This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 03 November 2016

Resume Laporan Pendampingan Implementasi K13 Kluster 3 SMP Kota Mataram 2016 Mata Pelajaran PPKn



RESUME HASIL PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI K-13 TAHUN 2016
Guru Sasaran         : Hj. Hatemah, S.Pd.            
SMP Asal               : SMPN 3 Mataram                        
Mata Pelajaran       : PPKn                                                           
Guru Pendamping   : Drs. Damri Ahmad                                 
SMP Asal               : SMPN 12 Mataram                       

No.
Aspek Materi Pendampingan
Perkembangan Kemampuan Guru Sasaran
Tingkat Penguasaan Akhir (Kesimpulan)
Keterangan
Pra Pendampingan
Pasca Pendampingan
SB
B
C
K
KS

A.     Pemahaman guru tentang buku








1.
Pemahaman terhadap buku siswa
B
SB
SB





2.
Pemahaman terhadap buku guru
B
SB
SB





B.     Pemahaman guru tentang proses pembelajaran dan penilaian








1.
Pemahaman pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan penerapannya.
C
B

B




2.
Pemahaman penilaian otentik dan penerapannya
B
SB
SB





C.     Kemampuan guru dalam penyusunan RPP








1.
Identitas RPP mata pelajaran
SB
SB
SB





2.
Perumusan indikator pencapaian kompetensi
B
SB
SB





3.
Perumusan tujuan pembelajaran
B
SB
SB





4.
Pemilihan materi pembelajaran
B
B

B




5.
Pemilihan sumber belajar
C
B

B




6.
Pemilihan alat, bahan dan media belajar
C
B

B




7.
Perumusan langkah-langkah pembelajaran
B
B

B




8.
Rancangan penilaian
C
B

B




D.    Kemampuan melaksanakan proses pembelajaran








1.
Pelaksanaan apersepsi dan pemberian motivasi
B
SB
SB





2.
Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan Pembelajaran
B
SB
SB





3.
Penguasaan materi pembelajaran
C
B

B




4.
Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik
C
B

B




5.
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
C
B

B




6.
Pengembangan minat siswa dalam pembelajaran
C
B

B




7.
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
B
SB
SB





8.
Menutup Kegiatan Pembelajaran
C
B

B




E.     Kemampuan Melaksanakan Penilaian








1.
Pelaksanaan penilaian sikap
C
B

B




2.
Pelaksanaan penilaian penguasaan pengetahuan
B
SB
SB





3.
Pelaksanaan penilaian penguasaan keterampilan
C
B

B




4.
Pelaksanaan penilaian oleh siswa
K
C


C




Mengetahui:
SMPN 3 Mataram,




Dra. Hj. Indah Deporawati, M.Pd.
Nip.19620830 198802 2 001
Mataram, 29 Oktober  2016
Guru Pendamping,



Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228




RESUME HASIL PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI K-13 TAHUN 2016
Guru Sasaran         : Irma Suryani, S.Pd.            
SMP Asal               : SMPN 15 Mataram                       
Mata Pelajaran       : PPKn                                                           
Guru Pendamping   : Drs. Damri Ahmad                                 
SMP Asal               : SMPN 12 Mataram                       

No.
Aspek Materi Pendampingan
Perkembangan Kemampuan Guru Sasaran
Tingkat Penguasaan Akhir (Kesimpulan)
Keterangan
Pra Pendampingan
Pasca Pendampingan
SB
B
C
K
KS

A.     Pemahaman guru tentang buku








1.
Pemahaman terhadap buku siswa
B
SB
SB





2.
Pemahaman terhadap buku guru
B
SB
SB





B.     Pemahaman guru tentang proses pembelajaran dan penilaian








1.
Pemahaman pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan penerapannya.
C
B

B




2.
Pemahaman penilaian otentik dan penerapannya
B
SB
SB





C.     Kemampuan guru dalam penyusunan RPP








1.
Identitas RPP mata pelajaran
SB
SB
SB





2.
Perumusan indikator pencapaian kompetensi
B
SB
SB





3.
Perumusan tujuan pembelajaran
B
SB
SB





4.
Pemilihan materi pembelajaran
B
B

B




5.
Pemilihan sumber belajar
C
B

B




6.
Pemilihan alat, bahan dan media belajar
C
B

B




7.
Perumusan langkah-langkah pembelajaran
B
B

B




8.
Rancangan penilaian
C
B

B




D.    Kemampuan melaksanakan proses pembelajaran








1.
Pelaksanaan apersepsi dan pemberian motivasi
B
SB
SB





2.
Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan Pembelajaran
B
SB
SB





3.
Penguasaan materi pembelajaran
C
B

B




4.
Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik
C
B

B




5.
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
C
B

B




6.
Pengembangan minat siswa dalam pembelajaran
C
B

B




7.
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
B
SB
SB





8.
Menutup Kegiatan Pembelajaran
C
B

B




E.     Kemampuan Melaksanakan Penilaian








1.
Pelaksanaan penilaian sikap
C
B

B




2.
Pelaksanaan penilaian penguasaan pengetahuan
B
SB
SB





3.
Pelaksanaan penilaian penguasaan keterampilan
C
B

B




4.
Pelaksanaan penilaian oleh siswa
K
C


C


Masih perlu diintensifkan

Mengetahui:
SMPN 15 Mataram,




Drs, Munahar
Nip.19561231 198603 1 013
Mataram, 27 Oktober  2016
Guru Pendamping,



Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228


RESUME HASIL PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI K-13 TAHUN 2016
Guru Sasaran         : Ni Ketut Ruminungsih, S.Pd.          
SMP Asal               : SMPN 1 Mataram                        
Mata Pelajaran       : PPKn                                                           
Guru Pendamping   : Drs. Damri Ahmad                                 
SMP Asal               : SMPN 12 Mataram                       

No.
Aspek Materi Pendampingan
Perkembangan Kemampuan Guru Sasaran
Tingkat Penguasaan Akhir (Kesimpulan)
Keterangan
Pra Pendampingan
Pasca Pendampingan
SB
B
C
K
KS

A.     Pemahaman guru tentang buku








1.
Pemahaman terhadap buku siswa
B
SB
SB





2.
Pemahaman terhadap buku guru
B
SB
SB





B.     Pemahaman guru tentang proses pembelajaran dan penilaian








1.
Pemahaman pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan penerapannya.
C
B

B




2.
Pemahaman penilaian otentik dan penerapannya
B
SB
SB





C.     Kemampuan guru dalam penyusunan RPP








1.
Identitas RPP mata pelajaran
SB
SB
SB





2.
Perumusan indikator pencapaian kompetensi
B
SB
SB





3.
Perumusan tujuan pembelajaran
B
SB
SB





4.
Pemilihan materi pembelajaran
B
B

B




5.
Pemilihan sumber belajar
C
B

B




6.
Pemilihan alat, bahan dan media belajar
C
B

B




7.
Perumusan langkah-langkah pembelajaran
B
B

B




8.
Rancangan penilaian
C
B

B




D.    Kemampuan melaksanakan proses pembelajaran








1.
Pelaksanaan apersepsi dan pemberian motivasi
B
SB
SB





2.
Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan Pembelajaran
B
SB
SB





3.
Penguasaan materi pembelajaran
C
B

B




4.
Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik
C
B

B




5.
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
C
B

B




6.
Pengembangan minat siswa dalam pembelajaran
C
B

B




7.
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
B
SB

SB




8.
Menutup Kegiatan Pembelajaran
C
B

B




E.     Kemampuan Melaksanakan Penilaian








1.
Pelaksanaan penilaian sikap
C
B

B




2.
Pelaksanaan penilaian penguasaan pengetahuan
B
SB

SB




3.
Pelaksanaan penilaian penguasaan keterampilan
C
B

B




4.
Pelaksanaan penilaian oleh siswa
K
C


C`




Mengetahui:
SMPN 1 Mataram,




Drs. Saptadi Akbar
NIP. 19651027 199512 1 004
Mataram, 25 Oktober  2016
Guru Pendamping,




Drs. Damri Ahmad
NIP. 19651231 199203 1 228