapat
mendiskripsikan
kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
3. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan akibat suatu negara yang tidak
memiliki dasar negara
4. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun laporan hasil telaah nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara
Pertemuan II :
1. Melalui studi literasi
peserta didik dapat
menjelaskan
pengertian pandangan hidup bangsa
2. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa
3. Melalui diskusi kelompok peserta
didik dapat menjelaskan
akibat suatu negara yang tidak memiliki pandangan hidup
4. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun laporan hasil telaah Pancasila sebagai
Pandangan hidup bangsa
Pertemuan III :
1. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan Pancasila sebagai satu kesatuan
2. Melalui presentasi secara kelompok peserta didik dapat menyajikan hasil telaah
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Pertemuan IV :
1. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan arti penting Pancasila sebagai dasar
negara
2. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan persamaan dan perbedaaan kata adil
dalam sila kedua dan kelima
3. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyusun gagasan upaya mengamalkan nilai nilai
Pancasila sebagai sabagai dasar negara
Pertemuan V :
1. Melalui kerja kelompok peserta didik dapat menyusun gagasan upaya mengamalkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari hari
2. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyajikan laporan gagasan upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari
D. Materi Pembelajaran
PERTEMUAN
I




PERTEMUAN II




PERTEMUAN III


pertemuan iv



PERTEMUAN V


E. MeTODA : ceramah,
diskusi, kerja kelompok, presentasi, unjuk kerja
F. Media dan sumber belajar
1) Media
-
Power Point
-
Gambar
-
Lembar aktivitas
siswa
2) Sumber
Belajar:
-
Buku
Guru dan Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas VIII,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2017
-
Internet/Media
Massa
-
Buku
lain yang relevan
G. Langkah langkah PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
3.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.
Guru menyampaikan kompetensi
dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
5.
Guru membimbing
peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.
Guru menjelaskan
materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
|
15 Menit
|
Inti
|
1.
Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan
gambar/video tentang Pancasila sebagai dasar negara
2.
Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
pancasila sebagai dasar negara
3.
Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
ingin tahu secara mendalam
4.
Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan
pertanyaan yang sudah di himpun
5.
Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
sumber referensi
6.
Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
yangnmemerlukan penjelasan/penguatan
7.
Pesertadidik denganbimbingan guru mendiskusikan
hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
8.
Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai dasar negara
9.
Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun laporan
|
90 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
klasikal
2.
Guru melakukan
refleksi dengan peserta
didik atas manfaat
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan
kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan berikut ;
- Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
- Apa sikap yang
kalian peroleh dari
proses pembelajaran yang
telah dilakukan?
- Apa manfaat yang
diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
- Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Guru memberikan umpan balik
atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.
Guru memberikan tugas peserta didik untuk
mengerjakan Aktivitas 1.1. Tugas dilaksanakan secara
perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan.
5.
Guru menjelaskan
rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
|
15 Menit
|
PERTEMUAN II
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar.
2.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional.
3.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai pandangan hidup.
4.
Guru menyampaikan kompetensi
dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
5.
Guru membimbing
peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan peserta didik.
|
15 Menit
|
Inti
|
1.
Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan
gambar/video tentang Pancasila sebagai pandangan hidup
2.
Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
pancasila sebagai pandangan hidup
3.
Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
ingin tahu secara mendalam
4.
Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan
pertanyaan yang sudah di himpun
5.
Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
sumber referensi
6.
Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
yang nmemerlukan penjelasan/penguatan
7.
Pesertadidik dengan bimbingan guru mendiskusikan
hubungan atas berbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
8.
Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai pandangan hidup
9.
Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun dan
menyajikan laporan
|
90 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
klasikal
2.
Guru melakukan
refleksi dengan peserta
didik atas manfaat
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan
kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
berikut ;
- Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bagi kalian ?
- Apa sikap yang
kalian peroleh dari
proses pembelajaran yang
telah dilakukan?
- Apa manfaat yang
diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
- Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Guru memberikan umpan balik
atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.
Guru memberikan tugas peserta didik untuk mengerjakan
Aktivitas 1.2.
Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian
kompetensi pengetahuan.
5.
Guru menjelaskan
rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
|
15 Menit
|
PERTEMUAN III
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional
3.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.
Guru menyampaikan kompetensi
dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
5.
Guru membimbing
peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.
Guru menjelaskan
materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
|
15 Menit
|
Inti
|
1.
Peserta didik secara berkelompok mempersiapkan
presentasi kelompok
2.
Guru memjelaskan tehnik presentasi kelompok,tatacara
presentasi dan mengajukan pertanyaan serta pedoman penilaian dan pensekoran
3.
Peserta didik secara berkelompok mempesentasikan
hasil telaah tentang pancasila sebagai dasr Negara dan pandangan hidup bangsa
4.
Peserta didik secara berkelompok menanggapi
presentasi kelompok secara bergantian
5.
Guru menfasilitasi dan mengamati presentasi kelompok
serta mengadakan penilaian proses untuk mengukur ketrampilan siswa dalam
presentasi
6.
Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
yang nmemerlukan penjelasan/penguatan
|
90 Menit
|
Penutup
|
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.Guru
melakukan refleksi dengan
peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran
yang telah dilakukan dan menentukan tindakan
yang akan dilakukan berkaitan dengan kedudukan dan fungsi Pancasila,
dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ;
- Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
- Apa sikap yang
kalian peroleh dari
proses pembelajaran yang
telah dilakukan?
- Apa manfaat yang
diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
- Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.Guru memberikan
umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.Guru memberikan
tugas peserta didik untuk mengerjakan tugas dilaksanakan
secara perorangan dan untuk penilaian kompetensi pengetahuan.
5.Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya
akan mempelajari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
|
15 Menit
|
PERTEMUAN IV
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Guru memberi
motivasi dengan permainan atau tayangan video.
3.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.
Guru menyampaikan kompetensi
dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
5.
Guru membimbing
peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.
Guru menjelaskan
materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
|
15 Menit
|
Inti
|
1.
Peserta didik secara berkelompok berdiskusi tentang
aqrti penting pancasila sebagai dasr negara
2.
Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
pancasila sebagai dasar Negara
3.
Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
ingin tahu secara mendalam
4.
Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan
pertanyaan yang sudah di himpun
5.
Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
sumber referensi
6.
Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
yangnmemerlukan penjelasan/penguatan
7.
Pesertadidik denganbimbingan guru mendiskusikan
hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
8.
Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
pont point penting yang berkaitan dengan upaya mengamaaaalkan nilai nilai
Pancasila
9.
Guru membimbing peserta didik dalam menyusun dan
menyajikan laporan
|
90 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
klasikal
2.
Guru melakukan
refleksi dengan peserta
didik atas manfaat
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan
kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan berikut ;
- Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
- Apa sikap yang
kalian peroleh dari
proses pembelajaran yang
telah dilakukan?
- Apa manfaat yang
diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
- Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Guru memberikan umpan balik
atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.
Guru memberikan tugas peserta didik untuk
mengerjakan Aktivitas 1.4. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian
kompetensi pengetahuan.
5.
Guru menjelaskan
rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
|
15 Menit
|
PERTEMUAN V
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas,
kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Guru memberi
motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
3.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai materi proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
4.
Guru menyampaikan kompetensi
dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
5.
Guru membimbing
peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6.
Guru menjelaskan
materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
|
15 Menit
|
Inti
|
1.
kelompok Peserta didik dengan bimbingan guru
membentuk menjadi 6 kelompok
2.
Peserta didik secara berkelompok mengamati tayangan
gambar/video tentang Pancasila sebagai dasar Negara
3.
Guru membimbing peserta didik secara berkelompok
untuk menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan khususnya tentang
pancasila sebagai dasar Negara
4.
Peserta didik secara berkelompok mencatat pertanyaan
yang ingin di ketahui,guru mendorong peserta didik untuk terus menggali ras
ingin tahu secara mendalam
5.
Peserta didik secara berkelompok mencari informasi
dan mendiskusikan jawaban atas pertanyyaan
pertanyaan yang sudah di himpun
6.
Guru menfasilitasi peserta didik dengan menunjjukan
sumber-sumber belajar (buku paket,buku penunjang,internet) untuk di jadikan
sumber referensi
7.
Guru memberikan konfirmasi kepada setiap kelompok
yangnmemerlukan penjelasan/penguatan
8.
Pesertadidik denganbimbinganguru mendiskusikan
hubungan atasberbagai informasi yang sudah di peroleh sebelumnya
9.
Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
pont point penting yang berkaitan dengan Pancasila sebagai dasar Negara
10.
Guru membimbing pesertadidik dalam menyusun dan
menyajikan laporan
|
90 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
klasikal
2.
Guru melakukan
refleksi dengan peserta
didik atas manfaat
proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan
kedudukan dan fungsi Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
berikut ;
- Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari kedudukan,
fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi kalian ?
- Apa sikap yang
kalian peroleh dari
proses pembelajaran yang
telah dilakukan?
- Apa manfaat yang
diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
- Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan ?
-
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Guru memberikan umpan balik
atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu
4.
Guru memberikan tugas peserta didik untuk
mengerjakan Aktivitas 1.5. Tugas dilaksanakan secara perorangan dan untuk penilaian
kompetensi pengetahuan.
5.
Guru menjelaskan
rencana kegiatan pertemuan berikutnya akan mempelajari Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa.
|
15 Menit
|
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap spiritual dan sosial
NO
|
Hari
/ TGL
|
NAMA
SISWA
|
Catatan
perilaku
|
BUTIR
SIKAP
|
TINDAK
LANJUT
|
2.
pENILAIAN pENGETAHUAN
1. Jenis/teknik penilaian : Penugasan
2. Bentuk instrumen dan instrumen : Uraian
singkat
Soal:
1. Jelaskan pengertian dasar negara
!
2. Jelaskan kedudukan dan fungsi
Pancasila sebagai dasar negara !
3. Jelaskan arti penting Pancasila
sebagai dasar negara !
4.
Jelaskan manfaat dasar negara bagi suatu negara !
5.
Jelaskan akibat suatu negara tidak memiliki dasar
negara !
6.
Jelaskan pengertian pandangan hidup bangsa!
7.
Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai
pandangan hidup!
8.
Jelaskan arti penting pancasila sebagai pandangan hidup!
9.
Jelaskan manfaat pandangan hidup suatu bangsa !
10. Jelaskan
akibat suatu negara yang tidak memiliki pandanganhidup!
|
1.
Pedoman penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Jml Skor
|
|||||
1
|
Artinya Pancasila merupakan sumber hukum dasar
nasional, merupakan dasar untuk penyelenggaraan negara dalam menata serta
mengarahkan jalannya pemerintahan untuk kepentingan dan kesejahteraan
masyarakat. Pengertian Pancasila sebagai dasar Negara dinyataatkan secara
jelas dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 alinea 4 yang berbunyi “ ….. maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu
dalam suatu undang-undang dasar negara
|
2
|
|||||
2
|
Pancasila
sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila dipergunakan sebagai
dasar (fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk
mengatur penyelengaraan negara.
Dengan
demikian Pancasila merupakan kaidah negara yang fundamental, yang berarti hukum
dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan
perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus
bersumber dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.
|
2
|
|||||
3
|
a.
Memberi
pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai tujuannnya melalui berbagai
realisasi pembangunan.
b.
Menjadi
alat pemersatu, artinya dasar negara dapat mempersatukan orang dari berbagai
agama, suku bangsa, ras dan golongan.
|
2
|
|||||
4
|
Manfaat
Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar,
landasan pijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
2
|
|||||
5
|
Negara itu
akan kacau, runtuh, tidak akan kuat, karena tidak punya landasan atau dasar.
Ibaratnya negara itu suatu bangunan, negara kita dibangun diatas
|
2
|
|||||
6
|
Pandangan hidup bearti pedoman
hidup, pegangan hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life).
Pandangan hidup adalah kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa
|
2
|
|||||
7
|
Pancasila
dalam pengertian ini sering disebut juga sebagai pegangan hidup, pedoman
hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Sebagai pandangan hidup
bangsa, Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan
sehari-ahari. Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan
petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala
bidang.
|
2
|
|||||
8
|
Diharapkan
Pancasila dijadikan sebagai pedoman bagi bagi bangsa
|
2
|
|||||
9
|
- Dapat menyelesaikan berbagai
persoalan bangsa
- Dapat memperkokoh persatuan dan
kesatuan bangsa
- Dijadikan sebagai pedoman sebagai
pedoman hidup
|
2
|
|||||
10
|
- Dapat terombang-ambing oleh arus
budaya asing, budaya global, politik global, ideologi global karena tidak
punya pegangan, pedoman hidup, yaitu Pancasila
-
Tidak mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan
bangsa
-
Persatuan dan kesatuan bangsa akan rapuh,runtuh
|
2
|
|||||
Jumlah
|
20
|
||||||
Skor yang diperoleh peserta didik
untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:
|
|||||||
2. Bentuk instrumen dan instrumen : Uraian
singkat
Soal:
1. Jelaskan
pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan !
2.
Jelaskan
hubungan antar sila sila Pancasila !
3. Jelaskan
nilai-nilai setiap sila dalam Pancasila !
4. Jelaskan
persamaan dan perbedaan kata ‘adil dalam sila kedua dan kelima !
5. Sebutkan
contoh perwujudan Pancasila sila ketiga !!
|
3. Pedoman penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Jmlh
Skor
|
|||||
1
|
Artinya
sila-sila yang terkandung dalam
Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh, tidak dapat
dipisah-pisahkan. Sila pertama Pancasila mendasari dan menjiwai sila kedua,
ketiga, keempat dan kelima Pancasila. Sila kedua Pancasila dijiwai oleh sila
pertama dan bersama-sama menjiwai sila lainnya dalam Pancasila. Dan
seterusnya
|
2
|
|||||
2
|
Sila-sila
dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat, sehingga tidak dapat
dipisah-pisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas.
Tiap-tiap sila mengandung unsur-unsur dan dikualifikasi empat sila lainnya.
Misalnya sila Persatuan
|
2
|
|||||
3
|
Nilai yang
terkandung dalam setiap sila Pancasila
1)
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, diantaranya:
a)
percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai
dengan agama dan kepercayaannya
b)
Hormat
menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama
2) Kemanusiaan yang adil dan beradab
a)
Mengakui
persamaan harkat (nilai manusia), derajat (kedudukan manusia), dan martabat
manusia (harga diri) sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa
b)
Saling
mencintai sesama manusia
3) Persatuan
a) menempatkan persatuan, kesatuan,
kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan
golongan.
b) Rela berkorban untuk kepentingan
bangsa dan negara
4) Kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
a)
Tidak
memaksakan suatu kehendak atau pendapat kepada orang lain.
b)
Mengutamakan
musyawarah atau kesepakatan bersama dalam mengambil keputusan
5) Kedilan sosial bagi seluruh
rakyat
a) Kekeluragaan dan kegotongroyongan
b) Bersikap adil
|
2
|
|||||
4
|
A. Persamaanya : kata adil
mengandung arti tidak berat sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan
sesuatu pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
B. Perbedaannya : kata adil pada
sila kedua Pancasila lebih menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak
asasi manusia. Sedangkan kata adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik
beratkan pada kehidupan masyarakatnya/sosialnya
|
2
|
|||||
5
|
Contoh
perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan
a) Menempatkan persatuan, kesatuan,
kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan
golongan.
b) Rela berkorban untuk kepentingan
bangsa dan negara
c) Cinta tanah air dan bangsa
d)
Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air
Indonesia
e)
Dalam masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus
dapat mengembangkan pergaulan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
|
2
|
|||||
Jumlah
|
10
|
||||||
Skor yang diperoleh peserta didik
untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:
|
Tugas
individu
1. Jenis/teknik penilaian : penugasan
2. Bentuk instrumen dan instrumen : Uraian
singkat
Soal:
1.
Sebutkan
3 contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan keluarga !
2.
Berikan
3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah !
3. Tuliskan
3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan pergaulan !
4. Sebutkan
3 contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat !
5. Berikan
3 buah contoh perwujudan nilai Pancasila dalam lingkungan bangsa dan negara !
|
3. Pedoman penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Jmlh
Skor
|
|||||
1
|
-
Taat dan patuh terhadap orang tua
-
Saling
menghormati, menghargai dan mencintai
-
Menjaga
nama baik keluarga
|
2
|
|||||
2
|
-
Mentaati
tata tertib sekolah
-
Menghormati
dan mematuhi perintah guru
-
Menjaga
kebersihan dan keindahan sekolah
|
2
|
|||||
3
|
-
Menghargai
pendapat teman
-
Menghormati
teman yang berbeda agama
-
Membantu
teman yang mendapat kesusahan
|
2
|
|||||
4
|
-
Tidak
mengganggu ibadah orang lain
-
Membantu
tetangga yang mendapat musibah
-
Menengok
tetangga yang sakit/meninggal
|
2
|
|||||
5
|
-
Menghormati
suku bangsa lain yang berbeda
-
Mentaati
berbagai peraturan perundangan yang berlaku
-
Membayar
pajak tepat waktu
|
2
|
|||||
Jumlah
|
10
|
||||||
Skor yang diperoleh peserta didik
untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:
|
PENILAIAN KETRAMPILAN
Tugas kelompok
1.
Susunlah hasil telaah
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia !
2.
Presentasikan hasil
telaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa bersama
kelompokmu secara bergantian !
3.
Susunlah gagasan
tentang upaya mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
dalam kehidupan sehaari hari !
4.
Laporkan kepada
guru tentang gagasan upaya mengamalkan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dalam khidupan sehari hari
di depan teman temanmu secara bergantian !
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Mustajib,
S.Pd.
NIP. 19681231
199203 1 136
|
|
Lampiran Materi Pelajaran
¡ Pengertian Dasar Negara
Artinya Pancasila merupakan sumber
hukum dasar nasional, merupakan dasar untuk penyelenggaraan negara dalam menata
serta mengar
ahkan jalannya pemerintahan untuk
kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Pengertian Pancasila sebagai dasar
Negara dinyataatkan secara jelas dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945
alinea 4 yang berbunyi “ ….. maka
disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia yang
berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada …..”
¡ Kedudukan dan fungsi Pancasila
sebagai Dasar Negara
Pancasila
sebagai dasar negara mengandung arti bahwa Pancasila dipergunakan sebagai dasar
(fundamen) untuk mengatur pemerintah negara atau sebagai dasar untuk mengatur
penyelengaraan negara.
Dengan
demikian Pancasila merupakan kaidah negara yang fundamental, yang berarti hukum
dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan
perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus bersumber
dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.
Pancasila
sebagai dasar negara pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber
hukum. Artinya segala peraturan perundangan secara material harus berdasar dan
bersumber pada Pancasila
§
Akibat Negara yang tidak memiliki
dasar Negara
…………….
PERTEMUAN II
¡ Pengertian Pandangan Hidup Bangsa
Pandangan hidup
bearti pedoman hidup, pegangan hidup, petunjuk hidup dan jalan hidup (way of
life). Pandangan hidup adalah kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki oleh
bangsa Indonesia dan diyakini kebenarannya serta melahirkan tekad untuk
mewujudkannya.
¡ Kedudukan dan fungsi Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa
Pancasila
dalam pengertian ini sering disebut juga sebagai pegangan hidup, pedoman hidup,
petunjuk hidup dan jalan hidup (way of life). Sebagai pandangan hidup bangsa,
Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-ahari.
Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan petunjuk arah semua
kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang.
Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan
sehari-hari mayarakat Indonesia
baik dari segi sikap maupun perilaku haruslah selalu dijiwai oleh nilai-nilai
luhur Pancasila
¡ Arti penting Pancasila sebagai
dasar negara
a.
Memberi pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai
tujuannnya melalui berbagai realisasi pembangunan.
b.
Menjadi alat pemersatu, artinya dasar negara dapat
mempersatukan orang dari berbagai agama, suku bangsa, ras dan golongan.
c.
Menjadi sumber motivasi, artinya dasar negara dapat
memberi motivasi kepada seseorang, kelompok orang atau masyarakat untuk
mewujudkan cita-citanya, gagasan dan ide-idenya dalam kehidupan nyata.
d.
Menjadi sumber semangat dalam mendorong individu dan
kelompok untuk berusaha mewujudkan nilai-nilai yang terkadung di dalam dasar
negara itu sendiri serta untuk menjawab dan menghadapi perkembangan global dan
menjadi sumber insiparsi bagi perjungan selanjutnya
¡ Manfaat Pancasila sebagai dasar
negara
Manfaat Pancasila sebagai dasar
negara artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar, landasan pijakan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.
¡ Akibat apabila suatu negara tidak
memiliki dasar negara
Negara itu akan kacau, runtuh,
tidak akan kuat, karena tidak punya landasan atau dasar. Ibaratnya negara itu
suatu bangunan, negara kita dibangun diatas lima tiang/fondasi, maka negara itu
menjadi kokoh.
¡ Arti penting Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa
Bahwa diharapkan Pancasila mampu
menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Dan
diharapkan pula Pancasila dijadikan sebagai pedoman bagi bagi bangsa Indonesia dalam
bersikap, bertingkah laku dan bertututur
kata dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila diharapkan mampu mempererat,
memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsam walaupun kita beranekaragam suku
bangsa, bermacam-macam bahasa dan berlainan agama, tapi tetap dipandang sebagai
satu kesatuan bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
¡ Manfaat Pancasila sebagai pandangan hidup bagi negara
Indonesia
adalah :
-
Dapat
menyelesaikan berbagai persoalan bangsa
-
Dapat
memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
-
Dijadikan
sebagai pedoman sebagai pedoman hidup
¡ Akibat apabila negara Indonesia tidak
memiliki pandangan hidup bangsa Adalah :
-
Dapat
terombang-ambing oleh arus budaya asing, budaya global, politik global,
ideologi global karena tidak punya pegangan, pedoman hidup, yaitu Pancasila
-
Tidak mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan bangsa
-
Persatuan dan kesatuan bangsa akan rapuh, runtuh
§
Pengertian
Pancasila sebagai satu kesatuan
Artinya sila-sila yang terkandung dalam Pancasila merupakan
satu kesatuan yang bulat dan utuh, tidak dapat dipisah-pisahkan. Sila pertama
Pancasila mendasari dan menjiwai sila kedua, ketiga, keempat dan kelima Pancasila.
Sila kedua Pancasila dijiwai oleh sila pertama dan bersama-sama menjiwai sila
lainnya dalam Pancasila. Dan seterusnya.
Pancasila juga diharapkan mampu
menyatukan keanekaragaman, kemajemukan SARA (suku bangsa, agama, ras, antar
golongan) yang ada di Indonesia
¡ Hubungan
sila-sila dalam Pancasila
Sila-sila dalam Pancasila merupakan
rangkaian kesatuan yang bulat, sehingga tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama
lain atau tidak dapat dibagi-bagi atau diperas. Tiap-tiap sila mengandung
unsur-unsur dan dikualifikasi empat sila lainnya. Misalnya sila Persatuan Indonesia adalah persatuan yang ber-Ketuhannan
Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang
berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
¡ Nilai-nilai setiap sila dalam
Pancasila
1) Sila
Ketuhanan Yang Maha Esa, diantaranya:
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang
Maha Esa, diantaranya:
- percaya
dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
- Hormat
menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama
- Saling
menghormati kebebasan menjalankan ibadah
- Tidak
memaksakan suatu agama kepada orang lain
2)
Kemanusiaan
yang adil dan beradab
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kemanusiaan yang
adil dan beradab, diantaranya:
- Mengakui
persamaan harkat (nilai manusia), derajat (kedudukan manusia), dan martabat
manusia (harga diri) sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa
- Saling
mencintai sesama manusia
- Tidak
semena-mena terhadap orang lain
- Gemar
melakukan kegiatan kemanusiaan
- Berani
membela kebenaran dan keadilan
- Menjungjung
tinggi nilai-nilai kemanusiaaan
- Hormat
mengormati dan bekerjasama dengan bangsa lain
3)
Persatuan
Indonesia
Nilai-nilai
yang terkadung dalam sila Persatuan Indonesia , diantaranya:
- menempatkan
persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas
kepentingan pribadi dan golongan.
- Rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
- Cinta
tanah air dan bangsa
- Bangga
sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
- Dalam
masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus dapat mengembangkan pergaulan
yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
4)
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan / perwakilan
Nilai-nilai yang terkandung dalam Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, antara
lain:
- Tidak
memaksakan suatu kehendak atau pendapat kepada orang lain.
- Mengutamakan
musyawarah atau kesepakatan bersama dalam mengambil keputusan
- Musyawarah
ataupun proses pengambilan keputusan dengan cara lainnya harus diliputi oleh
semangat kekeluargaan
- Musyawarah
ataupun proses pengambilan keputusan dengan cara lainnya harus dilakukan dengan
akal sehat
- Warga
negara harus memiliki itikad baik dan tanggung jawab untuk melaksanakan suatu
hasil musyawarah atau keputusan bersama
- Keputusan
yang diambil dalam musyawarah atau dengan cara lainnya harus dapat
dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa
5)
Kedilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Nilai-nilai
yang terkadung dalam sila Kedilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ,
antara lain:
- Kekeluragaan
dan kegotongroyongan
- Bersikap
adil
- Menghormati
hak orang lain, dan selalu berusaha menjaga keseimbangan antara hak dan
kewajiban
- Suka
memberi pertolongan kepada orang lain
- Menjauhi
sikap pemerasan terhadap orang lain
- Tidak
melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan orang lain
- Mengembangkan
hidup sederhana, tidak bergaya hidup mewah, tidak bersikap boros dan suka
bekerja keras
- Menghargai
hasil karya orang lain
¡ Persamaan
dan perbedaan kata ‘adil’ dalam sila kedua dan kelima Pancasila
-
Persamaanya : kata adil mengandung arti tidak berat
sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan sesuatu pada proporsi yang
sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
-
Perbedaannya : kata adil pada sila kedua Pancasila lebih
menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak asasi manusia. Sedangkan kata
adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik beratkan pada kehidupan
masyarakatnya/sosialnya
¡ Persamaan
dan perbedaan kata ‘adil’ dalam sila kedua dan kelima Pancasila
-
Persamaanya : kata adil mengandung arti tidak berat
sebelah, tidak sewenang-wenang, yaitu menempatkan sesuatu pada proporsi yang
sebenarnya sesuai dengan hukum yang berlaku
-
Perbedaannya : kata adil pada sila kedua Pancasila lebih
menitik beratkan kepada manusianya/orangnya/hak asasi manusia. Sedangkan kata
adil pada sila kelima Pancasila lebih menitik beratkan pada kehidupan
masyarakatnya/sosialnya
¡ Contoh
perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia
-
Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan
keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
-
Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
-
Cinta tanah air dan bangsa
-
Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air
Indonesia
-
Dalam masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika harus
dapat mengembangkan pergaulan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
Membiasakan
perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan
¡ Dalam lingkungan keluarga
-
Taat
dan patuh terhadap orang tua
-
Saling
menghormati, menghargai dan mencintai
-
Menjaga
nama baik keluarga
¡ Dalam lingkungan sekolah
-
Mentaati
tata tertib sekolah
-
Menghormati
dan mematuhi perintah guru
-
Menjaga
kebersihan dan keindahan sekolah
¡ Dalam lingkungan pergaulan
-
Menghargai
pendapat teman
-
Menghormati
teman yang berbeda agama
-
Membantu
teman yang mendapat kesusahan
¡ Dalam lingkungan masyarakat
-
Tidak
mengganggu ibadah orang lain
-
Membantu
tetangga yang mendapat musibah
-
Menengok
tetangga yang sakit/meninggal
¡ Dalam lingkungan bangsa dan negara
-
Menghormati
suku bangsa lain yang berbeda
-
Mentaati
berbagai peraturan perundangan yang berlaku
-
Membayar
pajak tepat waktu
0 komentar:
Posting Komentar